Lifestyle – Merawat Sleeping Bed – Sleeping bed atau kantong tidur ini biasanya digunakan oleh para pendaki gunung atau para pelaku aktivitas diluar ruangan lainnya. Pada bagian dalam sleeping bag menggunakan material yang cukup empuk, sehingga dapat memberikan rasa nyaman bagi para penggunanya. Selain itu, sleeping bag juga berguna untuk melindungi tubuh dari gigitan nyamuk atau serangga ketika kamu tidur di ruangan terbuka.

Nah, mengingat sleping bag ini selalu dipakai di tempat terbuka, maka lama kelamaan sleeping bag juga akan menjadi kotor karena terkena noda tanah dan lain sebagainya. Tentunya, kamu perlu mengetahui tips untuk mencuci sleeping bag yang baik dan Merawat Sleeping Bed dengan benar agar dapat bertahan lama dan kebersihannya tetap terjaga.

Tips Mencuci dan Merawat Sleeping Bed Agar Lebih Awet dan Tahan Lama

Setelah kamu pakai, sleeping bag harus dicuci hingga bersih sebelum disimpan kembali pada tempatnya. Tujuan mencuci sleeping bag ini adalah untuk mencegah pertumbuhan jamur pada sleeping bed yang kotor.

Selain itu, sleepingg bag yang baru digunakan tentunya memiliki noda dan keringat dari penggunanya. Jika disimpan dalam keadaan yang kotor, maka kantong tidur tersebut dapat menebarkan bau yang tak sedap dan dapat membuat penggunaya tidak nyaman.

Meskipun kamu tidak bisa mencuci kantung tidur ini didalam mesin cuci, tetapi cara mencuci kantung tidur ini secara manual sangat disarankan. Pasalnya, jika kamu mencuci kanturng tidur secara manual dapat membuatnya awet dan tahan lama. Nah, berikut ini adalah tips mencuci sleeping bed yang bisa kamu coba.

  • Langkah pertama adalah menyediakan terlebih dahulu satu ember air bersih dan tuangkan cairan khusus untuk mencuci kantung tidur. Apabila kamu tidak menemukan cairan pembersih, maka kamu bisa menggunakan shampoo bayi atau sabun pencuci piring.
  • Pasang risleting, velcro®, dan kancing kantung tidur sebelum kamu cuci, kemudian rendam kantong tidur didalam ember yang sudah kamu campurkan dengan sabun.
  • Kucek lembut kantong tidur tersebut dengan kedua tangan. Gosok secara perlahan permukaan kantong tidur tersebut dengan jari untuk menghilangkan kotoran yang menempel. Jika ada noda yang membandel, maka gosok dengan sikat gigi bekas.
  • Angkat sleeping bag dan bilas dengan air bersih hingga sisa busanya hilang dan jangan memeras atau memelintir sleeping bag. Untuk mengeringkannya, jemur saja sleeping bag yang baru saja kamu cuci di tempat yang berangin dan biarkan mengering secara manual.

Laukan pembersihan kantung tidur ini setelah kamu gunakan beraktivitas di outdoor. Jika sleeping bag masih bau setelah dicuci, maka kamu perlu menyemprotkan pewangi pakaian. Selain itu, jangan pernah menyetrika sleeping bag, hal tersebut dikarenakan bahannya mudah hangus jika terkena suhu panas.

Cara Mencuci Sleeping Bag di Mesin Cuci

Sleeping bag juga bisa kamu cuci dengan mesin cuci. Namun pencucian secara manual memang lebih diutamakan agar menjaga kualitas bahan sleeping bag agar tidak mudah rusak ketika digunakan.

Nah, jika kamu ingin mencoba dengan menggunakan mesin cuci, maka gunakan mesin cuci bukaan depan. Berikut adalah cara mencuci sleeping bag di dalammesin cuci.

  • Pertama masukan kantong tidurmu kedalam mesin cuci.
  • Lalu isi mesin cuci dengan air bersih dan tuangkan shampoo bayi atau sabun cair pencuci piring, atau bisa juga menggunakan sabun detergen yang lembut.
  • Biarkan risleting sleeping bag sedikit terbuka, lalu masukan dua bola tenis kedalam sleeping bag milikmu. Fungsi bola tenis disini tujuannya agar bahan pengisi kantong tidur dapat tersebar merata dan tidak menggumpal pada satu tempat.
  • Lalu pilih program pencucian dan cuci sleeping bag pada satu siklus pencucian saja. Lalu keluarkan dari dalam mesin cuci untuk dibilas didalam ember berisi air bersih.

hal yang perlu kamu ketahui, bahwa car amencuci sleeping bag dengan mesin cuci ini bisa berisiko merusak kantong tidur mu. Kualitas material menentukan kekuatan sleeping bag ketika dicuci didalam mesin cuci.  Jika kamu meragukan kualitas sleeping bag tersebut, maka cucilah kantung tidurmu secara manual saja.

Tips Menggunakan Sleeping Bag yang Baik dan Benar

Setelah kamu mengetahui serba serbi cara mencuci kantung tidur, rasanya kuran gpas jika tidak membagikan cara penggunaannya yang benar. Pada dasarnya, sleeping bag diciptakan untuk memberikan kenyamanan pada penggunanya ketika tidur. Namun, pengguna juga harus memperhatikan beberapa tips penggunaan sleeping bag yang benar agar nyaman dan keawetan kantong tidurnya tetap terjaga.

Nah, berikut ini sedikit tips menggunakna sleeping bag yang baik dan benar.

  • Gunakan pakaian yang bersih sebelum kau memakai sleeping bag. Hal ini menjaga agar bagian dalam sleeping bag tetap bersih dan tidak membuat kamu gatal saat tidur di dalamnya.
  • Lapisi bagian bawah sleeping bag dengan matras. Jangan langsung meletakkan sleeping bag di atas tanah karena bisa merobek bagian luar sleeping bag.
  • Hindari kegiatan memasak, merokok, atau hal-hal yang berhubungan dengan api ketika kamu menggunakan sleeping bag. Pasalnya, kantong tidur menggunakan material parasut yang mudah terbakar.
  • Jangan makan di dalam sleeping bag karena noda makanan yang menetes di bagian dalam sleeping bag akan susah dibersihkan. Selain itu, noda atau sisa makanan yang berada di dalam kantong tidur bisa mengundang serangga untuk masuk ke dalamnya.
  • Gunakan sleeping bag hanya untuk tidur saja. Jangan terlalu banyak bergerak ketika kamu berada di dalam sleeping bag karena hal tersebut dapat membuat sleeping bag melar dan robek.
  • Selalu gunakan sleeping bag untuk pribadi. Hindari kebiasaan meminjamkan sleeping bag ke orang lain karena hal ini bisa menyebabkan kamu tertular penyakit dari orang yang meminjam kantong tidur kamu.

Tips Menyimpan Kantong Tidur yang Baik dan Benar

Selain cara memakai dan mencuci saja, kamu juga harus berhati-hati ketika menyimpannya. Cara penyimpanan yang salah dapat membuat sleeping bag menjadi rusak atau bau.  Nah ikuti beberapa tips berikut ini untuk menyimpan sleeping bag mu yang benar.

  • Pastikan bagian luar dan dalam sleeping bag benar-benar kering setelah dicuci. Menyimpan sleeping bag dalam keadaan setengah basah akan membuat baunya jadi apek dan berjamur.
  • Simpan sleeping bag dengan cara digantung dengan hanger atau dilipat. Kemudian, letakkan sleeping bag di tempat yang kering. Berikan kamper atau pengharum lemari untuk mencegah jamur yang bertumbuh pada sleeping bag.
  • Ketika ingin menggunakan sleeping bag yang disimpan dalam jangka waktu lama, sebaiknya tepuk-tepuk sleeping bag agar bulu-bulu di bagian dalamnya menyebar ke semua bagian.

Hampir semua kantung tidur yang dijual di pasaran bersifat anti air, tentunya kamu harus memilih kantung tidur yang tahan terhadap air agar lebih mudah ketika dibersihkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *