5 Cara Mencegah Komedo Dihidung dan Wajah Secara Alami

5 Cara Mencegah Komedo Dihidung dan Wajah Secara Alami

Cara mencegah komedo dihidung- Wajah putihmu terlihat tidak bening atau banyak bintik-bintik hitam atau putih? Berarti wajah kamu sedang muncul yang namanya komedo. Komedo adalah pori-pori dalam wajah yang tertutup sehingga menyebabkan kotoran terperangkap di sana. Selain itu, komedo muncul karena kamu jarang membersihkan wajah dan mempunyai kadar minyak yang berlebih.

Jenis-jenis Komedo

Secara fisik, komedo dibagi menjadi dua, yaitu blackhead dan whitehead :

1. Komedo blackhead – jenis komedo ini, berwarna hitam, hal ini terjadi karena pori-pori yang membesar karena kelebihan minyak di wajah lalu terkontaminasi oleh udara kotor. Sehingga komedo menjadi bewarna hitam.

2. Komedo whitehead – jenis komedo ini berukuran kecil dengan warna putih. Jenis komedo ini biasanya muncul karena pori-pori terkontaminasi bakteri yang membuat permukaan kulit mengeras.

Cara Mencegah Komedo Dihidung

Bagaimanapun jenis komedonya, pasti akan membuat tidak nyaman dan minder. Untuk itu, segeralah melakukan perawatan sebagai cara mencegah komedo dihidung dan wajah dengan menggunakan bahan alami yang mudah dilakukan seperti berikut :

1. Masker telur

cara mencegah komedo dihidung

Masker telur dipercaya mampu menghilangkan komedo. Hal ini karena putih telur ayam kampung mengandung vitamin E yang baik untuk menormalkan minyak berlebih pada wajah. Selain itu, putih telur juga mengandung  protein dan asam amnino yang baik untuk mengangkat sel kulit mati dan mengecilkan pori-pori di bagian hidung.

Berikut ini cara membuat masker putih telur:

  • Pisahkan kuning telur dari putihnya
  • Lalu ambilah kuas, oleskan putih telur pada wajah yang telah dibersihkan terlebih dahulu
  • Diamkan selama 15-30 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

2. Masker strawberry

cara mencegah komedo dihidung

Buah yang satu ini ternyata juga baik digunakan untuk mengangkat komedo karena mengandung alpha hydroxyl acids (AHA) dan asam salisilat. Kandungan kedua nutrisi ini dapat mencegah minyak berlebih dan membersihkan pori-pori pada wajah.

3. Kentang

cara mencegah komedo dihidung

Kentang mempunyai kandungan gizi berupa protein, vitamin B, C, dan A. Jadi sangat baik digunakan untuk mengangkat komedo. Cara membuatnya juga mudah, cukup memarut kentang hingga halus, lalu gunakan untuk masker untuk kulit berjerawat dan komedo .

4. Kunyit

cara mencegah komedo dihidung

Kandungan yang terdapat pada kunyit ini sering digunakan sebagai antiseptik dan antibakteri. Sehingga sangat baik digunakan untuk mengangkat komedo membandel di wajah. Cara meramunya :

  • Tumbuk kunyit sampai halus
  • Lalu, campurkan dengan sari daun mint
  • Setelah itu, aplikasikan pada wajah yang banyak tumbuh komedo.

5. Tomat

cara mencegah komedo dihidung

Tomat adalah buah yang kaya akan kandungan vitamin C dan A. Kedua vitamin tersebut sangat baik digunakan untuk mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit. Cara membuat masker tomat untuk mencegah komedo adalah dengan melumatkan tomat atau iris tipis-tips tomat, lalu gunakan untuk masker wajah.

Baca juga: 5 Pembersih Wajah Alami dan Cara Menggunakannya



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *