Apa Fungsi AHA? Bermanfaat Bagi Kecantikan?

Tips Mengetahui Skincare

Lifestyle – Fungsi AHA – AHA adalah salah satu zat asam yang bisa didapatkan secara alami dari beberapa jenis buah-buahan, yang biasanya juga banyak terkandung dalam produk kecantikan dan juga untuk kesehatan kulit. AHA sendiri merupakan singkatan dari alpha hydroxy acids atau yang biasa kita sebut dengan alpha hydroxy acids. AHA sendiri diketahui dapat ditemukan secara alami dalam berbagai buah-buahan seperti:

  • Jeruk
  • Anggur
  • Apel
  • Tebu

Dan banyak lagi buah yang mengandung asam

Banyak penelitian mengungkapkan bahwa senyawa AHA ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk kecantikan, terutama kecantikan kulit. Oleh karena itu, saat ini AHA digunakan sebagai ekstrak yang terkandung dalam berbagai jenis produk kecantikan yang sering kita jumpai di pasaran. Hampir semua produk kecantikan, terutama yang berkaitan dengan kecantikan kulit, mengandung AHA.

Fungsi AHA

Nah, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, AHA sendiri memiliki banyak manfaat dan fungsi untuk kulit kita. apa saja fungsi AHA untuk kulit Berikut beberapa fungsi AHA untuk kulit :

  • Anti-penuaan dan mengurangi penuaan
  • membantu menjelaskan garis halus dan kerutan pada kulit
  • Mengurangi penyusutan pori-pori kulit
  • Mencerahkan kulit
  • Menyembunyikan munculnya bintik hitam pada kulit
  • membantu mempercepat proses pengelupasan kulit
  • Kulit lembut
  • Mengencangkan kulit
  • Dapat membantu mengurangi bekas jerawat.

Dari semua manfaat AHA, wajar saja jika kandungan AHA ini banyak ditemukan di produk kosmetik di pasaran. Terutama produk dengan label kecantikan dan kesehatan kulit.

Bagaimana cara kerja AHA?

Padahal, fungsi AHA sebagai bahan utama dalam berbagai jenis produk kecantikan dan kesehatan kulit tidak lepas dari fungsi bahan AHA itu sendiri. Ya, secara alami, AHA bekerja untuk kulit dengan membantu melepaskan sel-sel kulit mati yang ada di tubuh kita. Kemudian menampilkan kulit yang sehat dan glowing, sehingga banyak digunakan bagi mereka yang ingin tampil cantik dengan kulitnya.

Kemampuan AHA inilah yang kemudian menjadi primadona untuk berbagai teknik perawatan kecantikan dan juga untuk kesehatan kulit. Namun, penting untuk memperhatikan kandungan AHA dari produk kecantikan yang Anda gunakan. Gunakan saja produk kecantikan dan kesehatan kulit yang hanya mengandung 5-10% AHA. Jika Anda membutuhkan produk kecantikan yang mengandung lebih dari 10% AHA, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter terpercaya Anda.

Efek Samping

Mengapa ada AHA dalam kosmetik dan produk kecantikan dan perawatan kulit? Jawabannya adalah AHA sendiri memiliki efek samping yang bisa timbul dari penggunaannya.

Efek samping dari penggunaan AHA dapat terjadi ketika penggunaan AHA mencapai lebih dari 10% pada kosmetik dan produk perawatan kulit, serta dapat menimbulkan efek samping pada kulit sensitif dan alergi terhadap zat tersebut. Ada beberapa kemungkinan efek samping, seperti:

Iritasi

Efek samping yang dapat terjadi dengan penggunaan AHA ini adalah kemungkinan terjadinya iritasi kulit. Iritasi ini akan menyebabkan kulit gatal; – gatal, perih, hingga munculnya ruam dan bintik-bintik pada kulit. Ini lebih sering terjadi pada orang dengan kulit sensitif dan mungkin memiliki alergi asam, yang dapat menyebabkan iritasi kulit yang sangat gatal.

Kulit Menjadi Lebih Sensitif

Ternyata kandungan AHA pada kosmetik dan produk perawatan kulit membuat penggunanya lebih sensitif terhadap sinar UV. Dengan demikian, dengan menjaga kulit tetap terlindungi dari paparan sinar UV, kulit pengguna akan menjadi lebih rentan terhadap bahaya yang membahayakan kulit.

Rentan Terbakar Sinar Matahari

Ini adalah efek samping dari AHA terus menerus dari kulit menjadi lebih sensitif. Kulit akan menjadi lebih rentan terbakar sinar matahari akibat sinar UV, yang tentunya akan mengurangi keindahan kulit Anda. Untuk menghindarinya, disarankan untuk menggunakan tabir surya saat menggunakan produk kesehatan yang mengandung AHA, agar kulit Anda tidak sensitif terhadap sinar UV. Kondisi ini akan mencegah munculnya gangguan kulit, seperti terbakar sinar matahari akibat sinar UV.

Jika ternyata Anda mengalami iritasi dan gangguan kulit yang semakin parah saat menggunakan produk yang mengandung AHA, maka ada baiknya untuk segera berkonsultasi dengan dokter terpercaya Anda. Berhenti menggunakan produk sampai ada penjelasan medis untuk masalah kulit Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.