June 22, 2024
skincare lokal untuk jerawat

Lifestyle – Perbedaan Exfoliating Toner dan Hydrating Toner – Jika Anda terbiasa dengan rutinitas perawatan kulit, toner pasti sudah tidak asing lagi bagi Anda. Toner adalah cairan berbahan dasar air yang mengandung berbagai bahan aktif seperti ekstrak herbal atau minyak atsiri. Karena berbentuk cair, umumnya dianggap sebagai pelembab. Namun, toner tidak melakukan hal itu! Ada dua jenis toner yang populer seperti toner pengelupasan dan toner pelembab. Mari kita lihat Perbedaan Exfoliating Toner dan Hydrating Toner di bawah ini.

Kandungan toner

Perbedaan antara toner pengelupasan dan pelembab adalah kandungan produknya. Exfoliating toner disebut juga acid toner karena mengandung AHA, BHA, dan PHA. Lulur terbuat dari kombinasi AHA dan BHA dan senyawa turunannya. Senyawa turunan yang dimaksud adalah asam salisilat, asam glikolat dan asam laktat. Setiap jenis asam memiliki kegunaannya masing-masing.

Sedangkan toner pelembab biasanya mengandung asam hialuronat, alga, lidah buaya atau gliserin. Bahan aktif yang paling umum ditemukan dalam toner pelembab adalah gel lidah buaya, vitamin E, dan asam hialuronat. Beberapa jenis toner pelembab mungkin mengandung asam amino, nutrisi dari buah-buahan, ekstrak dari tanaman seperti bunga.

manfaat toner

Kandungan toner yang berbeda pasti memiliki fungsi yang berbeda. Exfoliating toner mengangkat sel kulit mati, membersihkan pori-pori tersumbat dan mengembalikan pH normal kulit.

Sedangkan hydrating toner berfungsi untuk menghidrasi kulit, mengembalikan kelembapan kulit dan mempersiapkannya untuk tahap perawatan selanjutnya. Nah, kedua jenis toner ini saling melengkapi, sehingga Anda bisa menggunakan keduanya secara bersamaan.

Cara Penggunaan

Cara menggunakan kedua jenis toner ini cukup mudah. Anda dapat menjatuhkan beberapa tetes toner di tangan Anda atau kapan saja dan kemudian menyekanya di wajah Anda. Anda dapat menggosok dengan lembut dari bagian tengah wajah ke arah luar, hindari area mata dan mulut.

Baca Juga :  5 Zodiak yang Dinilai Memiliki Wajah Paling Cantik

Perbedaan kedua produk ini terletak pada cara pengaplikasiannya pada wajah. Biasanya exfoliating toner dioleskan ke wajah dengan cara membasahi kapas lalu dioleskan ke wajah dengan lembut. Sedangkan toner pelembab dioleskan langsung ke wajah lalu ditepuk-tepuk dengan tangan sampai benar-benar meresap. Namun, Anda juga bisa menggunakan tangan untuk menggunakan keduanya.

Bahkan, ada juga produk toner dalam produk kemasan aerosol. Cukup semprotkan produk ke wajah sebanyak 3-4 kali lalu tepuk-tepuk wajah agar bahan-bahannya terserap sempurna. Toner yang menghidrasi biasanya berbentuk semprotan.

Jika ingin wajah benar-benar bersih, Anda bisa mencoba metode dual toning dengan dua jenis toner yang berbeda. Metode dual toning ini dilakukan dengan menggabungkan keduanya, yaitu pertama mengoleskan exfoliating toner dengan cotton bud kemudian menyemprotkan pada moisturizer toner.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *