Lifestyle-people – Penyebab Jerawat Batu – Jerawat batu ternyata bisa timbul di area mana saja, termasuk pada area bawah mata. Lantas, apa itu jerawat batu di area bawah mata dan apa penyebabnya serta bagaimana cara mengatasinya? Berikut ulasannya.

Penyebab Jerawat Batu di Bawah Mata

Penyebab Jerawat Batu

Penyebab munculnya jerawat batu di area bawah mata adalah karena jerawat yang muncul membengkak, besar serta terdapat didalam kulit. Jika disentuh, maka jerawat batu ini akan terasa sakit.

  • Penyebab jerawat batu pada area bawah mata adalah karena pori-pori terumbat oleh minyak, kotoran dan sel kulit mati. Ketiga komponen ini kemudian bergabung dengan bakteri penyebab jerawat sehingga menyebabkan peradangan. Lambat laun, peradangan ini menjadi bengkak, membesar dan terasa sakit.
  • Pori-pori tersumbat diakibatkan oleh penggunaan makeup tebal, pelembab yang banyak mengandung minyak serta proses pembersihan wajah yang tidak menyeluruh.
  • Terkadang, penyumbatan ini juga diakibatkan dari pengaruh hormonal ketika wanita sedang mengalami menstruasi atau kehamilan.
  • Tetapi, faktor geneik juga mempengaruhi adanya jerawat batu. Jika orang tua memiliki riwayat  kelenjar minyak berlebih, maka hal tersebut bisa diturunkan kepada anak-anaknya.
  • Penyebab lainnya adalah pertumbuhan kulit yang tidak normal, sehingga kulit sulit untuk beregenerasi. Hal ini membuat penumpukan sel kulit mati yang kemudian menyebabkan peradangan jerawat batu.
  • Penggunaan makeup di sekitar mata seperti eyeliner dan maskara ataupun blush on bawah mata yang sedang viral akhir-akhir ini juga memiliki andil besar adanya jerawat batu pada area bawah mata. sehingga pembersihan makeup pada area bawah mata harus benar-benar bersih agar tidak menimbulkan jerawat batu.

Ciri-ciri Jerawat Batu di Bawah Mata

Adanya benjilan batu di area bawah mata dicirikan dari hal-hal seperti timbulnya bejolan di bawah mata, area sekitar mata tampak merah seperti bengkak. Jika area bawah maa ditekan maka akan terasa sedikit nyeri, dan bahkan jika membuka atau mengedipkan mata, area bawah mata sedikit terasa sakit.

Cara Mengatasi Jerawat Batu di Bawah Mata

Cara menghilangkan jerawat batu beserta bekasnya terutama pada bagian bawah mata bermacam-macam. Salah satunya adalah dengan menggunakan terapi laser. Tetapi terapi laser ini bisa dilakukan di klinik kecantikan eva mulia grogol.

Air hangat juga bisa kamu gunakan untuk mengobati jerawat batu di bawah mata. dengan bantuan air hangat ini, maka jerawat batu di area bawah mata menjadi kempes. Penggunaan air hangat untuk mengobati jerawat batu di bawah mata menghalangi bakteri untuk hidup di sana.

Caranya yakni dengan merendam kapas kedalam air hangat. Lalu usapkan kapas tersebut ke bagian bawah mata yang memiliki jerawat batu. Setelah itu ulangi langkah ini sebanyak 5 kali selama 2-3 hari.

Selanjutnya kamu juga bisa menggunakan jeruk nipis sebagai cara mencegah jerawat dengan bahan alami. Vitamin C tentunya memiliki manfaat untuk kulit berjerawat. Caranya dengan menggunakan kapas yang sudah dioleskan air jeruk nipis. Setelah itu, tempelkan ke jerawat batu dan lakukan hal tersebut sebanyak 2-3 kali dalam seminggu. Dengan melakukan cara diatas, secara perlahan permasalahan jerawat akan menghilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *