Biasanya bagi yang mempunyai kulit sensitif dan mudah terserang berbagai macam alergi. Lebih mudah untuk mengalami debu yang menyebabkan jerawat muncul, termasuk allergen dan polusi. Untuk itu, debu adalah salah satu penyebab utama dari kemunculan jerawat.

Bagaimana Bisa Debu menyebabkan jerawat?

debu menyebabkan jerawat

Debu menyebabkan jerawat saat debu sudah mulai menempel dan masuk ke dalam pori-pori wajah. Seperti yang telah diketahui, debu berbentuk partikel kecil dan halus yang kotor dan tentunya berbahaya. Hal ini karena sudah tercampur dengan berbagai macam polutan yang ada di udara, sehingga bisa mengakibatkan infeksi dan menimbulkan jerawat.

Biasanya debu yang bisa menyebabkan jerawat adalah debu-debu jalanan, seperti :

  • Debu tanah
  • Debu pasir
  • Debu kimia
  • Debu polusi udara dari kendaraan bermotor
  • Debu industri yang terbang terbawa angin

Cara Mengatasi Debu yang Menyebabkan Jerawat

Untuk mencegah jerawat yang disebabkan oleh debu, serta cara mencegah jerawat karena debu agar tidak terjadi pada diri kita, maka ada beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan, yaitu :

1. Gunakan perlindungan masker

Masker adalah salah satu alat yang sangat efektif untuk membantu mencegah menempelnya debu ke wajah anda. Dengan menggunakan masker, artinya anda bisa meminimalisir proses menempelnya debu di wajah anda yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat di wajah anda. Untuk itu, usahakan agar anda yang mempunyai kulit sensitif untuk menggunakan masker sebagai perlindungan pertama dari wajah terhadap debu. Selain itu, menggunakan masker juga bisa meminimalisir terjadinya gangguan pernapasan akibat udara yang kotor dan juga tidak sehat.

2. Hindari menggunakan make up berlebih

Make up juga menjadi satu faktor yang dapat menyebabkan debu menempel di wajah anda. Ada beberapa make up dengan kualitas rendah akan terasa lengket di kulit wajah anda. Hal inilah yang bisa menyebabkan banyaknya debu menempel pada kulit wajah. Anda mungkin tidak menyadari, tetapi ternyata dengan banyaknya debu yang menempel pada wajah anda, akan menimbulkan munculnya jerawat secara tiba-tiba. Maka pakailah kosmetik untuk wajah berjerawat.

3. Cuci bersih wajah

Cara lain yang bisa meminimalisir hadirnya jerawat karena debu adalah dengan cara membersihkan wajah menggunakan sabun wajah. Hal ini akan membuat wajah anda menjadi lebih bersih dan lebih cerah.  Jerawat yang disebabkan oleh debu pun akan hilang dan wajah anda kembali bersih.

4. Konsumsi buah-buahan

Selanjutnya, untuk mencegah masuknya bakteri dari debu ke dalam pori-pori kulit wajah anda dan menimbulkan jerawat. Maka Anda harus banyak mengonsumsi makanan yang sehat. Pilihlah bahan makanan yang mengandung  antioksidan dan jga antibakteri, seperti buah-buahan yang mempunyai kandungan vitamin C.  Sebab memakan buah yang sehat ini sangat berguna bagi kulit, terutama untuk mengendalikan produksi hormon akibat jerawat dan mencegah jerawat datang lagi.

Itulah beberapa ulasan lengkap mengenai debu yang menyebabkan jerawat dan cara pencegahannya. Semoga artikel ini bisa manambah wawasan anda sekalian.

“Bahaya Infeksi Jerawat yang Wajib Kamu Ketahui” is locked

Baca juga: Bahaya Infeksi Jerawat yang Wajib Kamu Ketahui

“Bahaya Infeksi Jerawat yang Wajib Kamu Ketahui” is lockBahaya Infeksi Jerawat yang Wajib Kamu Ketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *