Lifestyle People

Review Lifestyle, Bisnis, Brand, Kosmetik dan Skin Care Terbaik

Apa Itu Sebum dan Mengapa Dibutuhkan?

Lifestyle – Apa Itu Sebum – Seringkali, sebum atau minyak wajah alami dianggap sebagai pemicu masalah kulit. Tapi, apakah itu benar? Yuk, cari tahu apa itu sebum dan manfaatnya di sini!

Apa itu sebum dan mengapa itu dibutuhkan?

Jika Anda bersemangat setiap mendengar informasi perawatan kulit, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan sebum. Istilah yang sering muncul di deskripsi produk perawatan kulit seringkali dianggap sebagai pemicu masalah kulit. Padahal, sebum memiliki peran penting untuk kulit lho. Untuk lebih memahami apa itu sebum, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Definisi sebum

Pada dasarnya, sebum adalah zat penting yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous pada kulit (sebaceous) dan berwarna. Minyak alami untuk kulit ini terdiri dari berbagai komponen yaitu asam lemak, squalene, kolesterol dan wax ester.

Umumnya, produksi sebum meningkat ketika seseorang melewati masa pubertas karena perubahan hormonal. Pada pria, hormon yang mempengaruhi sebum adalah hormon androgen, sedangkan pada wanita dipengaruhi oleh dua hormon, yaitu androgen dan progesteron.

Manfaat sebum

apa itu sebum

Sebagai minyak alami, sebum memiliki berbagai manfaat kesehatan kulit, antara lain:

1. Menjaga hidrasi kulit

Tahukah Anda bahwa sebum mampu mempertahankan kelembapan pada kulit sehingga tetap elastis? Minyak alami yang sering digunakan sebagai pelumas ini berguna untuk menjaga kulit wajah agar tetap kenyal dan elastis, guys!

2. Lindungi dari sinar UV

Seperti yang kita ketahui bersama, salah satu komponen pembentuk sebum adalah squalene, yang terdiri dari trigliserida dan ester lilin, dan berasal dari kelenjar sebaceous. Nah, squalene terbukti mampu melindungi kulit dari efek merusak sinar ultraviolet (UV). Dengan cara ini, secara tidak langsung, sebum juga berguna untuk mencegah Anda dari efek penuaan setelah berada di luar seharian.

3. Pertumbuhan bakteri kulit

Karena terletak di lapisan terluar kulit, sebum juga bisa berfungsi sebagai salah satu pertahanan alami terhadap serangan bakteri lho. Zat berwarna alami ini terbukti mampu menjaga pH pada kisaran normal, yakni pH 4,5-6,0. Nah, kalau pH-nya normal, bakteri dan jamur akan enggan nongkrong di kulit kita, hehe!

Karena sebum berlebih

Meski memiliki strain yang baik untuk kulit, Anda tetap perlu menyeimbangkan kadar sebum agar tetap dalam batas normal. Jika ada terlalu sedikit sebum, kulit Anda akan kering dan rentan terhadap penuaan dini. Sedangkan jika produksi sebum berlebihan disertai dengan penimbunan sel kulit mati, pori-pori wajah akan tersumbat dan memicu tumbuhnya bakteri di sekitar folikel rambut. Selain itu, jika dibiarkan lama kelamaan kulit akan meradang dan muncul jerawat. Tentunya Anda tidak ingin hal ini terjadi pada kulit wajah Anda bukan?

Nah, salah satu cara menjaga kadar minyak di wajah adalah dengan memilih sabun cuci muka yang sesuai dengan jenis kulit dan kebutuhan Anda.

Pembersih wajah dapat menjadi pilihan yang tepat untuk merawat berbagai jenis kulit wajah karena memiliki banyak variasi yang dapat digunakan oleh wanita Indonesia. Selain busanya yang melimpah dan nyaman digunakan, produk ini juga bebas dari animal testing dan paraben, sehingga dapat digunakan bahkan untuk kulit sensitif sekalipun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *