Lifestyle – Efek Samping Masker Tepung Beras – Tentunya tidak semua wanita menyukai beberapa produk dari berbagai merk untuk memelihara kecantikan wajahnya. Justru beberapa wanita ada yang lebih tertarik dengan bahan alami yang bisa didapatkan dengan mudah serta bisa dibuat sendiri dirumah, salah satunya adalah masker tepung beras.

Tepung beras sudah sejak lama dipercaya sebagai bahan masker alami yang aman dipakai serta dapat memberikan banyak manfaat untuk kecantikan seperti mencerahkan dan memutihkan wajah.

Tetapi, bukan berarti masker tepung beras tidak memunculkan efek samping. Menurut beberap sumber, tepung beras bisa memunculkan reaksi negatif yang dapat membuat kulit wajah menjadi bermasalah. Lantas, apa saja efek sampingnya serta bagaimana cara mengatasi agar tidak memunculkan efek samping di wajah? Simak ulasannya dibawah ini!

Efek Samping Masker Tepung Beras

Efek Samping Masker Tepung Beras

Kulit Menjadi Kusam

Efek samping pertama yang perlu kamu tahu adalah bisa membuat kulit wajah menjadi kusam. Kulit wajah yang kusam akan terasa kasar ketika diraba dan kelembutan kulit akan menghilang. Tentunya hal ini dapat merugikan penampilanmu.

Masker tepung beras dapat membuat sel-sel kulit mati menumpuk di wajah. Hal ini terjadi dikarenakan pemakaian masker yang terlalu lama serta tidak sesuai dengan aturan. Jika sudah terjadi, maka tidak ada cara lain selain menghentikan sementara pemakaian masker, lalu gunakan eksfoliator untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

Mengurangi Kelembapan Alami Kulit

Pemakaian masker tepung beras juga dapat mengurangi kelembapan alami kulit. Dalam tepung beras terkandung bahan yang dapat menyerap kadar minyak di wajah. Sehingga jika pemakaiannya secara berlebihan dapat membuat wajah kekurangan minyak alaminya.

Oleh karena itu, sebainya gunakan masker tepung beras tidak terlalu sering, idealnya 1 – 2 kali dalam seminggu. Porsi tersebut dinilai cukup karena kulit bisa menyerap manfaat masker dengan tepat.

Menjadikan Kulit Semakin Sensitif

Masker tepung beras mampu membersihkan kotoran serta debu yang menempel di wajah. Selain itu, kandungannya juga dapat menipiskan lapisan kulit agar lebih putih dan cerah. Tetapi, kamu perlu berhati-hati agar kulit tidak semakin sensitif karena memakai masker tepung beras.

Reaksi efek samping ini ditujukan untuk kamu yang memiliki kulit sensitif. Gunakan masker secara benar dan tidak berlebihan. Jika kamu masih ragu memakai masker tepung beras, baiknya konsultasikan dengan dokter ahli kulit agar mendapatkan saran yang tepat.

Berpotensi Memunculkan Jerawat dan Komedo

Ketika mengaplikasikan masker apapun termasuk masker tepung beras, kamu harus membersihkan wajah dari sisa-sisa masker tersebut. Dikhawatirkan jika sampai ada sisa-sisa masker yang masih tertinggal diwajah, hal tersebut bisa berpotensi memunculkan masalah baru yakni jerawat dan komedo.

Tekstur tepung beras yang lembut serta sangat halus bisa masuk dengan mudah ke pori-pori wajah. Terlebih lagi jika kamu memiliki pori-pori dengna ukuran agak besar, maka akan semakin memudahkan sisa masker masuk kedalamnya. Oleh karena itu, maka gunakanlah pembersih muka yang ampuh dalam membersihkan hingga kedalam pori-pori.

Tips Memakai Masker Tepung Beras

Masker tepung beras tentunya bisa dijadikan sebagai alternatif lain perawatan kulit wajah yang murah dan mudah dilakukan sendiri dirumah. Tetapi pemakaiannya juga harus bijak, pakailah sesuai dengan aturan yang ada serta jangan berlebihan. Sesuatu yang berlebihan tentunya tidak baik bukan?

Efek samping masker tepung beras bisa diminimalisir denga mengujinya terlebih dahulu. Pakailah masker pada bagian kulit wajah atau kulit yang tertutup seperti lengan atas. Setelah itu pakailah beberapa kali dan tunggulah apakah memunculkan reaksi efek samping atau tidak. Lanjutkan pemakaian jika tidak menimbulkan masalah sama sekali pada kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *