Lifestyle – Cari Tahu Penyebab Jerawat – Pernahkah kamu merasakan jerawat yang sangat gatal? Selain dapat menganggu penampilan, rasanya juga tidak tahan unutk menggaruknya. Yuk simak ulasan penyebab jerawat gatal berikut ini.

Cari Tahu Penyebab Jerawat Serta Cara Mengatasinya

Cari Tahu Penyebab Jerawat Serta Cara Mengatasinya

Jerawat Gatal

Pada dasarnya, masalah jerawat merupakan kondisi kulit yang mempengaruhi hampir semua orang. Biasanya sebagian besar remaja akan mendapatkan masalah kulit ini selama masa pubertas. Tetapi tak jarang juga kondisi ini terjadi pada orang dewasa.

Berdasarkan beberapa literatur medis, jerawat terjadi karena folikel rambut yang tersumbat. Minyak, kotoran serta sel kulit mati pada permukaan kulit menyumbat pori-pori dan menciptakan jerawat atau infeksi kecil yang terlokalisir.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan one library pada tahun 2008, menunjukan jika 70% orang yang berjerawat juga merasakan gatal. Selain itu, gatal ringan hingga sedang memang umum sering terjadi pada remaja yang memiliki kondisi kulit tersebut.

Nah, untuk lebih memahami mengenai mengapa jerawat gatal, penyebab timbulnya jerawat gatal serta cara mengatasinya, maka simak berikut ini ulasannya.

Baca juga : Penyebab Jerawat Berdasarkan Tempat Munculnya di Wajah

Jerawat Batu

Jerawat terdiri dari beberapa jenis, dan beberapa diantaranya memang dapat menimbulkan rasa gatal seperti Cystic Acne atau jerawat batu misalnya yang memang cenderung meniimbulkan rasa gatal karena bentuknya lebih besar, keras, terlihat berwarna merah bernanah serta nyeri ketika disentuh.

Pada umumnya, dokter kulit mengobati jerawat jenis ini dengan memberikan krim resep, antibiotik, atau obat lain. Dalam kasus yang lebih parah, jerawat batu dapat membutuhkan pengobatan yang lebih serius.

Namun, ahli kesehatan kulit sangat tidak menyarankan untuk menyentuh ataupun menggunakan produk perawatan jerawat dalam jumlah berlebihan tanpa pengawasan dan rekomendasi ahli. Pasalnya, pemakaian produk anti jerawat yang berlebihan dapat menyebabkan kulit di sekitar jerawat menjadi lebih kering dan akhirnya memperparah iritasi serta gatal.

Reaksi Alergi

Jika rasa gatal yang kamu rasakan pada sekitar area jerawat disertai dengan ruam atau terlihat seperti biduran, besar kemungkinan kamu mengalami reaksi alergi terhadap produk makanan atau obat yang sedang dikonsumsi.

Gatal dan ruam bisa disebabkan oleh kulit yang bersentuhan dengan bahan iritan seperti bahan kimia pembersih, sabun, kosmetik atau makanan tertentu. Bahkan, rasa gatal yang menyebabkan ruam ini juga dapat membuat area sekitarnya menjadi lebih panas.

Masalah kulit seperti psoriasis, rosacea dan dermatitis perioral adalah contoh kondisi yang dapat menyebabkan gatal-gatal bersamaan dengan munculnya bejolan merah.

Efek Samping Penggunaan Produk Perawatan Jerawat

Kebanyakan zat aktif yang efektif menghilangkan jerawat, umumnya dapat menimbulkan efek samping seperti kulit kering dan mengelupas serta gatal-gatal.

Penyebab jerawat gatal pada umumnya disebabkan kontak kulit dengan beberapa bahan aktif yang menyebabkan gatal misalnya asam salisilat, benzoil peroksida dan retinoid. Biasanya, gejala ini disebabkan oleh perkembangan dermatitis kontak iritan yang ringan.

Reaksi gatal ini bisa berkurang, atau hilang dengan menggunakan pelembab yang tepat. Selain itu, menurut dermatologis juga percaya jika frekuensi penggunaan produk perawatan jerawat yang lebih jarang dapat mengurangi rasa gatal.

Idealnya, gunakanlah produk perawatan jerawat satu atau dua kali dalam sehari secara bertahap. Selain itu, kamu juga bisa meningkatkan frekuensi penggunaan produk jika kulit sudah bisa beradaptasi dan tidak lagi menimbulkan gatal.

Kulit Kurang Bersih

Beberapa jenis jamur bisa saja menyebabkan infeksi berbentu bintik kecil berisi nanah yang terlihat seperti jerawat akibat bakteri. Jenis infeksi jamur ini biasanya terdapat di daerah dada, pundak dan punggung yang memang menyebabkan gatal.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, menyimpulkan bahwa rasa gatal dapat muncul akibat dari pertumbuhan jamur yang berlebihan pada kuit. Beberapa kemungkinan yang menyebabkan hal tersebut adalah tidak teratur membersihkan bagian tubuh, menggunakan pakaian yang terlalu ketat serta penggunaan produk jerawat.

Selalu ingat, bahwa infeksi jamur tersebut bukan bagian dari jerawat, jadi tidak perlu mengaplikasikan produk obat jerawat untuk kondisi kulit seperti ini. Nah, untuk mengidentifikasi dan mengatasi jerawat akibat jamur, kamu perlu berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *