June 20, 2024
skincare organik untuk jerawat

Rasanya tidak lengkap jika tidak ada produk pencerah kulit dalam rutinitas perawatan kulit Anda. Saat ini sudah banyak produk pencerah kulit yang mengandung alpha arbutin sebagai bahan aktifnya.

Alpha arbutin merupakan bahan yang aman digunakan untuk mencerahkan warna kulit dan sangat efektif menghasilkan kulit yang lebih cerah. Klaim iklan memang berlebihan tapi bahan aktifnya banyak, yang satu ini sudah teruji oleh penelitian ilmiah yang valid! Yuk, kenali dan ketahui manfaat alpha arbutin!

Apa itu Alpa Arbutin?

Alpha arbutin adalah senyawa turunan dari hydroquinone yang terjadi secara alami pada tanaman tertentu. Hydroquinone merupakan salah satu bahan aktif yang efektif mencerahkan kulit. Namun, penggunaan hidrokuinon dapat menimbulkan efek samping, sehingga wajib dengan izin dan pengawasan dokter kulit.

Oleh karena itu, alpha arbutin juga digunakan untuk mencerahkan warna kulit dan lebih efektif karena berasal dari bahan alami. Anda dapat menemukan konten ini di berbagai jenis tanaman. Namun, kadar alfa arbutin tertinggi ditemukan pada tanaman bearberry dan murbei. Apalagi kandungan ini juga terdapat pada blueberry, cranberry, oat dan beberapa buah pir.

Jika Anda suka menggunakan perawatan kulit dengan bahan aktif ringan seperti vitamin C, asam kojic atau licorice, Anda pasti cocok untuk menggunakan perawatan kulit dengan alpha arbutin.

Alpha arbutin juga dikenal sebagai 4-hydroxyphenyl alpha-glucopyranoside atau hydroquinone alami. Memiliki molekul yang mirip dengan hidrokuinon, fungsi dan efektivitasnya juga sama tetapi memiliki sifat yang lebih ringan. Tak heran jika alpha arbutin bisa menjadi alternatif yang aman untuk pencerah kulit.

Menggunakan perawatan kulit dengan bahan aktif alpha arbutin tentunya menawarkan banyak manfaat untuk kecantikan kulit Anda. Berikut manfaat alpha arbutin untuk kulit wajah.

Baca Juga :  Manfaat Avail untuk Mengatasi Jerawat!

1. Mengurangi hiperpigmentasi

Kandungan alpha arbutin dapat memudarkan flek hitam dan hiperpigmentasi. Beberapa referensi penelitian ilmiah tentang alpha arbutin menyebutkan bahwa alpha arbutin memiliki efek yang lebih signifikan dan stabil daripada arbutin. Alpha arbutin bekerja dengan menghambat enzim yang dikenal sebagai tirosinase dalam melanosit. Melanosit mengontrol produksi melanin yang bertanggung jawab atas tingkat pigmentasi pada kulit.

2. Mencerahkan kulit wajah

Alpha arbutin dapat memudarkan bintik hitam dan mencerahkan warna kulit secara dramatis setelah 12 minggu. Alpha arbutin memiliki sifat antioksidan untuk membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak lapisan luar kulit sehingga menyebabkan kulit tampak kusam, kering dan menunjukkan tanda-tanda penuaan dini.

3. Memudarkan bekas jerawat

Alpha arbutin adalah bahan yang juga dapat memudarkan bekas jerawat dan meratakan warna kulit. Jika wajah Anda memiliki noda merah kehitaman yang sangat sulit untuk dihilangkan dan membuat kulit Anda terlihat kusam, alpha arbutin sangat cocok untuk Anda karena dapat mengobati hiperpigmentasi dan bekas jerawat. Nah, produk alpha arbutin ini paling cocok untuk kulit kering, kulit kusam dan cenderung normal tanpa jerawat.

4. Membuat kulit lebih terhidrasi

Kandungan alpha arbutin pada produk skincare dapat membantu membuat kulit wajah terlihat dewy, lembut, dan glowing. Kulit wajah kusam disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan, debu, polusi udara, dehidrasi, dan terlalu sering menggunakan produk makeup yang mengandung bahan kimia. Alpha Arbutin dapat membantu menghidrasi kulit kusam, mengontrol minyak, menjaga kadar air kulit, serta membuat kulit lebih terhidrasi dan bercahaya.

5. Aman untuk kulit sensitif

Alpha arbutin juga aman untuk kulit sensitif, bahkan lebih aman dari hydroquinone. Penggunaan hydroquinone dapat menyebabkan iritasi kulit, sehingga kandungan ini tidak dapat digunakan untuk pemilik kulit sensitif. Sedangkan alfa arbutin sebagai turunan hidrokuinon memiliki khasiat yang tinggi dan tidak menimbulkan efek samping iritasi seperti hidrokuinon.

Baca Juga :  Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Kulit Tubuh Secara Alami

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan konten ini 2 kali sehari! Beberapa bahan pencerah lainnya membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari, jadi disarankan untuk menggunakannya di malam hari saja. Namun, alpha arbutin aman untuk penggunaan siang dan malam. Tak heran jika efek yang dihasilkan lebih maksimal.

Bagaimana Alpha Arbutin Bekerja

Tingkat luminositas kulit tergantung pada jumlah melanin dalam sel-sel kulit. Melanin adalah pigmen yang memberi warna gelap pada kulit. Jadi, semakin banyak melanin di kulit, tentu warna kulit akan semakin gelap. Kulit yang mengalami hiperpigmentasi akan menyebabkan kelebihan melanin pada bagian kulit tertentu.

Nah, penumpukan melanin ini menggelapkan kulit. Ditambah dengan pembentukan melanin di kulit, terjadi pada sel melanosit dan dirangsang oleh enzim tirosinase. Enzim tirosinase ini dapat aktif karena beberapa hal seperti paparan sinar UV.

Alpha arbutin pada kulit bekerja dengan cara menghambat kerja enzim tirosinase. Dengan terhambatnya enzim tirosinase maka proses pembentukan melanin akan berkurang.

Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa alpha arbutin secara signifikan dapat menghambat pembentukan melanin dengan menghambat aktivitas enzim tirosinase. Kulit akan lebih cerah karena pembentukan melanin terhambat.

Apakah ada efek samping dari alpha arbutin?

Jika Anda masih khawatir karena alpha arbutin adalah turunan dari hidrokuinon dan memiliki struktur yang mirip dan dapat memiliki efek samping yang sama, itu pasti kesalahan besar. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa alpha arbutin aman dan tidak menimbulkan efek samping.

Alpha Arbutin juga telah terbukti aman untuk kulit sensitif. Jika Anda memiliki kulit yang sangat sensitif, Anda harus selalu berhati-hati saat menggunakan produk perawatan kulit. Coba lakukan tes kulit terlebih dahulu untuk memastikan ada reaksi alergi atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *