Lifestyle – Tips Memilih Foundation – Tak sediki orang dengan tipe kulit kombinasi mengalami kesulitan dalam memilih foundation. Apabila memilih foundation yang memiliki area coverage tinggi, sehingga wajah cenderung menjadi kering. Disisi lain, sebagian foundation dapat membuat daerah T zone menjadi semakin berminyak.

Sebelum lanjut ke pembahasan, kamu harus tahu terlebih dahulu bahwa kulit kombinasi merupakan kondisi antar kering dan berminyak. Beberapa bagian wajah mengalami kelebihan sebum dalam jumlah yang cukup besar misalnya pada bagian dahi dan hidung. Sedangkan pada zona U tampak creamy sehingga makeup sulit melekat karena kekeringan.

Tentu saja hal ini dapat membuat kamu menjadi kesulitan dalam memilih jenis foundation. Pasalnya, masing-masing bagian kulit memiliki kondisi kulit yang berbeda-beda, dan mungkin kamu juga harus memilih foundation dengan fungsi yang sesuai untuk kulit berminyak sekaligus kulit kering.

Tips Memilih Foundation untuk Kulit Kombinasi

Tips Memilih Foundation

Nah, berikut ini beberapa tips memilih foundation yang cocok untuk kulit kombinasi serta rekomendasi foundation untuk kulit kombinasi.

Sesuaikan dengan Kondisi Kulit

Terdapat dua jenis kombinasi, diantaranya dengan area wajah yang dominan kering dan dominan berminyak. Ketika kamu memilih foundation, maka sesuaikanlah dengan kondisi kulit kombinasimu.

Pilih Foundation Bedak untuk Kulit Kombinasi Berminyak

Disarankan untuk mengaplikasikan foundation ini di daerah dahi dan hidung, terutama pada bagian zona T dan U yang berminyak. Hal tersebut dikarenakan foundation yang berbentuk bedak dapat menekan minyak berlebih serta mencegah kulit yang lengket akibat produksi sebum yang berlebih.

Selain itu, terdapat dua jenis maka foundation bedak, pertama yang dipadatkan atau biasa disebut dengan compact powder. Kedua, bedak tabur atau loose powder yang memiliki tekstur seringan bedak bayi. Bedak bertipe padat cocok untuk kamu yang menginginkan daya coverage ekstra. Sementara itu, tipe bedak tabur sangat disarankan untuk kamu yang ingin kenyamanan serta finishing natural. Dan, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan selera.

Pilihlah foundation cair atau krim untuk kulit kombinasi yang cenderung kering

Foundation cair atau krim dengan kandungan minyak yang bisa dipakai pada area pipi dan mata yang kering lebih mudah dibaurkan dan lebih cepat meresap di kulit. Sehingga, dapat mencakup seluruh area wajah yang kering.

Baru-baru ini, ada juga foundation cair yang dikemas dalam bentuk cushion puff yang populer. Tipe yang satu ini dapat bertahan lama dan tidak mudah luntur. Sementara itu, foundation dalam bentuk krim memiliki daya coverage yang cukup tinggi. Jika kamu menutupi bekas jerwat atau kemerahan pada pipi, maka pilihlah yang berbentuk krim

Pilih foundation yang tahan minyak untuk wajah lengket dan berkilap

Bagian wajah yang memiliki kelebihan produksi sebum tentunya dapat membuat riasanmu luntur. Apabila kamu memiliki kulit kombinasi yang berminyak pada bagian zona T dan zona U, maka pilihlah foundation yang tahan terhadap minyak.

Foundation bedak, mampu menyerap sebum sedangkan foundation cair dapat mengontrol kadar minyak, mencegah kulit lengket serta meminimalkan gelap. Dengan demikian, sehingga kamu tidak perlu sering-sering melakukan retouch.

Pastikan mengandung daya pelembab

Sebenarnya, mengoleskan pelembab merupakan suatu kebutuhan. Meskipun kulit tidak lagi kering, tetapi kulit berminyak bisa jadi disebabkan karena bagian dalam kulit yang kering akibat kurang kelembaban. Jika bagian dalam kulit terlalu kering, maka kulit akan memproduksi sebum secara berlebih untuk mengimbanginya. Maka dari itu, sangat penting untuk memilih foundation yang mengandung pelembab.

Pada umumnya, foundation cair dan krim akan meninggalkan minyak, sehingga memiliki kemampuan pelembab yang tinggi. Tetapi, foundation dalam bentuk bedak memiliki kemampuan menyerap yang umumnya dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Maka dari itu, pastikan kamu memilih foundation bedak dengan kandungan pelembab tinggi.

Melindungi dari Sinar Matahari

Tips Memilih Foundation

Area wajah seperti dahi yang mudah berjerawat dan tulang hidung yang menonjol merupakan bagian yang rentan terhadap sinar UV. Sinar UV dapat merusak lapisan pelindung kulit dan merupakan salah satu faktor yang menyebabkan kulit menjadi kering serta memicu produksi sebum yang berlebih. Karena itulah, maka pilih foundation yang mampu melindungi kulit dari paparan sinar UV pada siang hari.

Ketika kamu menggunakan foundation yang biasa, maka kulit tetap dapat terlindungi tetapi hanya sampai batas tertentu saja. Karena itulah, sebaiknya kamu memilih foundation dengan kandungan penolak UV yang tinggi.

Pilihlah foundation dengan formula SPF 10 hingga SPF 20 apabila kamu sering beraktivitas diluar ruangan dalam waktu yang tidak terlalau lama, jika dalam waktu yang lama maka gunakan foundation dengan kandungan SPF 30. Selain itu, ketika kamu pergi ke suatu tempat dengan paparan sinar matahari yang kuat, sebaiknya kamu memilih foundation dengan nilai PA yang tinggi.

Setelah kamu mengetahui Tips Memilih Foundation, maka berikut ini rekomendasi foundation terbaik untuk kulit kombinasi! Yuk simak ulasannya.

Fit Me Matte + Poreless Foundation

Maybelline sudah banyak dikenal oleh orang Indonesia dan produknya mudah didapatkan di toko online maupun gerai resminya. Produknya yang satu ini disebut-sebut perfect foundation fit, karena mampu menyeimbangkan skin tone sekaligus tekstur kulit kombinasi yang umumnya kurang merata.

Selain itu, formula micro powders-nya akan menyerap sebum yang berlebih pada bagian wajah yang berminyak. Fit Me Matte + Poreless Foundation yang dijual mula dari Rp 139.100,00 ini sudah teruji aman bagi kulit kombinasi yang mudah alergi.

ColorStay Makeup for Combination/Oily Skin SPF 15

Apakah kamu sedang mencari foundation yang benar-benar dikhususkan untuk kulit kombinasi? Maka kamu bisa mencoba produk dari Revlon yang dibuat khusus untuk kulit kombinasi ini. ColorStay Makeup for Combination/Oily Skin SPF 15 yang dilengkapi dengan time relase technology ini akan mengontrol sebum, terutama pada bagian wajah yang sering berminyak.

Selain itu, teknologi SoftFlex nya akan membantu riasanmu tetap fresh hingga 24 jam tanpa perlu retouch dengan hasil yang fawles matte. Hadir dengan harga yang cukup terjangkau mulai dari Rp Rp 145.000,00 , ditambah perlindungan UV menjadikan Revlon Colorstay Makeup sebagai foundation harian yang bisa kamu coba.

UV Foundation EX PLUS

Foundation yang dijual mulai dari Rp 132.000,00 ini memiliki kandungan super hyaluronic acid yang mampu mencegah kulit kering sekaligus tidak menyebabkan berminyak, sehingga sangat cocok untuk kulit kombinasi.

Cezanne UV Foundation EX PLUS ini terkenal di Jepang karena disebut sebagai salah satu foundation berkualitas tinggi. Merek yang pernah mendapatkan Best Cosmetic Award Japan ini menawarkan beberapa keuggulan diantaranya daya coverage yang moderat, tahan lama, natural finish super mulus, tinggi pelembab, serta tabir surya yang ideal.

IT Cosmetics Your Skin But Better CC+ Cream with SPF 50+

Jika kamu sedang mencari foundation yang ringan tetapi memiliki daya coverage tinggi, maka kamu bisa mencoba IT Cosmetics Your Skin But Better CC+ Cream with SPF 50+ ini. Pasalnya CC Cream yang juga berfungsi sebagai full coverage ini mendapatkan penghargaan produk terbaik karena memiliki fungsi 7 in 1.

Kekurangan kulit kombinasi seperti tekstur kulit yang tidak merata dapat diatasi dengan fitur concelar sekaligus corrector-nya, kandungan pelembab tertinggi beserta vitamin-nya akan menjaga kesehatan kulit, dan penuaan dini dapat dicegah dengan kandungan antioksidannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *