Fungsi Minyak di Wajah yang Tak Banyak Orang Tahu!

Minyak alami yang muncul pada kulit berminyak sebenarnya bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit dan mencegah keriput. Selain itu, minyak pada kulit juga bisa berfungsi sebagai pelindung alami dari paparan sinar UV dan polusi, serta membantu dalam proses regenerasi sel kulit. Namun, perlu diingat bahwa terlalu banyak minyak yang muncul pada kulit juga bisa menyebabkan masalah kesehatan kulit seperti jerawat dan komedo.

Fungsi Minyak di Wajah yang Tak Banyak Orang Tahu!

Minyak alami yang muncul pada kulit berminyak dapat membantu menjaga keseimbangan kelembaban serta bisa mencegah keriput.

Melindungi kulit dari paparan sinar UV

Kulit berminyak memiliki lapisan sebum yang cukup banyak, yang membantu melindungi wajah dari paparan sinar UV berlebih. Sebum ini mengandung vitamin E alami yang efektif sebagai antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas.

Memperlambat penuaan dini

Meskipun kamu mungkin meragukan kebenarannya, faktanya sebum atau minyak alami pada kulit adalah salah satu anti-aging alami yang mampu mempertahankan elastisitas wajah. Sebum yang ada membuat tampilan wajah tampak kenyal dan lebih mudah. Beberapa produk anti-aging menggunakan minyak sebagai bahan dasar karena minyak dapat menjadi “booster” bagi kulit yang kurang minyak alami. Oleh karena itu, pemilik kulit berminyak harus bersyukur karena kulit mereka memiliki anti-aging alami yang baik.

Tampak cerah & berkilau

Fungsi minyak di wajah adalah membuat kulit tampak cerah dan berkilau. Hal ini karena minyak pada wajah berminyak yang lebih banyak dibandingkan kulit kering, membuat kondisi kulit lebih lembap. Ini menyebabkan wajah terlihat lebih bercahaya dan merona secara alami.

Terhindar masalah dehidrasi kulit

Minyak alami membantu menjaga elastisitas dan kelembapan kulit, sehingga menghindari masalah dehidrasi. Sebum juga membantu mengontrol kadar air pada kulit wajah. Namun, ini tidak berarti bahwa kamu tidak perlu minum cukup air. Kelembapan kulit wajah tetap harus dijaga dengan memenuhi cairan tubuh yang cukup. Selain itu, kamu juga dapat menambahkan perawatan dengan menggunakan pelembap bertekstur gel yang cocok untuk kulit berminyak.

Perawatan yang minimal

Kamu akan lebih bersyukur dengan fungsi minyak di wajah karena kondisi kulit berminyak dapat meminimalisir risiko iritasi, gatal-gatal, dan kulit terkelupas yang sering dialami oleh pemilik kulit kering. Kelembapan ekstra dari minyak menjaga kulit tetap lembap. Selain itu, pemilik kulit berminyak tidak perlu menggunakan foundation yang terlalu tebal sebagai base atau dasar makeup, cukup menggunakan concealer, bedak foundation atau cushion dan lipstik sudah cukup.

Apa pendapatmu tentang fungsi minyak di wajah yang dibahas di atas? Semoga setelah membaca poin-poin di atas, pemilik kulit berminyak menjadi lebih bersyukur dengan kulit yang dimiliki. Namun, perlu diingat untuk tetap menjaga perawatan kulit berminyak agar tidak menimbulkan masalah kulit akibat produksi minyak yang berlebih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *