Lifestyle Penyebab Timbulnya Jerawat – Timbulnya jerawat pada daun telinga bisa saja muncul dengan tiba-tiba. Kemunculannya tersebut sering kali menimbulkan rasa nyeri dan terkadang membuat kepala terasa pusing. Selain karena dapat menimbulkan rasa nyeri, jerawat pada daun telinga juga sangat menganggu ketika akan menggunakan perangkat handphone.

Penyebab Timbulnya Jerawat di Telinga

Penyebab Timbulnya Jerawat di Daun Telinga

Sebelum jerawat di daun telinga menyerang dirimu, lebih baik ketahui terlebih dahulu beberapa penyebab kemunculan jerawat tersebut. Beberapa hal yang dapat memicu timbulnya jerawat pada dun telinga dan jika kita mengenali penyebabnya, maka kita bisa melakukan upaya pencegahan sebelum jerawat tersebut menghiasi daun telinga kita.

Berikut ini informasi mengenai penyebab timbulnya jerawat pada daun telinga diantaranya.

Alat Pembersih Telinga yang Tidak Steril

Sering membersihkan telinga dengan beberapa pembersih yang tidak jelas akan kebersihannya dapat memicu timbulnya jerawat. Alat-alat pembersih yang terbuat dari bahan logam atau bahan lainnya, memang harus diperhatikan kebersihannya.

Jika tidak, maka bukan membersihkan dan justru dapat membuat daun telinga menjadi jerawatan akibat dari banyaknya bakteri yang ditularkan dari alat pembersih tersebut.

Luka Pada Daun Telinga

Luka pada daun telinga yang disebabkan oleh goresan, tusukan atau lain sebagainya sebaiknya segera diobati. Pasalnya jika goresan atau tusukan tersebut dibiarkan terbuka dan tidak diobati, maka dapat menyebabkan luka mudah dihinggapi bakteri yang kemudian dapat menimbulkan jerawat.

Daun Telinga yang Kotor

Meskipun sebelumnya sudah disebutkan bahwa membersihkan telinga dengan alat pembersih telinga tidak steril dapat memicu timbulnya jerawat, bukan berarti harus membiarkan telinga kita kotor. Untuk membersihkan telinga, cukup bersihkan dengan air atau cotton bud yang sudah terbukti steril agar telinga tetap bersih dan terhindar dari jerawat.

Produksi Minyak Berlebihan

Selain pada kulit wajah, produksi minyak yang berlebihan pada kulit terlinga juga dapat menimbulkan jerawat.

Gigitan Serangga

Racun yang ditularkan dari gigitan serangga pada daun telinga juga dapat menimbulkan benjolan yang disebut jerawat.

Penumpukan Sel Kulit Mati

Mengenai masalah sel kulit mati, ternyata pada kulit yang terdapat daun telinga juga dapat mengalaminya. Begitu juga efeknya, sel kulit mati yang menumpuk pada kulit daun telinga bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat, tak hanya pada kulit wajah.

Iritasi

Iritasi pada telinga juga dapat terjadi karena menggunakan anting atau aksesoris lainnya, juga dapat memicu timbulnya jerawat pada daun telinga. Berkaitan dengan hal tersebut, memang pada sebagian orang yang alergi dengan logam dan bisa juga alergi dengan emas. Maka jika kamu menggunakan aksesoris telinga berbahan logam yang tidak cocok dapat menyebabkan alergi yang menjadi penyebab jerawat bernanah dan nyeri.

Rambut yang Kotor

Kondisi rambut yang kotor selain bisa menyebabkan wajah berjerawat, ternyata juga bisa menyebabkan jerawat pada daun telinga. Sama halnya dengan wajah, letak telinga yang sangat dekat dengan rambut akan mudah membuatnya berinteraksi dengan telinga. Maka jika rambut dalam kondisi kotor akan mudah menularkan bakteri jerawat pada wajah, begitu juga dengan daun telinga.

Alergi Makanan

Alergi terhadap sesuatu seperti makanan penyebab jerawat diseluruh bagian tubuh baik di wajah, punggung, termasuk di daun telinga.

Sering Menyentuh Telinga

Keseringan menyentuh telinga dengan tangan akan menularkan bakteri yang terdapat pada tangan ke daun telinga. Padahal kita tahu, tanganlah yang menjadi sarang banyaknya bakteri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *