Browse By

Cara Merawat Muka Kering dan Kusam

lifestyle-people.com - cara merawat muka keringKondisi kulit wajah yang kering menjadi salah satu faktor munculnya komedo, wajah kusam, dan pecah-pecah. Terkadang cara merawat muka kering sudah dilakukan, tetapi hasilnya masih sama saja. Hal ini disebabkan karena hilangnya minyak alami pada permukaan kulit. Kulit kering bisa menjadikan penuaan dini pada seseorang.

4 Cara merawat muka kering

Memiliki kulit kering jangan menjadikan diri Anda merasa tidak percaya diri. Saat ini telah banyak cara merawat muka kering agar tidak terlihat kusam baik melalui cara alami maupun menggunakan obat. Jika Anda mengatasi permasalahannya sejak dini, kemungkinan besar kulit bisa menjadi lembab dan sehat.

  1. Hindari Sabun Muka yang Membuat Kulit Anda semakin Kering

Menggunakan sabun untuk jenis kulit kering tidak boleh sembarangan. Anda dapat menggunakan sabun muka jenis tertentu yang membantu untuk memproduksi minyak. Jangan memilih sabun yang banyak mengandung alkohol atau busa karena dapat menyebabkan kulit iritasi seperti terkelupas. Selain itu, hindari pemakaian sabun mandi untuk membersihkan muka. Hal ini justru menjadikan muka Anda bertambah kering.

  1. Gunakan Pelembab

Jenis pelembab yang baik untuk muka kering adalah jenis krim karena banyak memiliki kandungan minyak. Menggunakan pelembab sebelum bedak dapat membantu kulit muka menjadi tampak berseri tidak kusam. Gunakan pula pelembab khusus malam hari sebelum tidur.

  1. Gunakan Masker Alami

Masker alami yang bisa mengatasi kulit kering yakni kuning telur, madu, minyak almond, mentimun. Penggunaan secara rutin akan membantu kulit menjadi lebih lembab. Waktu efektif untuk menggunakan masker adalah malam hari atau di saat santai.

  1. Gunakan Sunblock Sebelum Beraktivitas

Penggunaan sunblock berguna untuk menghindari paparan sinar matahari secara langsung terhadap kulit. Sunblock dengan spf yang banyak membuat kulit terasa lebih dingin dan lembab. Hal ini menjadi penghalang kulit terlihat kusam.

Demikianlah cara merawat muka kering tanpa harus mengeluarkan budget yang banyak. Anda dapat melakukannya secara rutin di rumah setelah beraktivitas. Memang hasilnya tidak instan terlihat, tetapi cara tersebut lebih aman dilakukan karena tidak banyak mengandung bahan kimia. Semoga dengan cara sehat tersebut kulit Anda kembali lembab dan normal sehingga lebih tampil percaya diri.

Baca Juga : Cara Merawat Muka Berjerawat dengan Alami