clindamycin untuk jerawat

Manfaat Antibiotik Clindamycin untuk Mengobati Jerawat

Clindamycin untuk jerawat- Clindamycin merupakan antibiotik untuk mengobati berbagai infeksi akibat bakteri. Banyak dokter kulit yang menggunakan antibiotik ini sebagai campuran pada krim jerawat atau diminum secara langsung untuk membunuh bakteri penyebab jerawat.

Jenis Clindamycin untuk jerawat

clindamycin untuk jerawat

1. Clindamycin kapsul

Obat clindamycin ini bisa dikemas dalam bentuk kapsul maupun gel topikal. Meskipun begitu, penggunaan clindamycin ini tidak boleh sembarangan dan harus di bawah pengawasan dokter. Selain itu clindamycin disebut juga sebagai salah satu bahan yang berisiko menimbulkan iritasi kulit. Namun obat ini ternyata dapat menghentikan proses perkembangbiakan bakteri pada kulit, tidak heran jika kulit menjadi lebih steril.

Namun ternyata penggunaan obat clindamycin juga dapat menimbulkan sejumlah efek samping yaitu bisa mengantuk. Bukan hanya itu, sejumlah efek samping yang sering muncul setelah mengonsumsi kapsul clindamycin seperti: mual, sakit perut, gatal-gatal, diare dan lidah akan terasa aneh.

Obat clindamycin juga tidak bisa digunakan atau dikonsumsi secara bersamaan dengan sejumlah jenis obat lainnya karena bisa menyebabkan dampak buruk. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk mengonsultasikan terlebih dulu kepada dokter ahli untuk mengonsumsi clindamycin secara aman dan tepat.

Nah salah satu obat yang tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan dengan clindamycin adalah erythromycin. Karena kombinasi dari dua obat ini ternyata bisa memperparah kondisi kulit.

2. Clindamycin topikal

Bagi pasien yang mengkonsumsi clindamycin untuk jerawat dalam bentuk topikal, berikut ini caranya:

Cuci wajah berjerawat

Setelah mencuci atau mencukur wajah, diamkan 30 menit sebelum menerapkan obat ini. Alkohol yang ada di dalamnya bisa mengiritasi kulit yang baru dicuci atau dicukur.

Cara menggunakan obat clindamycin:

  • Jangan menuangkan busa topikal clindamycin langsung ke tangan Anda sebab busa akan mulai meleleh ketika kontak dengan kulit menjadi hangat.
  • Tutup rapat clindamycin setelah menggunakan.
  • Kemasan clindamycin bisa ditempatkan di bawah air mengalir dingin bila kalengnya tampak hangat atau buih tampak berair.
  • Clindamycin topikal harus diambil dengan ujung jari dan dipijat lembut ke area wajah yang berjerawat sampai busa menghilang.
  • Karena obat ini mengandung alkohol, clindamycin juga beraroma menyengat atau mudah terbakar.

Dosis Clindamycin

Dosis yang ada pada clindamycin untuk jerawat ini akan berbeda untuk pasien yang berbeda. Ikuti petunjuk pada label atau perintah dokter. Informasi ini hanya mencakup dosis rata-rata obat clindamycin. Bila dosis Anda berbeda, jangan mengubahnya kecuali dokter Anda menyuruh melakukannya.

1. Bentuk sediaan topikal (busa) untuk jerawat:

  • Orang dewasa dan anak-anak usia 12 tahun ke atas : Lakukan sekali sehari ke area yang terkena jerawat.
  • Bayi dan anak-anak hingga usia 12 tahun : Penggunaan dan dosis harus ditentukan oleh dokter Anda.

2. Bentuk sediaan topikal (gel, larutan, dan suspensi) untuk jerawat:

  • Orang dewasa dan anak-anak usia 12 tahun ke atas : Terapkan dua kali sehari ke area yang terkena jerawat.
  • Bayi dan anak-anak hingga usia 12 tahun : Penggunaan dan dosis harus ditentukan oleh dokter Anda.

 

Baca juga: Jerawat di Perut: Penyebab, Gejala dan Cara Mengobatinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *