June 20, 2024
Manfaat Air Mawar untuk Kecantikan Wajah

Manfaat Air Mawar – Air mawar yang disebut juga rose water berasal dari hasil rebusan kelopak bunga mawar. Air dengan aroma yang menyegarkan dan begitu wangi ini memang sudah lama dipakai sebagai salah satu bahan alami perawatan kulit, parfum, bahkan penguat aroma pada beberapa jenis makanan.

Mulanya, air mawar dipakai oleh masyarakat yang hidup pada abad pertengahan. Masyarakat yang berasal dari kawasan Timur Tengah, terlebih Iran, sering memakai air mawar untuk banyak hal. Contohnya mulai dari kuliner, kecantikan, hingga pengobatan. Adapun jenis bunga mawar yang dipakai adalah Damask atau Rosa damascena.

Air mawar memiliki kandungan minyak mawar sekitar 10 sampai 15 persen. Sementara itu, mawar jenis Damask punya kandungan minyak yang bisa dikatakan sangat rendah. Minyak mawar yang diekstrak dari jenis mawar satu ini menjadi jenis minyak atsiri dengan harga yang sangat fantastis dan paling mahal di dunia.

Mawar tidak hanya menjadi simbol romantisme dan cinta, tetapi juga banyak dimanfaatkan untuk kecantikan dan kesehatan wajah. Berikut adalah beberapa manfaat air mawar untuk kecantikan wajah:

  • Menghilangkan bekas jerawat: Air mawar mengandung anti-inflamasi yang dapat membantu menghilangkan bekas jerawat dan mencegah munculnya jerawat baru.
  • Mencerahkan kulit: Air mawar mengandung vitamin C yang dapat membantu mencerahkan kulit dan menghilangkan noda hitam.
  • Melembabkan kulit: Air mawar dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan menjadikannya lebih lembut dan halus.
  • Mencegah penuaan dini: Air mawar mengandung antioksidan yang dapat membantu mencegah penuaan dini dan menjaga kekencangan kulit.
  • Menenangkan kulit iritasi: Air mawar memiliki sifat menenangkan dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi iritasi pada kulit.
  • Menutrisi kulit: Air mawar mengandung mineral dan nutrisi yang dapat membantu menutrisi kulit dari dalam.
  • Dengan memanfaatkan air mawar, kulit akan terlihat lebih sehat, cerah, dan terawat. Selain itu, air mawar juga aman untuk digunakan pada kulit sensitif.
Baca Juga :  Ingin Pemakaian Sheet Mask Lebih Optimal? Ikuti 4 Langkah Berikut Ini!

Air mawar memang memiliki banyak manfaat, terutama dalam perawatan kulit. Kandungan minyak mawar yang terkandung dalam air mawar membantu menenangkan dan melembabkan kulit, sehingga cocok digunakan untuk semua jenis kulit termasuk kulit kering, sensitif, dan iritasi. air mawar juga bisa membantu menghilangkan bekas jerawat, mencegah penuaan dini, dan mengencangkan kulit.

Selain itu, Air mawar juga bisa digunakan sebagai toner alami yang dapat membersihkan sisa make up dan mengangkat sel-sel kulit mati. Selain itu, air mawar juga bisa digunakan sebagai parfum alami yang lembut dan tidak menyengat. Beberapa orang juga menggunakannya sebagai bahan pembuatan esensial oil.

Air mawar juga memiliki kandungan anti-inflamasi yang bisa membantu mengurangi peradangan dan iritasi. Selain itu, air mawar juga memiliki sifat antiseptik yang bisa membantu menghilangkan bakteri dan mencegah infeksi.

Oleh Karena itu Air mawar juga bisa digunakan dalam kuliner, terutama dalam pembuatan minuman dan makanan seperti cake, jelly, dan lainnya. Air mawar juga bisa ditambahkan ke dalam teh atau minuman lain sebagai pemanis alami yang tidak mengandung gula.

Air mawar bisa diperoleh dengan cara memanaskan kelopak bunga mawar dalam air, kemudian air tersebut ditampung dan disaring. Anda juga bisa membeli air mawar yang sudah jadi di toko kecantikan atau toko herbal. Pastikan untuk membaca label produk terlebih dahulu untuk memastikan bahwa air mawar yang Anda beli tidak mengandung bahan-bahan kimia yang tidak diinginkan.

Bagaimana cara menggunakan air mawar sebagai toner wajah?

Untuk menggunakan air mawar sebagai toner wajah, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Bersihkan wajah terlebih dahulu dengan menggunakan cleanser yang sesuai dengan jenis kulit Anda.
  • Kemudian, ambil sedikit air mawar di telapak tangan atau di wadah kecil, lalu usapkan pada wajah dan leher secara merata.
  • Diamkan selama beberapa saat sampai air mawar menyerap sempurna ke dalam kulit.
  • Kemudian, bilas wajah dengan air bersih dan keringkan dengan menggunakan handuk yang lembut.
  • Setelah itu, Anda bisa melanjutkan dengan menggunakan skincare lainnya, seperti serum atau moisturizer.
  • Untuk hasil yang lebih optimal, gunakan air mawar sebagai toner setelah membersihkan wajah pada pagi dan malam hari. Jika Anda merasa kulit terlalu kering setelah menggunakan air mawar, Anda bisa menambahkan sedikit moisturizer ke dalam rutinitas skincare Anda.
Baca Juga :  Rekomendasi Eyeshadow Lokal yang Tahan Lama dan Mudah Dicari

Jangan lupa untuk membaca label produk terlebih dahulu untuk memastikan bahwa air mawar yang Anda gunakan tidak mengandung bahan-bahan kimia yang tidak diinginkan. Selain itu, jika Anda memiliki masalah kulit yang spesifik, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahli kecantikan sebelum menggunakan air mawar sebagai toner wajah.