manfaat brotowali untuk jerawat

Manfaat brotowali untuk jerawat- Tanaman brotowali di kategorikan ke dalam kelompok obat tradisional yang bisa tumbuh dengan mudah di pekarangan rumah atau di halaman belakang. Sejak dulu, tanaman yang  mengandung bahan-bahan kimia yang baik untuk kesehatan tubuh ini sering di jadikan sebagai bahan baku jamu tradisional.

Saat ini,  brotowali juga diambil manfaatnya untuk obat mengatasi jerawat. Batang dan daunnya lah yang di jadikan sebagai bahan jamu, dengan di rebut. Jamu tradisional ini memiliki rasa pahit.

Kandungan Bahan Kimia

Bahan-bahan kimia yang dikandung dalam brotowali antara lain :

  • Alkaloid, berberin dan columbina yang berguna untuk membunuh bakteri yang terdapat pada luka
  • Zat prikroretin, palmatin, glikosida, harsa, kolulin dan zat pati sebagai zat pemberi rasa pahit untuk merangsang urat saraf dan membuat sistem pernafasan bekerja

Sifat Brotowali

  1. Analgesik untuk menghilangkan rasa sakit
  2. Alkaloid dan flavonoid untuk anti infertilitas alami
  3. Antipiretik unutuk menurunkan panas
  4. Antineoplastik untuk mencegah kanker dan tumor
  5. Antidiabetik sebagai pengontol gula darah
  6. Antioksidan untuk melindungi dari serangan radikal bebas
  7. Imunologi sebagai penstimulus sistem imune dalam tubuh
  8. Antideperesan sebagai penghambat aktivitas monoamine oxidase
  9. Antiporotik untuk memadatkan tulang
  10. Anti alergi sebagai zat penghilang resiko alergi

Manfaat Brotowali Untuk Jerawat

manfaat brotowali untuk jerawat

Manfaat brotowali untuk jerawat sudah dirasakan sejak ratusan tahun lalu. Para nenek moyang kita telah banyak yang memanfaatkan brotowali selain sebagai obat yang berkhasiat bagi kesehatan juga dimanfaatkan sebagai obat pencegah bakteri penyebab jerawat  dalam rangka menghilangkan jerawat. Sangat mudah untuk menggunakan brotowali, kita cukup merebus lalu meminumnya jika digunakan sebagai jamu, atau membuatnya menjadi masker kemudian dioleskan ke bagian daerah yang berjerawat ataupun terluka.

Untuk membuatnya sebagai penghilang jerawat sekaligus mencerahkan wajah, ikuti beberapa langkah berikut. Pertama, siapkan brotowalin secukupnya, lalu cuci hingga bersih. Kedua, buatkah masker brotowali kemudian oleskan ke bagian daerah yang berjerawat menggunakan tangan yang sudah dipastikan dalam keadaan bersih. Tunggu beberapa saat. Bila dirasa cukup, segera bersihkan dengan sabun pembersih yang biasa kita pakai. Selain dapat menghilangkan jerawat masker ini juga ampuh menghilangakan kusam di wajah sehingga kulit wajah kita akan tampak lebih cerah. Tidak ada salahnya untuk dicoba. Berikut adalah beberapa khasiat masker jerawat dari tanaman brotowali :

  • Menghilangkan kandungan kelenjar minyak berlebih dan sebum serta mengatasi timbulnya komedo
  • Mengobati peradangan jerawat (anti inflamasi)
  • Membersihkan sel kulkit mati yang menyumbat pori serta mencegah tersebarnya jerawat ke daerah yang lain
  • Memusnahakan bakteri penyebab jerawat sehingga proses penyembuhan jerawat lebih cepat

Selain untuk merawat jerawat, khasiat berikutnya adalah membantu meredakan gatal pada kulit khususnya gatal akibat jerawat yang tumbuh di anggota tubuh. Kita semua mengetahui bahwa jerawat sendiri dapat menimbulkan gatal. Hal ini yang akan semakin membuat kita jengkel terhadap hadirnya jerawat. Berikut ini adalah beberapa langkah untuk membuat brotowali sebagai pereda rasa gatal jerawat khususnya dan penghilang rasa gatal di kulit umumnya. Pertama, sediakan brotowali secukupnya, lalu cuci bersih. Selanjutnya, rebus dalam 2 liter air selama 15 menit atau sampai mendidih. Kemudian gunakan air rebusan ini untuk merendam bagian kulit yang gatal akibat jerawat. Untuk hasil maksimal, gunakan rebusan ini sebelujm kita pergi tidur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *