vitacid untuk jerawat

Manfaat Salep Vitacid untuk Jerawat yang Harus Kamu Tahu

Salep vitacid untuk jerawat- Vitacid merupakan salah satu jenis merek salep jerawat di apotik yang cukup banyak di pakai banyak orang. Pasalnya, tak hanya  sebagai terapi untuk menghilangkan jerawat, tapi juga bisa menyamarkan noda hitam bekas jerawat dan mengusir komedo. Sebelum Anda membeli sebaiknya ketahui dulu manfaat cara penggunaan, hingga efek samping vitacid ini.

Vitacid 0,025% memiliki kandungan asam retinoat topikal yang merupakan bahan iritan untuk mengelupaskan kulit. Walaupun dijual secara bebas, obat ini diketahui bisa menyebabkan beberapa efek samping (tergantung pada kerentanan masing-masing individu), seperti :

  • >10% pengguna mengalami pengelupasan kulit, kemerahan pada wajah dan gatal
  • sekitar 1 – 10% mengalami sensasi kulit seperti terbakar, perih.
  • <1% mengalami fotosensitivitas (sensitivitas terhadap cahaya)

Manfaat Vitacid untuk Jerawat

vitacid untuk jerawat

Berikut ini beberapa manfaat penggunaan vitacid dan krim tretinoin lainnya:

  • Vitacid dipakai untuk mengobati jerawat dengan cara menurunkan jumlah dan tingkat keparahan jerawat dan mempromosikan penyembuhan jerawat dengan cepat.
  • Obat ini juga dapat memperbaiki penampilan kulit dengan mengurangi garis-garis halus dan kerutan, mengurangi kekasaran, dan meningkatkan warna kulit.
  • Untuk menghilangkan komedo sebagai cikal bakal munculnya jerawat.
  • Tretinoin adalah jenis obat dalam kelas yang disebut retinoid. Yang bekerja dengan mempengaruhi pertumbuhan sel-sel kulit.

Efek Samping

  • Rasa panas yang menyengat bisa terjadi setelah menggunakan vitacid. Kulit akan berubah menjadi  kemerahan, kekeringan, gatal, terbakar ringan, atau memburuknya jerawat dapat terjadi selama 2-4 minggu pertama menggunakan vitacid. Dengan menggunakan krim pelembab di siang hari dapat membantu mengatasi kulit kering.
  • Kulit yang peka bisa menjadi merah yang berlebihan, membengkak, melepuh atau mengeras, bila efek ini muncul pengobatan harus segera dihentikan sampai keadaan kulit putih kembali atau diatur dosisnya menjadi lebih rendah.
  • Kulit akan menghitam atau memutih,Hal ini terjadi karena penggunaan tretinoin yang berulang-ulang.
  • Apabila salah satu efek tersebut semakin memburuk, segera konsultasikan pada dokter kulit agar diberikan resep pengurangan dosis atau frekuensi pemakaian.

Jadi gunakanlah secara teratur untuk mendapatkan manfaat yang paling optimal. Jangan menggunakan dalam jumlah yang lebih besar atau menggunakannya lebih sering dari yang direkomendasikan. Kulit yang berjerawat tidak akan sembuh lebih cepat, tapi malah akan meningkatkan risiko efek samping berupa kulit kemerahan, mengelupas dan rasa sakit.

 

Baca juga: Ternyata Ini Penyebab Jerawat Gatal dan Efeknya Bagi Kulit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *