Lifestyle People

Review Lifestyle, Bisnis, Brand, Kosmetik dan Skin Care Terbaik

Cara Pakai Masker Wajah dari Sheetmask hingga Clay Mask

Untuk menggunakan masker wajah yang tepat, ada beberapa urutan yang perlu diperhatikan. Salah satu urutan penting dalam skincare adalah penggunaan masker wajah. Namun, agar hasilnya maksimal, penggunaan masker wajah tidak boleh terlalu sering. Sebaiknya hanya digunakan maksimal tiga kali seminggu.

Penggunaan masker wajah bermanfaat untuk membersihkan hingga pori-pori terdalam, menghentikan proses penuaan dini pada kulit seperti munculnya flek hitam dan hiperpigmentasi, serta meningkatkan elastisitas wajah.

Cara Pakai Masker Wajah

Terdapat beberapa jenis masker wajah yang tersedia, seperti sheet mask, clay mask, dan wash off mask. Masing-masing jenis memiliki fungsi yang berbeda-beda. Berikut adalah cara penggunaan masker wajah yang benar, mulai dari sheet mask hingga clay mask:

  • Bersihkan wajah terlebih dahulu dengan sabun wajah atau facial cleanser.
  • Gunakan toner untuk menyeimbangkan pH kulit.
  • Aplikasikan masker wajah yang dipilih, dan diamkan sesuai dengan waktu yang ditentukan pada kemasan produk.
  • Bilas wajah dengan air bersih.
  • Gunakan pelembab untuk melembapkan kulit.

Sebaiknya untuk mengetahui jenis masker yang sesuai dengan jenis kulit, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau esthitician.

Cara Pakai Sheet Mask

Sheet mask adalah jenis masker wajah yang berbentuk seperti kain yang telah dipotong sesuai dengan ukuran wajah. Sheet mask dapat dibuat dari berbagai jenis bahan seperti kapas, bambu, atau bahan lain yang dapat menyerap cairan. Sheet mask biasanya didinginkan sebelum digunakan, dalam hal ini sering disebut juga sebagai k-beauty atau Korean beauty.

Sheet mask terdiri dari dua bagian, yaitu lapisan atas yang berisi essence atau serum yang akan diserap oleh kulit, dan lapisan bawah yang digunakan untuk menempelkan masker pada wajah.

Sheet mask banyak digunakan untuk meningkatkan kelembapan kulit, memperbaiki tekstur kulit, menyamarkan kerutan, serta meningkatkan kesehatan kulit. Beberapa jenis sheet mask juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah kulit seperti jerawat, komedo, dan flek hitam. Sebaiknya untuk mengetahui jenis sheet mask yang sesuai dengan jenis kulit

Cara Pakai Sheet Mask

  • Cara pakai sheet mask adalah sebagai berikut:
  • Bersihkan wajah terlebih dahulu dengan sabun wajah atau facial cleanser.
  • Gunakan toner untuk menyeimbangkan pH kulit.
  • Buka kemasan sheet mask dan letakkan pada wajah.
  • Sesuaikan masker dengan posisi wajah dan diamkan selama 15-20 menit sesuai dengan waktu yang ditentukan pada kemasan produk.
  • Lepaskan masker dari wajah dan jangan dibilas.
  • Usapkan sisa essence/serum dari sheet mask ke wajah, leher, dan dada.
  • Gunakan pelembab untuk melembapkan kulit.

Tips:

Sebelum mengaplikasikan sheetmask, dapat menyimpan dahulu di dalam lemari es untuk mengurangi peradangan pada wajah.

Setelah mengaplikasikan sheetmask, dapat menambahkan cairan pada bagian dalam masker yang kering, untuk menambah efektifitas penyerapan.

Cara Pakai Clay Mask

Clay mask adalah jenis masker wajah yang terbuat dari tanah liat. Tanah liat yang digunakan dalam pembuatan masker clay umumnya berasal dari alam, seperti tanah liat hijau, putih, atau merah.

Masker clay berfungsi untuk mengecilkan pori-pori, membersihkan kulit dari kotoran dan minyak, serta mengangkat sel-sel kulit mati. Beberapa jenis clay mask juga dapat digunakan untuk mengurangi peradangan, meningkatkan elastisitas kulit, dan menyamarkan flek hitam.

Selain itu, masker clay juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah kulit seperti jerawat, komedo, dan eksim. Masker clay juga dapat digunakan oleh berbagai jenis kulit, dari kulit kering sampai kulit berminyak. Namun, sebaiknya gunakan masker clay yang sesuai dengan jenis kulit agar hasil yang didapat maksimal.

Cara pakai masker clay adalah sebagai berikut:

  • Bersihkan wajah terlebih dahulu dengan sabun wajah atau facial cleanser.
  • Gunakan toner untuk menyeimbangkan pH kulit.
  • Tuangkan sedikit masker clay ke dalam wadah.
  • Tambahkan air atau air mineral sampai mendapatkan tekstur yang cukup kental tapi tidak terlalu keras.
  • Aplikasikan masker clay pada wajah dan diamkan selama 10-15 menit sesuai dengan waktu yang ditentukan pada kemasan produk.
  • Bilas wajah dengan air bersih sampai bersih.
  • Gunakan pelembab untuk melembapkan kulit.

Tips:

Sebelum mengaplikasikan masker clay, cobalah terlebih dahulu pada area kulit yang lebih sensitif seperti dahi atau dagu untuk memastikan tidak ada reaksi alergi.

Jangan mengaplikasikan masker clay pada area sekitar mata dan bibir.

Gunakan Masker Clay sesuai dengan jenis kulit.

Itu adalah cara mengaplikasikan masker clay pada wajah secara umum. Namun, untuk mengetahui cara pakai yang sesuai dengan produk masker clay yang kamu miliki, sebaiknya perhatikan instruksi yang dituliskan pada kemasan produk tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *