June 20, 2024
lifestyle-people.com - cara menghilangkan flek hitam

Penyebab Flek Hitam – Banyak wanita yang merasa kurang percaya diri saat memiliki flek hitam di wajah. biasanya banyak wanita yang mencoba berbagai cara untuk menghilangkan komedo ini sebagai cara untuk menjaga penampilan wanita tetap menarik.

Flek hitam dapat disamarkan dengan penggunaan kosmetik pada wajah. Tapi, ya, penggunaan kosmetik ini hanya akan dilakukan, tidak dihilangkan secara permanen. Dengan demikian, ketika kosmetik dihilangkan dari wajah, komedo akan terlihat kembali.

Penyebab Flek Hitam di Wajah

Bintik-bintik gelap di wajah biasanya tidak berhubungan dengan jenis kulit kering atau hal normal lainnya. Komedo ini disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah karena sinar matahari. Bintik-bintik hitam akibat matahari yang sering kita lihat adalah bintik-bintik, yang terjadi karena bintik matahari dari matahari. Sedangkan Malasma muncul berupa flek hitam akibat kombinasi pengaruh sinar matahari dengan hormon. Bintik hitam di wajah lebih sering ditemukan pada jenis kulit wajah berwarna terang.

Berikut adalah hal-hal yang menyebabkan flek hitam di wajah, yaitu:

Sinar ultraviolet

Saat Anda beraktivitas di luar rumah, besar kemungkinan kulit wajah Anda akan terkena sinar matahari. Apalagi jika Anda tidak menggunakan tabir surya saat keluar rumah, hal itu akan membuat kulit wajah Anda terpapar sinar UVA dan UVB yang berbahaya bagi kulit dan dapat menyebabkan munculnya flek hitam pada kulit Anda.

Produk kecantikan

Kosmetik yang biasanya menyebabkan flek hitam pada wajah adalah kosmetik yang mengandung parfum, pewarna, atau bahan lain yang dapat menyebabkan fotosensitifitas. Fotosensitifitas adalah kosmetik yang mengandung bahan yang bila digunakan dapat menjadi sensitif terhadap sinar matahari. Misalnya, jika kita menggunakan bedak yang mengandung fotosensitifitas, paparan sinar matahari yang terlalu lama akan menyebabkan munculnya bintik hitam di area wajah. Jadi hindari bahan kosmetik yang berbahaya.

Baca Juga :  Tips Merawat Wajah agar Terhindar Dari Minyak, Jerawat dan Kusam

Baca juga : Apa Saja Jenis Kulit yang Susah Putih dan Apa Penyebabnya?

Polusi

Masalah yang sering muncul ketika tinggal di kota besar adalah tingginya tingkat polusi udara. Polusi udara menjadi salah satu penyumbang munculnya flek hitam di wajah. Sel-sel tubuh kita memproduksi antioksidan dan melepaskan melanin berlebih untuk melawan kerusakan kulit akibat polusi. Dengan tingkat polusi yang tinggi menyebabkan iritasi kulit karena sel-sel kita bekerja lebih keras untuk memperbaiki kerusakan.

Bekas Garukan

Jika kulit gatal, kita akan menggaruknya secara refleks. Namun justru akan mengiritasi kulit dan merusak kulit. Akibatnya, kulit akan memproduksi melanin sebagai mekanisme pertahanan. Sedemikian rupa sehingga aktivitas menggaruk ini justru akan memicu munculnya komedo di wajah. Bekas garukan dari gigitan nyamuk biasanya memudar dalam waktu 3 bulan. Namun jika terkena sinar matahari tanpa perlindungan, akan memakan waktu hingga 2 tahun.

Bekas jerawat

Bekas jerawat di wajah juga akan menyebabkan flek hitam di wajah. Karena jerawat yang muncul akibat pengaruh hormon ini saat mengering menggelapkan kulit wajah.

Baca Juga : Apa Saja yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Treatment Dermapen?

Narkoba

Obat-obatan yang mengandung chlorpromazine, cytostatics, diphenylhydantoin dan minocycline dapat memicu munculnya flek hitam pada wajah. Selain itu, pil KB dan suntikan juga menyebabkan flek hitam di wajah. Karena pil KB dan alat kontrasepsi suntik akan memicu hormon yang dihasilkan menyebabkan hiperpigmentasi sehingga muncul flek hitam di wajah. Banyak yang mencari cara menghilangkan komedo akibat alat kontrasepsi suntik.

Hormon

Hormon progesteron, estrogen dan MSH (Melanin Stimulating Hormone) menyebabkan flek hitam pada wajah. Pigmentasi akibat hormon terjadi pada ibu hamil pada awal trimester ketiga kehamilan.

Baca Juga :  Serum Dulu Atau Krim Siang? Begini Urutannya

Genetik

Bintik hitam yang muncul karena pigmentasi ini juga bisa dipengaruhi oleh faktor genetik atau keturunan. Memang, sel-sel yang DNA-nya diwariskan sama dengan orang tuanya. Jadi jika orang tua memiliki flek hitam di wajah, kemungkinan anaknya juga memiliki flek hitam di wajahnya.

Untuk menghilangkan flek hitam di wajah bisa menggunakan bahan alami seperti cuka sari apel, minyak zaitun, lidah buaya, tomat, dll. Namun kali ini kita akan membahas bahan alami lain yang juga ampuh menghilangkan flek hitam di wajah yaitu telur kulit putih. Putih telur mengandung zat kaya protein yang dapat merangsang regenerasi kulit. Jadi, dengan fitur ini, putih telur bisa mengangkat sel kulit mati di wajah. Selain untuk kecantikan wajah, telur juga memiliki manfaat untuk rambut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *