Review Brand Kosmetik dan Skin Care Terbaik

4 Ciri Jerawat Karena Kosmetik dan Cara Mengatasinya

4 Ciri Jerawat Karena Kosmetik dan Cara Mengatasinya

Ciri jerawat tidak cocok kosmetik- Pemakaian kosmetik yang tidak tepat juga dapat menyebabkan jerawat. Jerawat muncul bisa disebabkan oleh reaksi alergi, tidak cocok dengan kosmetik, hingga salah memilih produk yang tepat untuk kulit.  Tapi, bagaimana cara membedakan jerawat karena kosmetik atau bukan? Berikut ini ciri jerawat karena kosmetik yang harus Anda ketahui:

Ciri Jerawat Karena Kosmetik

Ciri Jerawat Karena Kosmetik

1. Jerawat tumbuh di kulit yang merah seperti terbakar

Salah satu reaksi yang muncul akibat salah pemakaian kosmetik yaitu kulit akan memerah. Reaksi kulit merah seperti terbakar ini diakibatkan oleh peradangan yang terjadi pada kulit akibat inflamasi. Kosmetik terdiri dari berbagai bahan kimia dan bahan pengawet yang beragam. Apabila kulit kita tidak selalu cocok dengan bahan-bahan kimia ini akan menimbulkan reaksi yang tidak diinginkan. Anda bisa menggunakan lidah buaya. Hal ini karena lidah buaya memiliki manfaat meredakan peradangan pada kulit akibat inflamasi. Tetapi, jika tidak mempan, segera konsultasikan kondisi kulit Anda dengan dokter kulit.

2. Jerawat tumbuh menggerombol

Jerawat yang muncul karena masalah kulit seperti penumpukan debu dan kotoran di permukaan kulit, atau karena produksi minyak berlebih hingga menyebabkan pori-pori tersumbat biasanya berupa jerawat tunggal atau hanya muncul satu biji saja. Namun, berbeda dengan jerawat yang disebabkan oleh alergi kosmetik karena tidak cocok.

Ciri jerawat karena kosmetik ini akan muncul bentuk jerawat bergerombol seperti pasir atau yang disebut dengan jerawat pasir. Penggunaan kosmetik memang menjadi salah satu penyebab jerawat pasir tumbuh di wajah. Ketahui cara menghilangkan jerawat pasir secara alami sebagai solusi tepat untuk jerawat Anda.

3. Jerawat terasa gatal

Jerawat yang muncul akibat kosmetik memang sangat menyiksa. Tidak hanya membuat kulit kemerahan akibat iritasi dan peradangan, jerawat juga akan terasa sangat gatal. Gatal-gatal ini tidak hanya disebabkan oleh pertumbuhan bakteri pada jerawat saja, namun bisa juga karena salah satu komposisi bahan yang ada pada kosmetik Anda.

Salah satu jenis bahan yang sangat sering menimbulkan gatal-gatal adalah fragrance atau pewangi. Pewangi dipilih karena bisa memberikan bau yang harum sehingga lebih menarik konsumen untuk membelinya. Tetapi justru bau wangi tersebut berpotensi menyebabkan iritasi, terlebih jika jenis kulit Anda adalah kulit sensitif. Pilihlah kosmetik tanpa pewangi untuk mengurangi resiko iritasi dan peradangan pada kulit. Kosmetik tanpa bahan pengawet biasanya diberi label fragrance-free.

4. Jerawat muncul saat kulit menjadi sangat kering

Salah satu tanda kulit yang tidak cocok dengan produk kosmetik atau skincare adalah kulit menjadi sangat kering hingga mengelupas. Kondisi ini tentu saja semakin parah dengan munculnya jerawat. Penyebab munculnya jerawat dan kondisi kulit sangat kering atau dehidrasi parah adalah kandungan acid yang terdapat pada skincare seperti produk peeling atau pembersih wajah. Kandungan acid yang menyebabkan wajah berjerawat antara lain adalah alphahudroxy acid, salisylic acid, dan retinol yang menyebabkan kulit kering hingga mengelupas.

Kembalikan kelembaban kulit Anda dengan menggunakan moisturizer atau pelembab yang sesuai dengan jenis kulit. Tapi jika kondisi kulit sedang kurang sehat seperti itu, gunakan pelembab berbahan alami seperti minyak zaitun, madu, yogurt, dan minyak kelapa untuk menenangkan kulit.

Baca juga: Cara Menghilangkan Jerawat dengan Caladine Lotion dan Bedak



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


%d bloggers like this: