Tips Memilih BB Cream

Tips Memilih BB Cream

Tips Memilih BB Cream untuk Kulit Sensitif

Lifestyle – Tips Memilih BB Cream – Blemish balm atau beauty balm cream merupakan krim yang dikenal juga sebagai BB Cream. Berbeda dengan pelembab, BB Cream ini lebih pekat serta lebih berwarna, tetapi lebih ringan dibandingkan dengan foundation.  Kamupun jadi bisa tampil fawles, tetapi sayangnya tidak semua kandungan BB cream cocok untuk kulit sensitif.

Nah, agar kamu terbantu dalam memilih BB Cream, maka berikut ini tips memilih BB Cream untuk kulit sensitif yang bisa kamu coba. Beberapa diantaranya merupakan produk terkenal seperti Wardah, The Body Shope, Klairs dan lainnya. Simak berikut ini ulasannya dan temukanlah produk yang cocok untuk kamu gunakan!

Sebelum membahas rekomedasi BB Cream Terbaik, kamu harus mengenali sumber permasalahan pada kulit sensitifmu terlebih dahulu. Gatal, breakout dan iritasi sangat mudah terjadi pada pemilik kulit sensitif. Biasanya, salah satu faktor yang menjadi penyebabnya adalah faktor cuaca dan udara yang kurang cocok.

Selain itu, penggunaan produk perawatan yang salah juga bisa menjadi pemicu utama terjadinya masalah pada kulit sensitif. Tentunya hal seperti ini akan sangat mengganggu bukan jika terjadi pada kulit wajahmu?

Nah, selain faktor eksternal, kulit bermasalah juga bisa dipicu dengan perubahan hormon. Biasanya hal seperti ini terjadi pada remaja berusia 20-an dengan hirmin yang masih belum stabil. Kemudian pada usia 30-an ke atas, kadar air di dalam kulit cenderung menurun. Apabila kamu memiliki kulit sensitif, sebaiknya pilihlah produk yang tidak memicu terjadinya beragam masalah di wajah.

Tips Memilih BB Cream untuk Kulit Sensitif

Tips Memilih BB Cream

Periksa Bahan yang Terkandung

Pada dasarnya, BB Cream memiliki tekstur yang tidak menyumbat pori-pori, dapat membuat kulit lembab, serta menjadi tabir surya. Karena memiliki manfaat tersebut, BB cream kerap kali sering digunakan sebagai makeup harian sebagai pengganti foundation.

Meskipun BB cream dapat digunakan sebagai penutup ketidak sempurnaan kulit wajah, tetapi pemilik kulit sensitif juga tetap harus berhati-hati ketika memilih produk. Pasalnya, kulit yang sensitif lebih rentan mengalami iritasi. Karena itulah, hal yang perlu dilakukan adalah memeriksa kembali kandungan berbahaya apakah cocok untuk kulit ataukah tidak.

Pilihlah BB Cream yang Kandungannya Melembabkan

Akibat kurangnya cairan pada lapisan kulit, sehingga bisa menjadi penyebab terjadinya iritasi pada kulit sensitif. Maka dari itu ketika akan membeli BB cream, sangat penting untuk memperhatikan kandungan bahan pelembabnya. Adanya bahan pelembab ini tentunya sangat bermanfaat untuk mempertahankan kelembaban kulit selama pemakaian.

Kandungan pelembab BB Cream yang aman untuk kulit sensitif diantaranya, hyaluronic acid, glycerin, ceramide, squalane, serta kolagen. Kamu juga bisa memilih produk yang memiliki kandungan seperti minyak zaitun. Selain mampu melembabkan, kandungan tersebut juga mampu menangkal radikal bebas dan melindungi kulit.

Pilihlah Produk yang Memiliki Kandungan Vitamin

Selain bahan pelembab, beberapa produk kecantikan umumnya juga menambahkan kandungan vitamin pada komposisi bahannya. Kandungan Vitamin A, C dan E tentunya sangat bermanfaat dalam memberikan nutrisi pada kulit. Dipadukan dengan antioksidan dan peptides, tentunya bisa menjadi formula yang sangat tepat untuk memperlambat penuaan dini.

Bahan-bahan ini diharapkan dapat memperlambat kerutan serta bintik-bintik hitam yang muncul di wajah.

Pilihlah yang Mengandung SPF/PAA++

Bagi pemilik kulit sensitif, sebaiknya hindari paparan sinar matahari secara langsung dalam jangka waktu yang cukup lama. Hal tersebut dikarenakan, sinar ultraviolet UV A dan UV B dapat merusak kulit. Jika kamu hendak beraktivitas dibawah sinar matahari, maka pilihlah produk yang dilengkapi dengan UV protection yang biasanya memiliki logo SPF/PA++. Selain mampu melindungi kulit, kandunganya ini dapat mencegah munculnya flek, kuli hitam, dan penuaan dini.

Hindarilah Produk yang Mengandung Bahan Aditif dan Tambahan Lainnya

Kulit sensitif cenderung rentan dengan bahan-bahan kimia yang berlebih. Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih produk yang tidak mengandung zat aditif yang tidak dibutuhkan oleh kulit. Beberapa bahan aditif yang biasanya digunakan dalam produk kosmetik adalah alkohol dan pewarna. Alkohol dapat menjadikan kulit menjadi lebih kering, sehingga terasa tidak nyaman.

Selain itu, hindari juga produk dengan kandungan parfum yang biasa digunakan untuk menyamarkan aroma kimia produk kecantikan. Terdapat dua jenis parfum yang digunakan dalam produk kosmetik, yakni parfum buatan dan parfum alami. Meskipun takarannya tidak terlalu banyak, tetapi jika digunakan secara rutin kandungan ini dapat memberikan efek untuk kulit. Pada kulit sensitif, kandungan ini dapat memicu timbulnya ruam, kemerahan, jerawat, hingga iritasi yang tentunya dapat menganggu.

Untuk parfum alami, kamu bisa memilih aloe vera, mangga, cocoa buutter, shea butter, hingga mentimun. Beberapa bahan tersebut cukup netral untuk kulit. Pasalnya, ada juga bahan parfum alami yang memiliki risiko merangsang sel kulit sensitif seperti lavender oil, lemon serta jeruk. Apabila kamu kurang yakin, sebaiknya hindari penggunaan beberapa bahan-bahan tersebut.

Pilihlah BB Cream yang Memiliki Tekstur Ringan dan Mudah Merata

Meskipun BB Cream memiliki tekstur yang lebih ringan dibandingkan dengan tekstur foundation, tekstur beberapa produk cukup berat untuk kulit sensitif. Tekstur BB Cream yang pekat cenderung sulit untuk dioleskan ke kulit wajah secara merata, karena itulah maka pilihlah BB Cream yang memiliki tekstur ringan sehingga tidak membebani kulit sensitifmu.

Selain itu, tekstur yang ringan dan mudah diratakan akan membuat kamu tampil lebih natural. Bahkan, beberapa produk dapat membuat riasan kamu bertahan lebih lama. Tekstur yang ringan ini juga akan membuat waktu merias wajahmu semakin lebih cepat.

Pastikan Produk Telah Teruji

Saat ini sudah banyak sekali produk yang ditujukan untuk pemilik kulit sensitif. Nah, jika kamu kurang memahami beberapa bahan-bahan yang aman untuk kulit sensitif tersebut, maka temukanlah produk yang menyertakan label dhermatology tested. Selain itu, kamu juga bisa memilih produk yang memiliki klaim hypoallergenic. Artinya, bahan-bahan yang digunakannya memiliki kemunkinan kecil untuk menyebabkan alergi, kulit iritasi hingga kulit kemerahan.

Sebagai tindakan pencegahan lainnya, pertama lakukanlah tes terlebih dahulu ketika kamu membeli produk baru. Periksalah apakah produk tersebut cocok untuk kulit sensitif atau tidak. Nah, salah satu cara untuk mengetahui kecocokan produk tersebut adalah dengan mengoleskannya pada tangan. Jika sudah diamkan beberapa saat. Apabila kulit menjadi kemerahan, terasa gatal bahkan perih, itu tandanya produk tersebut kurang cocok untuk kulit sensitif kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *