Akibat Salah Pakai Skincare

Cara Mengatasi Gejala Alergi Akibat Salah Pakai Skincare

Lifestyle – Alergi Akibat Salah Pakai Skincare – Tentunya, kamu memakai skincare pasti ada tujuannya, bukan hanya sekedar mengikuti trend saja. Umumnya, kebanyakan orang menggunakan skincare agar kulit menjadi lebih sehat dan awet muda. Tetapi, skincare itu sebenarnya cocok-cocokan dengan kulit, bagus di kulit temanmu belum tentu bagus untuk kamu sendiri. Bahkan bisa saja, kamu mengalami alergi karena salah menggunakan skincare. Dan biasanya, seseorang alergi karena formulanya tidak cocok di kulit atau sudah kadaluarsa. Alhasil, kulit menjadi gatal-gatal dan iritasi.

Cara Mengatasi Gejala Alergi Akibat Salah Pakai Skincare

Dikutip dari web MD, seorang dermatologis bersertifikasi bernama Debra Jalliman, MD menjelaskan jika produk kecantikan bisa menimbulkan masalah mulai dari ruam yang sederhana, hingga reaksi alergi yang menyeluruh. Gejala ini bisa saja muncul setelah kamu menggunakna produk baru, atau setelah bertahun-tahun menggunakan produk tanpa timbulnya masalah.

Jaliman juga menambahkan, terdapat dua jenis reaksi kulit terhadap produk kecantikan. Satu yang disebu dermatitis kontak iritan yang dapat terjadi ketika sesuatu benar-benar dapat merusak kulit. Bisa saja kulit mungkin seperti terbakar, gatal, menyengat atau menjadi merah ketika kamu menggunakan produk skincare tersebut. Selain itu, mungkin juga kamu akan mengalami lecet dan mengeluarkan cairan, terutama jika menggaruk area tersebut.

Reaksi yang kedua dapat melibatkan sistem kekebalan tubuh, ini disebu kontak alergi dan gejalanya mencakup kemerahan, pembengkakan, gatal dan gatal-gatal. Kamu dapat mengalami reaksi alergi pada bagian tubuh, meskipun itu sering kali terjadi pada wajah, mata, bibir, telinga dan leher.

Menurut Jaliman, akan sedikit sulit membedakan kedua jenis reaksi, bahkan kamu dapat memiliki reaksi yang merupakan kondisi dari keduanya. Jaliman juga mengatakan, untuk produk kecantikan yang memiliki asam alfa hidroksi dapat menyebabkan masalah bagi beberapa orang. Seperti kemerahan, pembengkakan, lepuh dan gatal-gatal, terutama dengan produk yang memiliki tingkat AHA diatas 10%.

Selain itu, krim adan serum keriput retin A juga dapat menyebabkan dermatitis kontak iritan pada beberpaa orang. Dan beberapa orang juga ada yang sensitif dengan tabir surya, biasanya mereka akan mengalami reaksi tipe dermatitis pada hampir semua produk perlindungan matahari.

Tips Mengatasi Alergi Akibat Skincare

Nah, untuk mencegah alergi maka kamu perlu mencari tahu terlebih dahulu mengenai informasi kandungan dalam produk tersebut sebelum membeli dan menggunakan produk tersebut. Pasalnya, kandungan seperti paraben, phthalate, quaternium-15 dan zat alergen lainnya perlu kamu hindari.

Lalu kamu juga bisa cek review dari para pengguna produk terserbut yang memiliki jenis kulit yang sama. Selain itu, sebelum kamu menggunakan skincare tertentu, maka cobalah lakukan uji sensitifitas prduk pada kulit dengan cara mengoleskannya ke kulit tangan terlebih dahulu. Apabila beberapa saat kemudian muncul kemerahan dan terasa gatal, kemungkinan kamu kurang cocok dengan produk tersebut.

Jika kamu mengalami alergi akibat salah menggunakan skincare, nah berikut ini terdapat beberapa cara untuk mengatasinya. Berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan.

Mencari tahu produk apa yang menyebabkan alergi

Jika kamu alergi skincare, biasanya tubuh akan merasakan gatal, muncul kemerahan hingga bintik bintik jerawat yang biasa disebut dengan breakout. Kamu dapat dengan mudah mengetahui produk mana yang dapat menyebabkan alergi jika memakai satu produk baru. Hal ini akan berbeda jika kamu memakai lebih dari satu produk skincare dalam satu waktu.Nah, jika sudah ketemu produk skincare yang menyebabkan alergi maka segeralah hentikan pemakaiannya dan kemudian lakukan pengobatan berikutnya. Gunakan sabun cuci muka bebas aroma dan air untuk menghilangkan sisa produk yang menempel di wajah.

Hindari penggunaan kosmetik yang berat

Untuk sementara waktu, maka cobalah untuk mengurangi atau jangan dulu menggunakan kosmetik seperti foundation atau semacamnya. Cobalah untuk memakai skincare rutin seperti pelembab dan sunscreen.

Pastikan kelembaban kulit

Jagalah kelembaban di area kulit yang mengalami iritasi dan kamu bisa menggunakan krim hypoallergenic yang biasanya mengandung minyak yang dapat membuat kulit menjadi lebih halus. Selain itu, kelembaban kulit bisa juga kamu pertahankan dengan memakai lotion. Ketika kamu alergi karena salah menggunakan skincare, maka cobalah gunakan lotion yang dapat menenangkan seperti caladine.

Sedangkan jika kulit melepuh, maka gunakan lotion antiseptik dan jika gangguan kulit disertai dengan rasa gatal dan bengkak, maka sangat disarankan untuk memakai krim hidrokortison yang dijual bebas dan minum tablet antihistamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *