May 30, 2024

penyebab jerawat diwajah

Lifestyle – Memiliki kulit yang bersih dan bercahaya adalah dambaan setiap orang. Inilah sebabnya mengapa hanya sedikit orang yang rela menghabiskan banyak uang untuk mendapatkan kulit impian mereka.

Salah satu cara yang dianggap sangat efektif untuk mendapatkan jenis kulit ini adalah dengan merawat kulit wajah menggunakan skin care. Ini adalah salah satu cara yang bisa dilakukan siapa saja. Namun meski begitu, tahukah Anda bahwa banyak orang yang memiliki masalah kulit, terutama kulit wajah.

Salah satunya adalah kulit kusam. Kulit kusam umumnya didefinisikan sebagai kulit gelap dan tidak rata yang membuatnya terlihat kurang bercahaya. Dapatkah Anda membayangkannya? Jenis kulit ini kemungkinan besar terjadi ketika kita mulai tidak merawat kulit kita. Oleh karena itu, kita harus selalu merawat kulit kita.

Apa penyebab kulit kusam?

Tahukah Anda bahwa banyak hal yang dapat membuat kulit kita menjadi tidak sehat. Salah satu jenis kulit yang tidak sehat adalah kulit kusam. Apa penyebabnya? Berikut beberapa penyebab kulit wajah terlihat kusam.

1. Kekurangan nutrisi dan air

Tak hanya butuh masukan dari luar berupa skincare, kulit juga butuh masukan dari dalam berupa makanan sehat seperti sayur dan buah serta air putih yang cukup. Saat Anda banyak mengonsumsi air putih dan juga makan buah-buahan dan sayuran, kulit Anda akan lebih bercahaya.

2. Kurang tidur

Perlu diingat bahwa kesehatan kulit bukan hanya tentang satu hal. Kebiasaan tidur juga sangat mempengaruhinya. Orang dewasa dianjurkan untuk tidur 7-8 jam sehari. Dan untuk memiliki kulit yang sehat, dianjurkan untuk tidur sebelum jam 11 malam. karena kulit akan beregenerasi antara jam 11 pagi sampai 3 pagi.

3. Polusi dan paparan sinar matahari

Jelas berbahaya, polusi dan sinar matahari berpotensi membuat kulit tampak kusam. Sebisa mungkin hindari dua hal ini dan jangan lupa untuk menggunakan pelindung kulit berupa produk perawatan kulit.

4. Tidak Mengeksfoliasi

Hal berikutnya yang menyebabkan kulit kusam bukanlah pengelupasan. Pengelupasan kulit adalah proses pengangkatan sel kulit mati yang dapat menyebabkan kulit tampak kusam. Sangat disarankan untuk melakukan eksfoliasi ini secara rutin seminggu sekali.

5. Penggunaan produk make-up

Penggunaan makeup yang terus menerus juga bisa membuat kulit terlihat kusam. Selain karena produk makeup yang kurang cocok untuk kulit, penggunaan makeup ini juga sering membuat kulit kusam jika tidak dibersihkan dengan bersih. Untuk ini, disarankan untuk melakukan pembersihan ganda.

Bagaimana memilih perawatan yang baik untuk kulit kusam?

Memiliki kulit kusam adalah hal yang sangat menyebalkan. Jadi jangan biarkan kulit kusam merusak harimu. Coba gunakan perawatan khusus untuk kulit kusam. Cara memilih produk yang baik dan bagus, simak ulasan berikut ini.

1. Perhatikan bahan perawatan kulit

Untuk kulit kusam, pastikan skin care mengandung bahan-bahan alami yang dapat mencerahkan dan melembabkan kulit agar tampak lebih bercahaya. Kandungan tersebut bisa berupa rumput laut, teh hijau, niacinamide, vitamin C dan masih banyak lagi.

2. Gunakan pencuci muka dengan tekstur cambuk atau busa

Untuk facial wash, pilihlah produk yang memiliki tekstur whipping atau foaming. Dikenal untuk membersihkan kotoran, minyak, dan sisa makeup yang berpotensi membuat kulit kusam.

3. Gunakan Toner: Toner Pelembab

Selanjutnya, pilih toner yang melembapkan. Toner akan membantu menghidrasi kulit sehingga menjadi lebih lembab dan bercahaya.

4. Gunakan Masker Dengan Rajin: Masker Lembar

Kemudian gunakan masker jenis sheet mask dengan rajin. Masker dapat melembapkan kulit dengan baik sehingga kulit kusam hilang dan kulit tampak lebih cerah.

5. Gunakan pelembab yang creamy

Terakhir, sebaiknya gunakan krim pagi dan malam dengan tekstur krim. Dan jika ingin keluar rumah, pastikan menggunakan krim yang mengandung SPF. Ini akan sangat membantu kulit Anda tetap bercahaya setiap hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *