Memilih Salep Jerawat Berdasarkan Kandungannya

Sebelum membeli dan menentukan pilihan untuk mengobati jerawat yang mengganggu, Anda harus tahu kandungan yang terdapat pada salep jerawat seperti berikut ini:

1. Benzoyl peroxide

Salep jerawat

Salep jenis ini bekerja dengan cara membuang sumbatan di pori-pori kulit, mengurangi peradangan, dan membantu menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Ketika pertama kali menggunakan salep jerawat jenis ini kulit wajah bisa menjadi kemerahan dan mengelupas. Tapi Anda tak perlu khawatir, gejala tersebut akan membaik setelah menggunakan benzoyl peroxide minimal selama 4 minggu.

2. Salicylic acid

Salep jerawat

Salep berbahan salicylic acid bekerja dengan cara membersihkan pori-pori kulit dari benda-benda yang menyumbat, namun salep ini dapat membuat bagian atas kulit menjadi terkelupas, kulit berwarna kemerahan, lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari dan kering.

3. Retinoid

salep jerawat

Saleb jerawat ini memiliki kandungan retinoid mampu menghilangkan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit dan membantu mencegah kotoran yang tersimpan dalam pori-pori kulit. Efek samping yang sering terjadi  yaitu  kulit mengalami iritasi ringan dan perih. Biasanya salep ini dioleskan 10 hingga 20 menit setelah mencuci wajah hingga bersih, sehari sekali sebelum tidur. Setelah 6 minggu pemakaian salep jerawat yang mengandung retinoid nantinya efek perbaikan jerawat akan terlihat. Oh iya, selama menggunakan retinoid,  disarankan agar menghindari paparan sinar matahari atau ultraviolet berlebihan.

4. Azelaic acid

salep jerawat

Biasanya Azelaic acid digunakan Azelaic acid digunakan dirasa sangat menyakitkan dan tidak nyaman. Saleb  ini mampu menyingkirkan kulit mati dan membunuh bakteri, tetapi hasilnya akan terlihat setelah sebulan pemakaian. Gunakanlah setidaknya  dua kali sehari.

Apabila ingin memakai salah satu obat jerawat oles di atas untuk menangani jerawat, sebaiknya jangan asal membeli di apotek dan langsung mengoleskannya ke wajah. Cobalah untuk selalu berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter guna menentukan bahan atau produk apa yang cocok sesuai dengan jenis kulit Anda.

Baca juga: Penyebab Utama Tumbuhnya Jerawat di telinga dan Cara Mengatasinya