lifestyle – manfaat microneedling – Seiring dengan bertambahnya usia, mungkin penuaan termasuk kedalam salah satu kondisi yang mungkin ditakuti oleh banyak orang. Selain tubuh yang sudah tidak lagi tegap serta stamina yang semakin berkurang, keriput kecil secara perlahah dapat muncul di wajah. Sehingga, tak heran saja jika teknologi perawatan wajah ini terus dikembangkan. Salah satunya yang saat ini sedang populer adalah microneedling.

Manfaat Microneedling, Perawatan Wajah dengan Tusuk Jarum

Mungkin bagi sebagian orang, tindakan ini masih terdengar asing dan belum sepopuler facial ataupun peeling. Tetapi, microneedling disebut-sebut menawarkan hasil yang lebih baik. Simak ulasan berikut ini mengenai informasi lengkapnya microneedling.

Microneedling adalah tindakan menggunakan jarum-jarum kecil yang dapat digunakan untuk berbagai kondisi. Misalnya mengatasi bekas jerawat, kerutan, hingga untuk memasukan obat tertentu.

Selain itu, tindakan ini juga juga dapat dilakukan untuk mengatasi melasma (flek hitam), pori-pori membesar, elastisitas kulit yang menurun, serta warna kulit tidak merata.

Microneedling adalah salah satu tindakan minimal invasif menggunakan beberapa jarum kecil dengan panjang 0,5 – 1,5 mm untuk membuat micropuncture atau tusukan kecil pada kulit. Selain itu, tindakan ini akan meningkatkan peredaran darah dan pelepasan growth factor dan juga digunakan untuk memasukan obat.

Prosedur ini bekerja dengan cara merangsang kulit untuk memproduksi kolagen, sehingga diharapkan dapat terbentuk jaringan kulit baru yang kaya akan kolagen. Jaringan kulit yang baru tersebut terbentuk dan akan membuat kulit menjadi lebih kenyal serta teksturnya lebih baik.

Semua orang tentunya dapat menjalani prosedur ini, selama ia tidak punya luka terbuka atau masalah dalam hal penyembuhan luka. Tetapi, jika memiliki jerawat dokter mungkin akan menyarankan untuk menunggu hingga jerawat sembuh dan sudah tidak meradang lagi.

Penyebabnya, proses microneedling ini bisa menambah iritasi dan membuat inflamasi pada kulit bertambah. Hal ini bisa saja memfasilitasi penyebaran bakteri di kulit wajah.

Menurut penelitian yang dipublikasikan Indian journal of Dermatology, tindakan microneedling efektif untuk menangani melasma atau flek hitam. Pada penelitian tersebut juga membandingkan terapi dengan menggunakan obat traneksamat yang disuntikan dengan obat traneksamat yang dimasukan dengan tindakan microneedling.

Hasilnya, kelompok yang dilakukan microneedling selama tiga bulan merasakan hasil yang lebih baik, seperti berkurangnya masalah pada kulit sebanyak 44,41%, dibandingkan dengan kelompok yang tidak dilakukan microneedling yakni 35,72%.

Manfaat Mincroneedling

Kabar baiknya, microneedling tak hanya dapat digunakan pada wajah saja. Prosedur ini dapat digunakan pada area tubuh lain seperti kulit kepala untuk mengatasi kebotakan. Tindakan microneedling pada area kulit kepala bermanfaat untuk menstimulasi pertumbuhan rambut.

Menurut penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of cutaneous and aesthetic surgery pada tahun 2014, disebutkan jika tindakan microneedling yang dikombinasikan denga pengolesan obat trimsinolon asetonid dapat menstimulasi pertumbuhan rambut pada pasien yang menangani kebotakan.

Menurut studi lain yang dikutip dari Plastic and reconstructive surgery pada tahun 2017, juga melaporkan bahwa tindakan microneedling ini efektif dalam mengatasi stretch mark pada paha dan perut jika dikombinasikan dengan filler.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *