Tips Mengatasi Baju Luntur

Tips Mengatasi Baju Luntur Dengan Mudah Secara Efektif

Tips Mengatasi Baju Luntur

Lifestyle – Tips Mengatasi Baju Luntur – Baju, atau sprai dan pakaianbaik dan lainnya yang baru saja kamu beli, sebaiknya dicuci secara terpisah dengan baju lama dan pakaian yang lainnya. Hal tersebut dikarenakan ketika pertama kali dicuci, warna baju atau pakaian batik tersebut akan luntur dan dapat merusak warna baju lama dan pakaian lainnya.

Tentunya, kamu harus menggunakan prosedur yang sudah ditentukan dan biasanya prosedur tersebut tercantum pada label pakaian. Dan pada label tersebut biasanya akan tercantum suhu air yang dapat digunakan untuk mencuci pakaian, dicuci menggunakan tangan atau boleh menggunakan mesin cuci ataupun suhu ketika disetrika dan lain sebagainya.

Jika kamu kurang berhati-hati dan kurang teliti dalam mengelompokan bahan, warna dan cara pencucian pakaian tersebut, tentunya  kamu akan kecewa jika baju kesayanganmu tersebut kelunturan. Tetapi, sekalipun hal tersebut terjadi, kamu jangan langsung membuang baju tersebut atau menjadikannya sebagai kain lap.

Kelunturan memanglah sebuah ‘kecelakaan’ yang biasanya sering terjadi ketika mencuci pakaian. Tetapi, kamu tidak perlu khawatir pasalnya terdapat beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi baju kelunturan dengan mudah seperti berikut ini.

Tips Mengatasi Baju Luntur Secara Efektif

Memanfaatkan Baking Soda

Tips yang pertama adalah memanfaatkan baking soda. Tak hanya untuk campuran bahan pembuatan kue saja, tetapi juga dapat digunakan untuk hal lainnya. Sama halnya seperti perawatan kecantikan, menghilangkan noda kuning pada gigi dan juga pada piring. Tetapi masih ada satu manfaat lagi dari baking soda, yaitu untuk mengatasi baju kelunturan.

Cara mengatasinya dengan baking soda adalah dengan mencampurkannya dengan sabun cuci baju didalam wadah yang bersih. Selanjutnya, oleskan campuran tersebut pada bagian baju yang kelunturan dan rendam dalam air hangat selama 30 menit. Setelah itu, kucek baju hingga noda luntur dan hilang, jika sudah lalu bilas hingga bersih.

Vetsin dan Sabun Cuci Pakaian

Tips mengatasi baju luntur selanjutnya adalah dengan memanfaatkan bahan penyedap rasa, yaitu vetsin atau micin. Vetsin sendiri fungsinya adalah untuk membuat masakan terasa lezat dan gurih, tetapi versin juga dapat digunakan untuk mengatasi noda luntur pada pakaian.

Yang hanya perlu kamu siapkan adalah ember bersih yang telah di isi dengan air hangat. Lalu masukan vetsin dan sabun cuci pakaian dengan takaran sabun cuci pakaian lebih sedikit dari pada vetsin dan aduk hingga rata.

Setelah itu masukan pakaian yang kelunturan tadi dan diamkan selama 30 menit atau sesuaikan dengan tingkat kelunturannya. Setelah itu, cuci pakaian tersebut seperti biasa dan usahakan menggunakan sabun cuci pakaian anti noda, kemudian bilas hingga bersih dengan air dingin.

Belimbing Wuluh

Buah yang memiliki rasa asam ini tak hanya enak dijadikan sebagai campuran bumbu masakan saja, tetapi juga bisa digunakan untuk mengatasi luntur pada pakaian. Cara menggunakannya, kamu perlu mencari belimbing wuluh yang segar, lalu cuci bersih dan potong menjadi dua. Setelah itu, usapkan bagian potongan yang basah pada noda luntur dan diamkan selama 30 menit. Setelah didiamkan selama 30 menit, lalu cuci seperti biasa menggunakan sabun cuci pakaian anti noda, kemudian bilas hingga bersih.

Cuka Dapur

Tips selanjutnya dalam mengatasi baju luntur adalah dengan menggunakan barang dari dapur seperti cuka. Biasanya, cuka digunakan untuk membuat acar, atau sebagai penambah rasa ketika menyantap bakso, asinan dan makanan lainnya. Selain itu, cuka juga berguna dalam menghilangkan amis pada ikan dan ayam yang hendak diolah menjadi masakan.

Selain itu, ternyata juga cuka bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan noda luntur pada pakaian. Caranya adalah dengan mengoleskannya secukupnya pada bagian baju yang terkena noda luntur. Lalu diamkan beberapa saat dan bilas dengan air bersih. Kemudian jangan lupa cuci baju seperti biasanya.

Jeruk Nipis

Selain memiliki bergam manfaat sebagai campuran makanan atau diolah menjadi minuman. Jeruk yang mungil ini juga bisa kamu manfaatkan untuk membersihkan noda dan masih banyak lagi lainnya, termasuk noda luntur pada pakaian.

Caranya adalah, ambil terlebih dahulu beberpa buah jeruk nipis, lalu potong menjadi dua bagian. Setelah itu, gosokan jeruk nipis tersebut pada noda luntur pakaian dan jika sudah kemudian bilas dngan air bersih. Setelah itu, cuci pakaian hingga bersih.

Nah, itulah tips mengatasi baju luntur yang bisa kamu coba. Beberapa cara diatas, biasanya akan langsung berhasil dilakukan pada pakaian yang baru saja terkena luntur. Sedangkan pakaian yang sudah terlalu lama terkena luntur, biasanya membutuhkan waktu yang ekstra untuk mendapatkan hasil yang di inginkan.

Sedangkan untuk pakaian berwarna putih, biasanya bisa langsung menggunakan pemutih pakaian atau kamu juga bisa menggunakan Vanish Penghilang noda membandel yang bisa kamu dapatkan di toko online ataupun MatahariMall.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *