Tips Menghilangkan Whitehead Menggunakan Bahan Alami, Cepat dan Ampuh

Tips Menghilangkan Whitehead

Lifestyle – Tips Menghilangkan Whitehead – Komedo putih atau whiteheads ini terbentuk ketika sel-sel kulit mati, sebum serta kotoran menyumbat di pori-pori. Berbeda dengan komedo biasa yang dapat didorong keluar, whitehead berada di dalam pori-pori. Hal ini dapat membuat perawatannya menjadi sedikit lebih menantang. Namun, terdapat beberapa tips menghilangkan whitehead ini dan cukup hanya dengan memanfaatkan bahan alami dari rumah.

Perlu di ingat, bahwa sangat tidak disarankan untuk mengangkat komedo menggunakan tangan. Karena menyentuh wajah langsung tak hanya dapat mengundang banyak kotoran, minyak dan bakteri, tetapi juga dapat menyebabkan iritas. Didalam beberpaa kasus malah dapat menyebbakan iritasi dan jaringan parut permanen.

Nah berikut ini beberapa bahan-bahan alami yang dapat kamu gunakan untuk mengangkat whitehead yang telah kami rangkum.

Tips Menghilangkan Whitehead

Tea Tree Oil

Minyak dari pohon teh disebut-sebut sebagai anti inflamasi alami serta memiliki manfaat antimikroba. Efek ini berarti minyak pohon teh dapat membantu membersihkan komedo di wajah.

Untuk cara menggunakannya, kamu bisa langsung menerapkannya dengan cara menepuknya langsung ke area wajah. Dalam menghilangkan komedo, kamu juga perlu memilih produk perawatan kulit yang mengandung bahan tea tree oil, seperti pembersih, masker dan pelembab.

Lidah Buaya

Tentunya kamu sudah pasti familiar akan manfaat dari lidah buaya yang banyak digunakan pada produk perawatan wajah dan rambut. Sama halnya dengan tea tree oil, lidah buaya juga tersedia sebagai ekstrak atau dalam produk perawatan kulit yang dijual di banyak toko.

Kamu bisa mengoleskan lendirnya ke wajah dan tunggulah beberapa menit hingga lidah buaya meresap di kulit, lalu bilas menggunakan air bersih yang mengalir.

Scrub Kayu Manis dan Oatmeal

Kayu manis biasanya digunakan sebagai tambahan penyedap, tetapi kayu manis juga memiliki khasiat untuk wajah. Selain itu, oatmeal yang biasa disantap untuk sarapan bisa kamu gunakan sebagai scrub yang bisa membantu menghilangkan komedo dan sel kulit mati.

Caranya adalah, pertama campurkan 1-2 sendok teh oatmeal dan bubuk kayu manis. Lalu, lumerkan dengan sedikit air hangat dan aduk hingga berbentuk pasta atau dengan tekstur menyerupai lulur mandi. Setelah itu, usapkan pada area wajah yang berkomedo.

Perasan Lemon dan Air

Tips Menghilangkan Whitehead

Meminum perasan lemon memanglah saat nikmat ketika cuaca sedang panas-panasnya. Nah, sebelum membuat minuman lemon dan melarutkannya dengna gula, ambil sedikit perasan sarinya kurang lebih 1 sendok makan saja, lalu tuang kedalam wadah kecil.

Setelah itu, campurkan dengan satu sendok makan dan tuangkan dalam wadah kecil. Campurkan dengan 1 sendok makan air, dan sejumput garam dan aduk secara perlahan. Selanjutnya, usapkan dengan lembut pada area yang memiliki jerawat dan komedo.

Putih Telur Kocok

Jika kamu mengambil bagian kuning telurnya saja untuk membuat kue atau menu pastry, jangan langsung membuang bagian putih telurnya. Pasalnya, kuning telur masih bisa kamu manfaatkan untuk membantu menghilangkan komedo dan mengangkat kotoran pada wajah.

Ambil 1-2 sendok makan putih telur, lalu kocok hingga lembut dan muncul busa. Setelah itu, kamu dapat mengusapkannya pada area wajah dan jangan lupa bilas dengan air dingin hingga bersih.

Air Mawar dan Jus Lemon

Air mawar sering dijadikan sebagai bahan campuran untuk peeling dan masker wajah. Nah, selain untuk masker wajah dan peeling, kamu juga bisa memanfaatkan air mawar dan sedikit jus lemon untuk dijadikan racikan penghilang komedo buatan sendiri. Caranya adalah, tuang sedikit diatas kapas dan tepuk-tepuk dengan lembut pada area wajah. Lakukan cara ini agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Scrub Madu dan Gula

Menghilangkan komedo juga bisa memanfaatkan bahan-bahan yang ada didapurmu, seperti madu dan gula. Tak perlu banyak-banyak, cukup siapkan satu sendik makan gula dan satu sendok makan madu, lalu tuang dalam wadah dan campurkan dengan satu sendok makan air hangat.

Jika tidak ada air hangat, kamu bisa menggantinya dengna perasan air lemon. Setelah itu, aduklah hingga merata hingga butiran-butiran gula menyatu dengan madu dan air hangat atau perasan lemon. Lalu, aplikasikan scrub pada area hidung, pipi, dan bagian wajah lain yang memiliki banyak komedo. Butiran-butiran kasar gula akan membantu mengangkat kotoran, sementara madu akan membantu melembutkan kulit wajah.

Sari Kentang

Siapa sangaka jika kentang goreng yang sering kita konsumsi, ternyata dapat membantu menghilangkan komedo. Caranya juga mudah, cukup siapkan satu buah kentang dn parut hingga halus. Setelah itu, peras dan dapatkan sarinya. Jika ingin sarinya lebih banyak, maka tambahkan dengan sedikit air hangat dan oleskan dengan bantuan kapas atau dapat dengan diusap-usap dengan lembut. Setelah selesai, lalu bilas hingga bersih.

Tomat Segar

Tips alami selanjutnya dalam mengatasi permasalahan komedo adalah dengan memanfaatkan tomat. Kamu bisa memanfaatkan khasiat tomat untuk membantu mengusir komedo. Caranya adalah ambil sedikit buah tomat, potong menjadi dua bagian lalu ambil lagi dan potong menjadi lebih kecil. Setelah itu ambil potongan tersebut dan usapkan ke seluruh permukaan wajah.

Baking Soda

Selain bisa digunakan untuk mengurangi bau yang tak sedap dan bahan untuk mencapur makanan, . Ternyata baking soda juga bisa digunakan untuk menghilangkan komedo. Caranya campurkan satu sendok makan baking soda dengan air hangat dan aduk hingga merata.

Setelah itu oleskan pada area hidung dan sekitaran pipi. Lalu diamkan selama beberapa menit, dan bilas perlahan dengan air bersih. Untuk hasil yang maksimal, maka kamu bisa melakukannya setiap dua minggu sekali.

Menggunakan Kulit Jeruk

Setelah kamu mengkonsumsi buah jeruk, lebih baik kulitnya jangan dibuang. Kamu bisa memanfaatkannya untuk mengatasi whitehead yang terdapat di kulitmu. Hal tersebut dikarenakan kulit jeruk mengandung asam alpha hidroksi yang dapat menyingkirkan sel-sel kulit mati yang menyumbat di pori-pori sekaligus memperbaharui kulit, sehingga whitehead akan semakin cepat hilang.

Tertarik mencobanya? Berikut tips nya:

Pertama keringkan kulit jeruk terlebih dahulu dibawah terik sinar matahari. Setelah kering, lalu tumbuk hingga halus dan campurkan dengan air bersih, aduk hingga merata. Setelah itu, oleskan masker kulit jeruk ke area kulit yang mengalami whitehead. Jika sudah diamkan selama 30 menit dan cuci dengan air bersih lalu keringkan segera. Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa menggunakannya sekali sehari secara rutin.

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: