Beginilah Cara Mewarnai Kain Dengan Teknik Ikat Celup

Beginilah Cara Mewarnai Kain Dengan Teknik Ikat Celup. Mungkin Anda bosan dengan pakaian yang Anda miliki dan ingin berkreasi dengan mewarnainya ulang. Inilah salah satu kerajinan tekstil yang bisa kalian buat sendiri. Tentu Anda harus tahu bagaimana cara mewarnai kain tersebut.

Salah satu caranya adalah dengan teknik ikat celup. Perlu diingat bahwa bahan kain atau pakaian yang tepat untuk pewarnaan dengan teknik ini adalah katun, wol, nilon, atau sutra.

Jangan lupa untuk menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu sebelum mulai mewarnai kain atau pakaian Anda. Lalu apa saja bahan yang perlu dipersiapkan? Dan bagaimana langkah-langkah mewarnai kain tersebut? Yuk, kita simak penjelasannya di bawah ini.

Cara Mewarnai Kain Menggunakan Teknik Ikat Celup

  • Bahan-bahan Yang Perlu Disiapkan
  1. Siapkan sarung tangan karet untuk melindungi tangan dari bahan pewarna dan air panas.
  2. Siapkan karet gelang dalam jumlah banyak dan kelereng jika Anda membutuhkannya nanti untuk membuat pola melingkar.
  3. Siapkan peralatan seperti gunting, sendok untuk mengaduk bahan pewarna, dan penjepit yang digunakan untuk menjepit pakaian setelah dicelup.
  4. Belilah pewarna pakaian bubuk dalam kemasan. Atau Anda juga bisa menggunakan pewarna cair.
  5. Pilih warna yang Anda inginkan. Biasanya beberapa warna tidak akan menghasilkan warna yang bagus ketika sudah diwarnai. Jadi cobalah kreasikan beberapa warna.
  6. Siapkan kain atau pakaian yang akan diwarnai.
  7. Siapkan wadah atau ember untuk menampung larutan pencelup warna.
  • Menentukan Pola
  1. Gunakanlah karet gelang untuk membuat pola pada kaus. Karet gelang ini memungkinkan untuk membentuk atau mengerutkan kain agar membentuk pola.
  2. Membuat pola melingkar. Anda bisa menggunakan kelereng dan karet gelang. Temukan titik tengah pada kain lalu masukkan kelereng. Setelah itu, lilitkan karet gelang dengan kencang di luar kelereng tersebut.
  3. Membuat Pola Garis. Caranya yaitu Anda harus melipat kain atau kaus secara horizontal maupun vertikal. Anda akan mendapatkan pola garis bekas lipatan tersebut.
  4. Membuat Pola Spiral. Caranya dengan menjepit bagian tengah kaus, lalu putar kaus hingga berbentuk lingkaran. Gunakan karet gelang untuk menahan pola agar tidak terlepas.
  • Cara Mewarnai Kain
  1. Isi wadah atau ember yang disiapkan dengan beberapa liter air yang telah dipanaskan.
  2. Campurkan pewarna kain yang telah disiapkan ke dalam ember berisi air. Aduk larutan hingga warna merata.
  3. Selanjutnya celupkan kain atau kaus ke dalam larutan pewarna. Jika Anda menggunakan lebih dari satu warna, makan celupkan sebagian kain saja, lalu celupkan bagian lainnya ke warna lain.
  4. Cuci kain yang telah diwarnai tadi. Setelah dicuci, keringkan kain dengan mesin pengering atau di anginkan di tempat terbuka.

Itulah langkah atau cara mewarnai kain dengan teknik ikat celup. Mudah bukan cara-caranya? Anda bisa mempraktekkan sendiri di rumah. Semoga informasi ini bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *