June 20, 2024
Hal yang Perlu Kamu Lakukan Sebelum dan Sesudah Berenang

Lifestyle – Sebelum dan Sesudah Berenang – Berenang merupakan olahraga yang menyenangkan karena bisa menjadi salah satu cara untuk bersenang-senang sekaligus menyehatkan tubuh. Seringkali kulit akan mengalami masalah setelah berenang. Warna kulit menjadi kering, muncul ruam kemerahan hingga kulit menjadi gelap. Nah, untuk menghindari berbagai masalah kulit tersebut, Anda perlu memberikan perhatian khusus pada perawatan tubuh sebelum dan sesudah berenang. Simak beberapa hal di bawah ini, yuk!

Badan basah sebelum berenang

Sebelum berenang, kita harus membasuh tubuh terlebih dahulu dengan air bersih. Kandungan klorin pada air kolam renang dapat menyebabkan iritasi kulit. Hal ini dikarenakan kulit manusia memiliki kemampuan untuk menyerap berbagai zat termasuk bahan kimia klorin.

Kulit akan menunjukkan ruam merah atau iritasi jika terkena bahan kimia terlalu lama. Mencuci tubuh dengan air bersih sebelum berenang dapat membantu mengurangi jumlah klorin yang diserap oleh kulit, sehingga mengurangi risiko iritasi kulit.

Oleskan tabir surya sebelum berenang

Sebelum berenang, kita harus menggunakan tabir surya terlebih dahulu. Kulit gelap adalah salah satu masalah yang biasanya dihadapi seseorang setelah berenang. Biasanya juga disertai dengan masalah kulit terbakar sinar matahari atau sunburn. Untuk menghindari masalah ini, Anda bisa mengoleskan tabir surya sebelum berenang.

Anda juga tidak boleh sembarangan saat mengoleskan tabir surya. Sebaiknya tunggu sekitar 15 menit setelah mengoleskan tabir surya untuk memaksimalkan perlindungan kulit sebelum melakukan aktivitas apa pun. Selain mencegah kulit terbakar, penggunaan tabir surya sebelum berenang dipercaya dapat melapisi kulit untuk mengurangi penyerapan zat klorin.

Mandi segera setelah berenang

Jangan pernah menunggu lama tubuh menjadi kering setelah berenang, sebaiknya segera bersihkan diri dengan air bersih. Air kolam renang mengandung klorin yang tidak baik untuk kulit, apalagi jika sudah lama terpapar sinar matahari.

Baca Juga :  Manfaat Acne Peeling untuk Mengatasi Masalah Kulit Wajah

Oleh karena itu, sebaiknya mandi segera setelah berenang. Sebaiknya mandi dengan air dingin dan sabun, kemudian bersihkan tubuh dari sisa bahan kimia yang menempel di kulit. Anda juga dapat menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari dan mencegahnya menjadi gelap dengan merendamnya dalam air dingin selama 15 menit sebelum mencuci kulit dengan sabun.

Menjaga kelembapan kulit

Kulit akan lebih mudah kering bahkan pecah-pecah jika dibiarkan terlalu lama di dalam air. Sebaiknya Anda segera mengoleskan body lotion dan pelembab wajah untuk mengembalikan kelembapan kulit setelah berenang. Menggunakan pelembab saat kulit Anda masih lembap akan mengunci minyak alami kulit. Selain menggunakan produk perawatan kulit, Anda juga harus menghidrasi tubuh dengan minum air putih dan menghindari minuman berkafein.

Terkelupas

Eksfoliasi kulit Anda untuk menghilangkan noda dan menghilangkan kulit gelap. Anda bisa menggunakan produk eksfoliasi seperti body scrub dan peeling wajah maksimal 3 kali dalam seminggu. Hal ini untuk mengikis sel-sel kulit mati yang membuat kulit menjadi gelap dan kusam. Nah, dengan melakukan eksfoliasi secara rutin, kulit Anda akan kembali ke warna kulit semula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *