Inilah Cara Kerja Kartu Kredit

Bagaimana cara kerja kartu kredit? Kartu kredit adalah sebuah produk finansial yang ditawarkan oleh Bank untuk membantu nasabahnya melakukan transaksi dengan cara meminjam uang dalam jangka waktu singkat. Untuk mendapatkannya, Anda hanya perlu mengisi formulir pengajuan kartu kredit. Jika diterima, maka Anda akan menerima kartu kredit dengan limit tertentu. Baca juga tentang perbedaan visa dan mastercard

Kartu kredit pada umumnya memiliki jangka waktu selama satu bulan, sehinga Anda harus membayar setiap akhir bulan. Sebaiknya lakukan pembayaran kartu kredit tepat waktu, sebab jika Anda telat membayar makaakan menerima denda. Kartu kredit memiliki banyak keuntungan untuk Anda, namun juga dapat berbahaya bagi keuangan Anda.Untuk memaksimalkan keuntungan tersebut, gunakanlah kartu kredit secara bijak.

Baca juga perbedaan kartu kredit dan debit

Cara Kerja Kartu Kredit Yang Harus Anda ketahui

Kartu kredit dapat kita gunakan untuk membeli keperluan sehari-hari. Secara umum, kartu kredit memiliki cara kerja sebagai berikut.

  1. Saat Anda selesai melakukan transaksi di toko atau tempat Anda berbelanja, maka toko akan menyerahkan seluruh bukti pembayaran kepada bank yang bekerjasama dengan toko.
  2. Setelah Bank toko menerima bukti pembayaran tersebut, Bank toko akan membayar sesuai dengan transaksi yang Anda lakukan.
  3. Kemudian, Bank toko akan mengirimkan pemberitahuan tagihan pembayaran kepada perusahaan penerbit kartu kredit.
  4. Perusahaan penerbit kartu kredit kemudian membayar kepada Bank toko dan setelah itu mengirimkan pemberitahuan tagihan pembayaran kepada Bank Anda.
  5. Setelah Bank Anda menerima tagihan, maka Bank akan membayar kepada perusahaan penyedia kartu kredit.
  6. Pada tahap terakhir bank milik Anda akan memasukkan tagihan pembayaran pada kartu kredit dan harus dibayar sebelum tanggal jatuh tempo.

Begitulah sebenarnya cara kerja kartu kredit yang memang memilki cara kerja cukup rumit. Namun pada dasarnya, Anda sendirilah yang tetap membayar semua tagihan tersebut.

Sebagai pemegang kartu, sebaiknya Anda mengatur penggunaan kartu kredit dengan tepat, agar tidak terjadi pengeluaran yang melebihi limit yang telah ditentukan. Dengan begitu, Anda tidak akan kesulitan saat membayar tagihan kartu kredit pada tanggal jatuh tempo.

One Reply to “Inilah Cara Kerja Kartu Kredit , Yuk Kita Simak!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *