Perbedaan Whitening dan Lihgtening

https://evamuliaclinic.com/menggunakan-pembersih-scrub-untuk-wajah-jerawat/

Lifestyle-people.com – Dengan berkembangnya zaman, istilah pemutih kulit pun semakin beragam. Ada yang masih menggunakan istilah pemutih kulit, ada juga yang mempromosikan pencerah kulit. Sebenarnya, apa perbedaan antara whitening dan lightening?

Bukan rahasia lagi jika banyak wanita yang suka menggunakan perawatan kulit yang mengandung bahan pemutih. Tujuannya agar kulit wajah atau tubuh menjadi lebih putih dan bersih. Namun, masih banyak orang yang masih bingung membedakan antara whitening dan lightening.

Whitening

Krim pencerah kulit umumnya dirancang untuk memutihkan kulit dengan menghambat kerja enzim tirosinase di kulit. Enzim ini bekerja untuk menghasilkan pigmen melanin. Melanin melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya.

Produksi berlebihan atau akumulasi melanin dapat menyebabkan bintik hitam, hiperpigmentasi, dan warna kulit tidak merata.

Biasanya, zat pemutih seperti hidrokuinin ditambahkan ke krim pemutih kulit. Hidrokuinin juga sangat efektif dalam memperlambat produksi melanin, tetapi penelitian menunjukkan bahwa ada efek samping serius yang terkait dengan penggunaan bahan sintetis dalam jangka panjang.

Lightening

Biasanya, produk pencerah kulit biasanya membantu mencerahkan kulit kusam melalui pengelupasan kulit. Kulit kusam bisa disebabkan oleh sinar matahari, polusi, dan faktor internal, seperti stres.

Secara alami, kulit akan memperbaharui dirinya dari waktu ke waktu. Namun bisa saja pembaharuan kulit tidak berjalan dengan baik. Hal ini akan membuat akumulasi sel kulit mati yang akan mengakibatkan kulit kusam.

Brightener biasanya mengandung exfoliant yang dikombinasikan dengan anti oksidan dan ekstrak lainnya untuk merevitalisasi kulit.

Whitening vs lightening

Secara umum, perbedaan yang signifikan antara pemutih dan pencerah adalah pada bahan yang digunakan. Oleh karena itu, disarankan untuk memeriksa bahan-bahan yang tercantum dalam kemasan sebelum memilih dan membeli produk pemutih atau pencerah.

Itu tadi sedikit penjelasan tentang perbedaan whitening dan lightening. Jadi lebih suka pakai produk pemutih kulit atau produk pencerah kulit?

Leave a Reply

Your email address will not be published.