Ingin Berkecimpung Di Dunia EO? Ketahui Dulu Tugas Event Organizer

Apakah Anda tertarik untuk bekerja di bidang event organizer? Cobalah ketahui dulu apa saja tugas event organizer. Event Organizer merupakan pihak yang menangani penyelenggaraan sebuah acara. Sekarang sudah banyak perusahaan yang berdiri dalam bidang ini.

Bekerja di Event Organizer membutuhkan keahlian yang khusus. Anda harus memiliki sifat yang komunikatif, kreatif, pandai bergaul, cepat dan tanggap. Bekerja dalam bidang ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki pribadi suka tantangan dan pantang menyerah.

Karena sebuah Event Organizer akan mengurusi penyelenggaraan acara mulai dari perencanaan, persiapan acara, eksekusi saat acara berlangsung, hingga evaluasi setelah acara.

Jika Anda tertarik ingin tahu dunia EO, berikut ini akan dijelaskan beberapa tugas pokok Event Organizer.

Tugas Event Organizer Dalam Menyelenggarakan Acara

Event Organizer sendiri memiliki beberapa jenis acara yang ditangani.Seperti acara pernikahan, meeting, seminar, konferensi, pameran, insentif tour, dan lain-lain.Akan tetapi, terlepas dari semua acara yang ditangani, event organizer memiliki tugas yang sama.

Tugas utama dari Event Organizer adalah mengelola sebuah acara dari awal hingga akhir.Artinya, EO itu harus mempersiapkan segala yang dibutuhkan klien dari sebelum acara dimulai hingga setelah acara selesai.

Semua tugas tersebut akan ditangani oleh EO demi terselenggaranya acara dengan sukses.

Berikut adalah beberapa tugas EO dari sebelum hingga setelah terselenggaranya acara :

  1. Perencana Persiapan Acara

Ketika klien ingin membuat acara, mereka akan menghubungi EO dan menyerahkan terselenggaranya acara tersebut kepada tim EO.

Lalu tim EO akan membuat perencanaan konsep acara tersebut. Perencanaan dan persiapan ini harus dibuat jauh-jauh hari sebelum terselenggaranya acara.

EO harus memperhatikan poin-poin penting dan apa saja yang dibutuhkan dalam acara tersebut. Baik itu seperti tempat yang akan digunakan, bagaimana dekorasinya, bagaimana susunan acaranya, komponen yang dibutuhkan saat acara berlangsung, dan sebagainya.

Susunan detail dari persiapan ini jelas diperlukan agar acara dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

  1. Eksekusi Acara

Setelah semua persiapan dan perencanaan selesai, maka selanjutnya EO akan mengawasi jalannya acara. Untuk itu, di sini kekompakan dan kerja sama tim menjadi sangat penting.

Semua hal harus sesuai dengan rundown yang telah dibuat sebagai acuan.Selain itu, EO harus memiliki Plan B, untuk mengantisipasi hal-hal diluar dugaan selama acara berlangsung.

  1. Evaluasi

Setelah acara selesai, tugas mereka tidak serta merta selesai.EO masih harus menyelesaikan tugas yang tersisa.

Mereka masih harus mengadakan evaluasi hasil kerja mereka, baik internal antar tim, maupun evaluasi dengan klien. Hal ini berguna untuk menilai hasil kerja mereka dalam menyelenggarakan acara.

Tugas Event Organizer memang tidaklah mudah. Mereka akan sangat sibuk untuk memenuhi setiap kebutuhan klien. Namun pekerjaan ini akan memberikan banyak pelajaran dan pengalaman baru.

Baca juga tentang:

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *