Review Brand Kosmetik dan Skin Care Terbaik

Manakah Obat Jerawat yang Paling Ampuh, Benzoyl Peroxide Atau Asam Salisilat?

Manakah Obat Jerawat  yang Paling Ampuh, Benzoyl Peroxide Atau Asam Salisilat?

Benzoyl Peroxide untuk Jerawat – Jika Anda memiliki masalah jerawat, pasti sudah melakukan berbagai cara untuk menghilangkan dan menghentikannya. Ya, memang masalah jerawat sulit untuk disembuhkan, tapi bisa dihindari dengan perawatan yang benar. Salah satunya dengan mengkonsumsi obat jerawat yang paling efektif yaitu Benzoyl peroxide dan asam salilisat. Namun, dari keduanya, manakah yang paling ampuh mengatasi masalah jerawat?

Apakah benzoyl peroxide adalah obat jerawat paling ampuh?

Benzoyl Peroxide untuk jerawat

Untuk kasus jerawat yang tergolong ringan hingga sedang, Anda dapat menggunakan obat bebas (tanpa resep) yang mengandung zat satu ini atau bisa menggunakan resep yang diberikan dokter kulit. Zat ini bisa menghilangkan jerawat dengan cara membunuh bakteri penyebab jerawat dan mencegah sel kulit mati untuk menyumbat pori-pori.

Hasilnya akan bekerja optimal setelah 4 minggu setelah menggunakan obat jenis ini. Bahakan bisa juga lebih dari waktu tersebut, agar jerawat tak muncul lagi. Anda dapat menemukan zat ini dalam bentuk krim, lotion, sabun cuci muka, dan gel. Nah, efek samping menggunakan benzoyl peroxide untuk jerawat bisa menimbulkan kulit kering dan garis putih ketika digaruk, jadi berhati-hatilah saat memakainya. Jika Anda memiliki masalah jerawat yang merah dan meradang, maka obat jenis ini bisa diandalkan, karena mampu membasmi bakteri penyebab peradangan.

Apakah asam salisilat adalah obat jerawat paling ampuh?

Benzoyl Peroxide untuk jerawat

Asam salilisat bisa membantu mempercepat proses pembentukan sel kulit baru. Tidak seperti benzoyl peroxide, zat ini tidak berefek pada produksi sebum dan tidak membunuh bakteri. Biasanya obat jerawat ini direkomendasikan untuk membersihkan pori-pori agar tidak tersumbat dan kulit jadi lebih halus.

Obat ini perlu digunakan berkelanjutan, seperti benzoyl peroxide, karena saat penggunaannya dihentikan, akan merangsang komedo dan jerawat muncul kembali. Asam salisilat ini tersedia dalam berbagai bentuk produk seperti krim, lotion dan cairan pembersih wajah. Bila Anda sering memiliki masalah pada kulit yang kasar akibat komedo atau jerawat yang berukuran kecil-kecil, maka Anda bisa menggunakan asam salisilat.

Bagaimana jika saya menggunakan keduanya sekaligus?

Bagi Anda yang ingin cepat bebas dari masalah jerawat, maka Anda mencampurkan keduanya agar jadi obat jerawat paling ampuh. Sebenarnya, tak masalah bila memang Anda mau melakukan hal ini.

Dengan mencampurkan keduanya  membuat pengobatan jerawat jadi lebih efektif. Contohnya, Anda memakai krim yang mengandung benzoyl peroxide untuk jerawat dan pembersih yang terdapat asam salisilat. Namun, ada sesuatu yang harus diperhatikan yaitu efek samping dari kedua obat tersebut. Tentunya, penggunaan dua obat sekaligus akan menimbulkan efek samping yang lebih besar. B isa saja Anda mengalami iritasi, kulit kering hingga mengelupas. Jika ini terjadi, sebaiknya hentikan pemakaian dan periksakan ke dokter. Walaupun kedua obat diatas merupakan obat bebas, lebih baik konsultasikan dulu masalah kulit Anda ke dokter sebelum menggunakan kedua obat tersebut.

Baca juga: Solusi Ampuh Hilangkan Jerawat dengan 4 Salep Jerawat Ampuh



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


%d bloggers like this: