May 30, 2024

Lifetsyle – Makanan penyebab jerawat – Pepatah ” you are what you eat” memang benar adanya. Karena segala sesuatu yang kita konsumsi akan berdampak pada tubuh, baik atau buruk. Bahkan dalam kasus jerawat, masalah kulit ini sebenarnya bisa dipicu oleh jenis makanan yang dimakan lho. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan jerawat.

1. Makanan dan minuman manis

Makanan dan minuman manis yang tinggi gula, seperti kue, soda, bahkan jus buah yang dicampur dengan banyak gula dan susu, sebenarnya bisa menyebabkan jerawat. Memang, makanan dan minuman manis ini memiliki kandungan glukosa yang sangat tinggi, yang dapat memicu insulin dan munculnya jerawat.

2. Keripik kentang

Kentang enak untuk dimakan. Para pelaku diet juga disarankan untuk mengonsumsi karbohidrat sebagai pengganti nasi. Namun jika kentang dibuat menjadi kentang goreng dan dibumbui sedemikian rupa sehingga menjadi sangat gurih, justru menjadi musuh bagi Anda yang ingin terhindar dari jerawat.

Karena keripik kentang memiliki indeks glikemik yang tinggi, sehingga dapat memicu peningkatan insulin dan glukosa dalam tubuh. Hal ini secara tidak langsung dapat memicu timbulnya jerawat. Tidak hanya keripik, kentang goreng dan roti juga memiliki indeks glikemik tinggi yang juga harus dihindari.

3. Makanan berlemak

Makanan tinggi lemak, seperti makanan cepat saji, dapat memicu timbulnya jerawat. Selain itu, makanan cepat saji juga cenderung tinggi garam, yang memicu munculnya jerawat.

4. Susu dan makanan olahan

Susu dan makanan olahan seperti keju baik dikonsumsi karena kandungan kalsiumnya yang kaya. Namun, secara berlebihan, susu dan makanan olahan juga bisa menyebabkan jerawat, lho. Hal ini karena hormon yang dikandungnya dapat memicu berlanjutnya pertumbuhan kelenjar sebaceous, sehingga memicu tumbuhnya jerawat.

Beberapa makanan penyebab jerawat hanyalah gambaran umum. Jerawat terutama terkait dengan hormon, jadi setiap orang mungkin memiliki faktor risiko yang berbeda. Kalau mau lebih jelas bisa chat dengan dokter kulit di aplikasi Halodoc. Melalui fungsi obrolan atau panggilan suara/video, Anda dapat berbicara langsung tentang apa pun yang ingin Anda sukai tentang jerawat.

obati jerawat dengan cara ini

Selain mengetahui berbagai makanan penyebab di atas, ada beberapa cara lain untuk menghindari jerawat, yaitu:

Memiliki pola makan yang sehat. Agar terhindar dari jerawat, dan juga agar tetap sehat secara keseluruhan, tidak ada salahnya untuk mencoba dan mengonsumsi makanan yang sehat. Salah satu makanan yang baik untuk dikonsumsi agar terhindar dari jerawat adalah kacang-kacangan. Ya, meski sering disebut sebagai penyebab jerawat, kenari sebenarnya kaya akan asam lemak omega-3 yang bisa mengurangi peradangan di sekitar kelenjar sebaceous.

Terapkan gaya hidup sehat. Seolah sudah menjadi rahasia umum, menerapkan gaya hidup sehat adalah salah satu cara menghindari jerawat. Pola hidup sehat yang dimaksud antara lain cukup tidur, berolahraga secara teratur, dan menghindari stres. Karena stres dapat memicu glukokortikoid yang dapat merusak struktur dan fungsi kulit.

Jaga kebersihan kulit. Jika ingin terhindar dari jerawat, Anda juga perlu menjaga kebersihan kulit. Caranya mudah, cukup cuci muka dua kali, pagi dan sore hari. Karena kotoran, keringat dan kosmetik yang membuat wajah terlihat bisa menyumbat pori-pori dan memicu timbulnya jerawat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *