Penyebab Rambut Berminyak dan Cara Mengatasinya

Tips menyuburkan rambut

Rambut yang sehat dan indah membuat seorang wanita semakin cantik, apalagi jika rambutnya berwarna hitam legam dan rontok dengan sempurna. Dalam ritual perawatan kecantikan, selain perawatan kulit wajah dan tubuh, rambut wanita juga menjadi pusat perhatian. Masalah rambut seperti ketombe, rambut bercabang dan rambut berminyak sangat dihindari dan tidak diinginkan karena rambut merupakan salah satu faktor penting dalam menjaga penampilan wanita.

Ciri-ciri rambut berminyak

Rambut berminyak ditandai dengan kondisi rambut yang tampak berkilau. Hanya saja keadaan rambut yang berkilau tidak sehat dan berkilau, melainkan terlihat kusam dan lengket. Bahkan setelah keramas, rambut masih akan licin dan lengket, sulit untuk memisahkan helai, dan masih lembab, tidak kering.

Mengapa rambut menjadi berminyak?

Rambut berminyak juga bisa mempengaruhi penampilan wajah. Kulit wajah juga bisa terlihat kusam dan berminyak karena minyak yang berasal dari rambut. Kotoran dan debu cepat menempel pada rambut yang lengket karena minyak. Kulit kepala mengeluarkan sebum berlebih karena ketidakseimbangan aktivitas kelenjar sebaceous yang menghasilkan sebum. Sebum adalah lapisan lilin minyak pada kulit. Sebum berlebih ini menyebabkan kulit kepala berminyak. Untuk merawat rambut berminyak dengan benar, perlu diketahui secara pasti apa penyebab rambut berminyak, seperti berikut ini:

1. Jarang mandi

Jadwal keramas yang tidak teratur atau jarang akan membuat rambut menjadi lebih kotor dan bahkan menyebabkan minyak menumpuk di kulit kepala. Frekuensi keramas yang cukup adalah setiap hari, dan harus dilakukan secara teratur. Apalagi jika Anda sering melakukan aktivitas di luar ruangan atau memakai jilbab. Manfaat mencuci rambut setiap hari juga bisa diwujudkan, apalagi jika aktivitasnya sedang tinggi.

2. Penyalahgunaan sampo

Menggunakan sampo yang tidak cocok untuk rambut juga dapat menyebabkan kondisi rambut menjadi berminyak. Memilih sampo yang tepat untuk rambut Anda sangat penting karena bahan-bahan yang dikandungnya juga sesuai dengan kondisi rambut Anda.

3. Ikat rambut saat basah

Mungkin karena sedang terburu-buru, Anda sering mengikat rambut saat masih lembap akibat keramas. Tindakan ini justru akan menyebabkan lebih banyak minyak yang muncul di kulit kepala karena jika rambut diikat tidak bisa bernapas dan terkena udara dingin untuk mengeringkannya. Kulit kepala akan menjadi lebih lembab dan berminyak.

4. Makanan berlemak

Makan gorengan memang sangat menggugah selera, apalagi banyak penjual yang menjajakan makanan ini dimana-mana. Sama halnya dengan makanan yang mengandung santan atau kandungan lemak yang tinggi. Jika kondisi kulit asli sudah berminyak, makan gorengan atau santan yang tinggi kolesterol hanya akan meningkatkan produksi minyak dalam tubuh. Minyak berlebih ini akan dihilangkan melalui pori-pori tubuh, termasuk kulit kepala.

5. Sering mewarnai rambut Anda

Paparan bahan kimia yang sering dapat membuat rambut semakin berminyak, karena produk pewarna rambut biasanya mengandung bahan untuk melembabkan rambut. Namun, jika jenis rambut utamanya berminyak, bahan pewarna rambut hanya akan menambah minyak pada kulit kepala. Waspadai bahaya pewarnaan rambut bagi kesehatan.

Perawatan harian

Penyebab rambut ini akan menjadi acuan jika kita ingin mengetahui cara merawatnya untuk mengembalikan rambut ke keadaan normal. Cara yang dapat digunakan setiap hari untuk mengatasi masalah rambut adalah:

Cuci secara teratur

Yang utama jangan malas, ritual karena shampo menjadi kebutuhan untuk menjaga kebersihan rambut. Apalagi jika rambut kita sering tertutup aktivitas karena kita memakai kerudung atau sering karena kita tinggi.

Jangan gunakan kondisioner

gunakan kondisioner karena akan menyebabkan rambut tumbuh. Manfaat hair conditioner memiliki efek melembapkan, penggunaannya malah akan menambah minyak pada kulit kepala. Kalaupun ingin menggunakannya, gunakan dari bagian tengah rambut hingga ujung rambut.

Gunakan sisir gigi lebih jarang

Sering menyisir menyebabkan peningkatan minyak pada rambut, seperti yang disebutkan pada poin di atas. Jika Anda ingin menyisir rambut, gunakan sisir yang memiliki gigi lebih sedikit untuk mencegah pertumbuhan rambut.

Rambut kering alami

Gunakan lebih sedikit pengering rambut jika Anda bisa. Keringkan rambut Anda di udara sampai setengah kering dan jangan menggosok rambut Anda untuk mengganggunya. Jika Anda harus menggunakan pengering rambut, gunakan pengaturan rendah dan sekitar 15cm dari rambut Anda, biarkan pengering rambut dalam satu posisi terlalu lama. Keringkan juga hanya dari bagian tengah hingga ujung rambut saja.

Cuci dengan air dingin

Bilas rambut Anda dengan air dingin saat keramas dan hindari menggunakan air hangat. Udara panas akan membuat kulit kepala lebih indah dan menyebabkan rambut rontok. Namun, udara panas menawarkan manfaat lain. Manfaat air panas untuk wajah sangat baik dalam proses perawatan wajah.

Makan makanan bergizi

Cukupi kebutuhan nutrisi kulit kita dengan makanan yang bergizi dan sangat baik untuk perawatan rambut, seperti kacang-kacangan, sayuran hijau, ikan dan lain-lain. Jika makanan yang kita makan bergizi dan seimbang, maka kondisi kulit kita, termasuk kulit kepala, akan sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.