Cara Membersihkan Wajah yang Baik dan Benar

Membersihkan wajah memang hal penting yang perlu diperhatikan.

Kini masyarakat tidak perlu khawatir karena sekarang terdapat beberapa produk maupun teknik dalam merawatnya.

Dengan menggunakan teknik dan produk pembersih wajah yang tepat mampu menghilangkan kotoran serta minyak berlebih yang menempel pada bagian wajah sehingga akan terlihat lebih bersih, segar dan juga merona.

Beberapa orang tidak mencuci wajah dengan benar dan tidak menggunakan produk pembersih yang tepat. Meskipun sudah teratur cara membersihkannya.

Mengabaikan kebersihan wajah sehari saja bisa membuat pori-pori tersumbat, sehingga memicu timbulnya jerawat, dan bahkan bisa menyebabkan penuaan dini.

Cara Membersihkan Wajah yang Tepat Supaya Terhindar dari Masalah seperti Jerawat :

1. Cuci Muka Setidaknya Dua Kali Sehari.

Cara merawat wajah yang paling mudah, yaitu dengan mencuci muka dengan air bersih setidaknya dua kali sehari pada pagi hari (sebelum beraktivitas) dan malam (sebelum tidur).

Tapi sebagian orang yang sudah lelah karena beraktifitas justu melupakan ritual membersihkan wajah pada malam hari.

Dengan membersihkan wajah sebelum tidur akan membuat kulit kamu terbebas dari jerawat, lho.

cara membersihkan wajah
membersihkan wajah

2. Bersihkan Semua Sisa Makeup

Pemakaian kosmetik yang tidak segera dibersihkan seperti bedak atau pelembab yang kamu gunakan dapat tertinggal pada pori-pori yang membesar dan berisiko menimbulkan jerawat.

Untuk itu lakukan ritual mencuci muka setelah pemakaian kosmetik, ya Girls.

Nah, cara membersihkan wajah dari sisa makeup adalah dimulai dari membersihkan makeup yang kamu gunakan dengan face cleanser, agar wajahmu benar-benar bebas dari sisa pelembap atau bedak yang menyumbat pori-pori di wajah terlebih dahulu.

Baru setelahnya, cuci wajah dengan facial foam yang sesuai dengan karakter kulit wajahmu.

Cara membersihkan wajah
Menghapus makeup

3. Melakukan Pijatan Ringan dan Lembut 

Ketika membersihkan muka, biasakan memulai gerakan dari bawah ke atas supaya kulit yang dipijat tertarik ke atas dan kulit menjadi kencang dan tidak turun.

Cara ini juga bermanfaat untuk mengangkat debu serta sisa makeup dengan lebih maksimal sehingga wajahmu benar-benar bersih.

Kegiatan mencuci muka mampu memberikan efek relaksasi yang bermanfaat besar bagi kesehatan kulit wajah hingga di masa depan nanti, terutama pada pria yang memiliki kecenderungan mudah menua lebih cepat dibanding perempuan.

Lakukan pijatan tersebut selama kurang lebih 30 detik, kemudian bilas hingga bersih.

cara membersihkan wajah
Memijat wajah dengan lembut

4. Hindari Menggosok Muka dengan Handuk.

Gunakanlah handuk bersih karena handuk bisa saja menjadi salah satu persebaran bakteri yang bisa mengancam kebersihan kulit wajah.

Setelah selesai mencuci muka keringkan wajah perlahan dengan  cara menepuk-nepuk handuk kewajah bukan dengan menggosoknya ya! karena dapat beresiko terkena iritasi yang diakibatkan oleh serat kasar pada handuk.

Kemudian setelah selesai mengeringkan muka, handuk harus segera dijemur supaya tidak ada jamur yang tumbuh diserat handuk.

Handuk juga harus rutin dicuci setelah pemakaian selama satu minggu, agar tetap bersih dan wangi.

Membersihkan wajah
Mengeringkan wajah dengan handuk

5. Tidak Langsung Mencuci Muka Usai Berolahraga

Saat selesai berolahraga bisanya keringat mulai bercucuran dimana mana, ini disebabkan karena suhu tubuh yang naik dan badan terasa gerah. Kejadian itu bisanya membuat seseorang akan langsung mencuci muka untuk menyegarkan wajah.

Namun cara yang dilakukan tersebut salah, dalam keadaan keringat yang masih menempel pada wajah, sisa minyak akan menyumbat pori-pori dan dapat meyebabkan masalah kulit lebih serius.

Untuk itu tunggulah  hinga keringat benar-benar hilang dan barulah mencuci muka.

Membersihkan wajah
mencuci muka sat berolah raga

 

 

Baca Juga: Inilah 3 Rahasia Cara Menghilangkan Tahi Lalat Secara Alami Dengan Mudah Tanpa Bekas 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *