June 22, 2024
Ini Tips Memilih Skincare Berdasarkan Jenis Kulit

Banyak orang mungkin disarankan untuk tidak menggunakan retinol sampai mereka berusia 20-an. Karena tanda-tanda penuaan dini seperti garis-garis halus dan kerutan pada kebanyakan orang mulai muncul di usia dua puluhan. Oleh karena itu, penggunaan bahan aktif ini di usia dua puluhan sangat dianjurkan dan dianggap aman. Namun, sebagian orang ingin merawat kulitnya sedini mungkin agar kesehatan kulit tetap terjaga dengan baik hingga usia lanjut. Lantas, apakah aman menggunakan retinol sebelum usia 20 tahun?

Penggunaan retinol harus sangat hati-hati


Retinol adalah turunan vitamin A dengan berbagai manfaat seperti merangsang produksi kolagen, mengoptimalkan regenerasi kulit, meningkatkan aliran darah ke kulit, dll. Karena manfaat tersebut, retinol banyak digunakan dalam perawatan anti penuaan.

Namun, penggunaan retinol pada remaja (di bawah 20 tahun) sangat penting dan sangat terbatas. Hal ini karena penggunaan retinol di usia muda kemungkinan akan menyebabkan masalah kulit seperti kulit kering, merah, iritasi dan lain-lain.

Namun dalam kondisi tertentu ada indikasi yang memerlukan penggunaan, maka retinol dapat digunakan, namun tentunya dengan pengawasan dokter. Yang terbaik adalah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit untuk masalah kulit apa pun untuk perawatan yang tepat. Kamu juga bisa menggunakan skincare dengan persentase retinol yang sangat rendah, jangan langsung pakai serum retinol.

Baca Juga :  6 Tips Tuntaskan Kulit Kering Bersisik dan Keriput!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *