manfaat obat jerawat cindala

Manfaat obat jerawat cindala- Semua yang berkaitan tentang jerawat memang sangat menyebalkan bagi setiap orang. Nah salah satu alternatif  pengobatan jerawat yang cukup banyak dipilih selain menggunakan cara herbal adalah antibiotik. Obat cindala merupakan  obat antibiotik yang biasanya digunakan oleh banyak orang sebagai cara menghindari jerawat pada wajah, pada punggung, hingga pada hidung sekalipun. Obat cindala diklam efektif dalam memberantas jerawat di kulit karena obat ini mengandung senyawa antibiotik bernama clindamycin phosphate. Senyawa yang dikenal dapat melawan bakteri penyebab jerawat secara seketika.

Tetapi, tahukan Anda apa saja manfaat yang bisa di dapatkan ketika mengkonsumsi  obat cindala ini sebagai media penyembuhan jerawat anda? Berikut ini manfaat obat cindala untuk menyembuhkan jerawat anda.

Manfaat Obat Jerawat Cindala

1.Mencegah Peradangan Jerawat

Selain di kenal karena keampuhannya dalam membunuh bakteri penyebab jerawat. Senyawa clindamycin phosphate yang terkandung dalam obat cindala berguna untuk mencegah peradangan jerawat. Terutama pada obat cindala dalam bentuk gel mempunyai kemampuan yang jauh lebih baik untuk meredam peradangan pada bakteri penyebab jerawat jika dibandingkan obat jerawat yang mengandung senyawa tetracycline. Dapat diketahui jika bahaya infeksi jerawat memang tak perlu diragukan lagi bagi kulit kita, karena infeksi tersebut membuat bekas jerawat menjadi susah hilang.

2. Melawan Radikal Bebas

Paparan radikal bebas akan menimbulkan kerutan dan tanda-tanda penuaan pada kulit wajah kita, seperti menimbulkan berkembangnya bakteri penyebab jerawat. Obat cindala yang mengandung clindamycin phosphate sangat bermanfaat untuk memproduksi senyawa penangkal radikal bebas yang bisa mencegah kulit wajah kita dari timbulnya jerawat, serta bisa mencegah komedo yang muncul di hidung.

3. Membunuh Bakteri Penyebab Jerawat

Ada banyak faktor penyebab jerawat berdasarkan faktor internal dan eksternal. Nah salah satu faktor utama penyebab jerawat pada seseorang adalah karena serangan bakteri. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, obat cindala mengandung suatu senyawa yang bernama clindamycin phospate. Sebagai antibiotik, senyawa ini sangat ampuh dalam membunuh bakteri penyebab jerawat yang bernama Propionibacterium acnes secara langsung. Karena keampuhannya dalam membunuh bakteri penyebab jerawat secara cepat, sebaiknya anda menggunakan cindala ini hanya sebagai obat jangka pendek.

4. Lebih Cepat dalam Menangani Jerawat

Manfaat obat jerawat cindala terbilang lebih ampuh dibandingkan dengan obat jerawat yang lain, seperti amoxicillin. Hal ini karena kandungan clindamylin dalam obat cindala bisa mempercepat pengobatan jerawat dibandingkan antibiotik lainnya.

Jenis-Jenis Obat Cindala

1.Obat Cindala Dalam Bentuk Gel dan Lotion

 

Ini merupakan bentuk umum dari obat cindala yang sering kita jumpai di apotik-apotik untuk melawan bakteri penyebab jerawat. Selain praktis, beberapa penelitian menunjukkan bahwa menjadikan cindala sebagai gel lebih aman bagi tubuh anda karena tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya.

Cindana dalam bentuk gel ini paling sering kita temukan di apotik-apotik untuk melawan bakteri penyebab jerawat. Selain praktis, beberapa penelitian menunjukkan bahwa menjadikan cindala sebagai gel lebih aman bagi tubuh anda karena tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya.

Apa langkah yang harus dilakukan sebelum menggunakan obat cindala gel dan lotion?

  • Pastikan anda membaca terlebih dahulu instruksi-instruksi maupun informasi mengenai cindala gel, sebelum anda menggunakan obat cindala gel. Dengan begitu, anda bisa tahu secara pasti cara penggunaan cindala gel ini.
  • Lalu bersihkan kulit Anda yang terkena jerawat
  • Setelah itu, aplikasikan cindala gel pada area yang terinfeksi jerawat secara tipis-tipis.
  • Cuci bersih tangan anda setelah mengoleskan cindala gel ke kulit anda yang terkena jerawat.

Apakah ada efek samping?

Sama seperti antibiotik pada umumnya, obat cindala yang mengandung clindamylin ini mengandung efek samping. Tapi yang harus Anda ingat adalah bahwa efek samping cindala gel ini tidak membahayakan kulit anda. Gatal-gatal, kulit kering, dan kulit berminyak pada area kulit yang terkena jerawat merupakan efek samping yang mungkin bisa muncul setelah pengolesan obat ini.

2. Obat Cindala Dalam bentuk Kapsul dan Tablet

manfaat obat jerawat cindala

Selain dalam bentuk gel dan lotion, obat cindala juga ada yang berbentuk kapsul atau tablet, sehingga anda cukup mengkonsumsinya layaknya anda mengkonsumsi obat-obat komersial untuk mengobati berbagai penyakit seperti flu atau batuk. Obat cindala dalam bentuk kapsul juga cukup digemari karena kepraktisannya.

Bagaimana cara mendapatkan hasil terbaik dari penggunaan obat cindala kapsul ini?

  • Pastikan anda mematuhi takaran dosis yang dianjurkan dalam mengkonsumsi obat cindala kapsul ini. Rekomendasi dosis bisa anda lihat dalam section dibawah ini.
  • Ambil rentang waktu yang cukup panjang antara konsumsi kapsul pertama dan kapsul kedua dalam hari yang sama. Rentang waktu paling dekat yang dianjurkan adalah 6 jam. Sebagai solusi, anda dapat mengkonsumsi obat cindala kapsul ini setelah makan pagi dan setelah makan malam.

Apakah ada efek samping?

Alasan utama mengapa para dokter lebih merekomendasikan penggunaan obat cindala dalam bentuk lotion dan gel dibandingkan kapsul yaitu karena obat cindala yang berbentuk kapsul cenderung mempunyai efek samping yang lebih banyak dibandingkan obat cindala dalam bentuk lotion dan gel, seperti gatal-gatal pada jerawat maupun potensi akan terjadinya gangguan pencernaan seperti diare atau iritasi pada tenggorokan. Penyebab jerawat gatal dan cara mengatasinya memang telah banyak diteliti sebelumnya dan yang patut dicatat pula adalah bahwa  obat cindala dalam bentuk kapsul ini jauh lebih aman jika dibandingkan dengan bahaya injeksi jerawat dalam menyebabkan jerawat gatal.

 

Baca juga: Rekomendasi Concealer Untuk Kulit Berjerawat yang Cocok Buat Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *