6 Tips Tuntaskan Kulit Kering Bersisik dan Keriput!

Jika Anda ingin memiliki kulit yang halus dan bercahaya, masalah kulit kering yang bersisik dan keriput dapat menjadi hambatan. Penyebab kulit kering dan bersisik dapat disebabkan oleh over-exfoliating dan pemilihan cleanser yang tidak sesuai dengan jenis kulit Anda. Untuk mengatasi masalah kulit kering yang bersisik dan keriput, penting untuk mengenali penyebab masalah tersebut dan segera mengaplikasikan perawatan yang tepat untuk menghidrasi kulit. Berikut adalah beberapa cara untuk memperbaiki kulit kering beserta rekomendasi produk skincare yang sesuai.

Penyebab Kulit Wajah Kering Bersisik dan Keriput

Penyebab utama kulit wajah kering adalah berkurangnya minyak alami yang membantu menjaga hidrasi kulit. Faktor lainnya yang dapat menyebabkan kulit kering termasuk faktor genetika, pemakaian cleanser yang keras, kondisi cuaca, dan over-exfoliating. Jenis kulit kering ditandai dengan rasa kulit yang kering, tekstur yang bersisik dan kasar.

Keriput terjadi sebagai hasil dari penurunan elastisitas dan kekuatan kulit yang alami seiring bertambahnya usia. Berkurangnya produksi sebum alami dapat menyebabkan kulit kering dan lebih keriput karena kurangnya lemak di lapisan bawah kulit. Ini menyebabkan kulit menjadi kendur dan menampakkan garis-garis halus.

Cara Jitu Atasi Kulit Kering Bersisik dan Keriput

Bedakan Apakah Kulitmu Dehidrasi atau Kering

Kulit kering merupakan jenis kulit, sementara kulit dehidrasi merupakan kondisi kulit. Kulit kering terjadi karena kekurangan minyak alami, faktor genetika, dan ditandai dengan kulit bersisik dan kasar. Sedangkan kulit dehidrasi terjadi karena kekurangan air, ditandai dengan kulit yang terlihat kusam dan terasa kencang. Penting untuk menghidrasi kulit secara teratur untuk menjaga kesehatan kulit dan menghindari tekstur kulit kasar dan kerutan yang tampak nyata.

Hindari Eksfoliasi secara Berlebihan

Jangan terlalu sering menggunakan exfoliator fisik atau kimia dalam rutinitas skincare mingguan. Meskipun Anda mungkin berpikir bahwa eksfoliasi yang sering akan memperbaiki penampilan kulit kering yang bersisik dan keriput, namun sebenarnya hal tersebut dapat merusak barrier kulit dan menyebabkan kulit kering dan iritasi.

Eksfoliasi yang dilakukan secara berlebihan dapat menyebabkan peradangan kulit dan masalah kulit lainnya, termasuk kulit kering yang semakin parah. Namun, eksfoliasi tetap penting untuk dilakukan untuk menghilangkan sel-sel kulit mati di permukaan kulit dan memastikan bahwa produk skincare dapat meresap dengan baik. Sebaiknya melakukan eksfoliasi 2-3 kali seminggu atau sesuai dengan petunjuk pemakaian produk. Pilih physical exfoliator yang lembut dan untuk chemical exfoliator, pilih jenis asam dengan konsentrasi rendah yang aman untuk kulit.

Gunakan Pembersih Wajah Bebas Sulfat

Untuk mengatasi kulit kering, sebaiknya menggunakan pembersih wajah yang lembut yang tidak mengandung sulfat, seperti natrium lauril sulfat, natrium laureth sulfat, atau ammonium laureth sulfat. Sulfat adalah bahan pembersih yang dapat menghilangkan minyak dari kulit dan terlalu keras, sehingga kulit kehilangan sebum alami dan air. Menghilangkan terlalu banyak minyak saat membersihkan wajah dapat merusak barrier kulit dan menyebabkan kulit lebih rentan terhadap kerusakan akibat paparan sinar UV dan polusi. Setelah membersihkan wajah, segera aplikasikan moisturizer untuk mengunci kelembapan kulit.

Lanjutkan dengan Produk Skincare yang Menghidrasi

Setelah membersihkan wajah, penting untuk segera menyeimbangkan pH kulit dan melembapkan kulit dengan menggunakan produk-produk skincare yang mengandung hidratasi dan bebas alkohol. Aplikasikan produk-produk skincare ini saat kulit masih lembap. Mulai dengan toner, serum, dan pelembap untuk mengunci kelembapan kulit. Jika kulit kering Anda mengalami pengelupasan, pilih toner yang mengandung bahan-bahan yang menenangkan, seperti aloe vera dan rosewater.

Aplikasikan Hydrating Oil Serum

Untuk memilih produk skincare yang efektif untuk kulit kering yang bersisik dan keriput, penting untuk memilih produk yang dapat membantu memperbaiki barrier kulit. Produk yang berbasis minyak dapat membantu menyeimbangkan produksi sebum dan melembapkan kulit. Namun, pastikan untuk memilih produk minyak yang murni dan tidak mengandung kontaminan agar tidak menyumbat pori-pori.

Selalu Oleskan Sunscreen Setiap Hari

Kulit kering dapat merusak barrier kulit dan menyebabkan kelembapan kulit semakin berkurang. Ini dapat menyebabkan lapisan kulit terlihat kering dan bersisik. Jika tidak diatasi, kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan pada kolagen dan elastin, yang akan menyebabkan garis-garis halus dan kerutan. Salah satu cara untuk melindungi kulit dari kerusakan ini adalah dengan mengenakan sunscreen setiap hari untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Ingat bahwa sinar UV masih dapat menembus jendela, jadi bahkan jika Anda berada di dalam ruangan sepanjang hari, masih penting untuk melindungi kulit dengan sunscreen.

Kulit kering, bersisik dan keriput adalah masalah yang perlu perhatian. Menjaga kesehatan kulit dengan melakukan perawatan alami dengan produk sabun cuci muka yang cocok untuk kulit kering adalah cara yang efektif. Namun, jika masalah kulit kering yang dialami lebih parah, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan saran dan bantuan yang tepat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *