Lifestyle – Manfaat Serum untuk Kecantikan – Apakah kamu sudah rajin mencuci muka, scrubbing beberapa kali setiap seminggu dan bahkan tidak melupakan pelembab pagi dan malam serta tabir surya? Ternyata, itu saja belum cukup loh. Beberapa wabuta banyak yang mengira jika rajin mencuci muka, menggunakan moisturizer saja sudah termasuk kedalam rangkaian perawatan yang cukup untuk kecantikan serta kesehatan kulit wajah.

Tetapi nyatanya, sama halnya seperti tubuh, wajah juga membutuhkan asupan nutrisi. Namun,hanya membutuhkan nutrisi dalam jumlah yang kecil saja, dan kamu bisa mendapatinya pada serum wajah.

Serum Wajah, itu Apa?

Serum wajah adalah sebotol kecil eliksir berwarna jernih yang memiliki tekstur ringan serta bebas dari minyak. Dengan adanya kandungan bahan aktif seperti vitamin, mineral dan juga antioksidan, sehingga serum dapat menembus kedalam bagian kulit terdalam dengan lebih cepat, mudah serta merata. Selain itu, biasanya serum berbentuk gel atau lotion yang cara penggunaannya dengan cara dioleskan ke wajah, layaknya pelembab untuk kulit. Sehingga dapat memberikan banyak manfaa untuk kulit wajah, inilah yang menjadi alasan mengapa kamu wajib menambahkan serum wajah kedalam ritual perawatan kecantikanmu setiap hari.

Fungsi Serum

Bahan-bahan aktif yang terkandung di dalam sebotol kecil serum lebih kaya serta sangat terkonsentrasi jika dibandingkan dengan bahan aktif didalam pelembab. Hal tersebut dikarenakan serum tidak ditambahkan bahan berat yang sering ditambahkan kedalam pelembab.

Serum wajah yang bagus digunakan hanya yang berisikan bahan-bahan inti yang diperlukan dan produk ini tidak mengandung bahan-bahan pelembab oklusif, alias kedap udara. Misalnya, petrolatum atau minyak mineral yang dapat melindungi kandungan air dari penguapan.

Selain itu, dalam satu botol serum juga mengandung lebih sedikit agen pelumas dan pengental seperti kacang, atau minyak biji-bijian. Karena itulah, kontrasinya yang tinggi ini juga menjadi alasan mengapa harga sebotol serum tergolong diatas rata-rata sebuah pelembab wajah.

Jika dibandingkan dengan pelembab, sebagian besar produk serum wajah juga berbahan dasar air. Hal ini menghilangkan unsur minyak sama sekali yang mampu membuat pori-pori menjadi terhambat, sehingga menjadi penyebab timbulnya jerawat pada sejumlah orang. Selain itu, serum dan pelembab dapat membantu kulit dengan cara yang berbeda. Ada yang cukup dengan menggunakan serum saja dan ada juga yang membutuhkan pertolongan serum serta pelembab sekaligus.

Manfaat Serum untuk Kecantikan Kulit

Kulit Berminyak

Untuk pemilik kulit berminyak, serum wajah menyediakan segala kebaikannya demi kulit yang sehat dan tanpa campur tangan yang umum ditemukan pada pelembab wajah. Ini artinya, pemakaian serum dapat memberikan kelembaban yang cukup tanpa harus memberi pelembab lagi.

Selain itu, dengan menggunakan serum maka kamu juga bisa memfokuskan perawatan spesifik untuk area yang bermasalah akibat noda hitam, melakukan eksfoliasi wajah serta mengatasi beberapa isu-isu lain tanpa harus mencemaskan minyak berlebih.

Rekomendasi serum terbaik untuk kulit yang berminyak, sebaiknya mengandung setidaknya satu diantara bahan-bahan yang akif seperti Vitamin C, hyaluronic acid, salicylid acid, gliserin, niacinamide serta asam laktat.

Kulit Kering dan Sensitif

Tentunya, serum memiliki fungsi penting dalam melembabkan kulit. Sehingga, pemakaiannya juga diperlukan bagi orang dengan kulit wajah yang kering dan sensitif. Tetapi, untuk pemilik kulit ini sebaiknya menunggu 15 menit setelah mencuci muka sebelu menggunakan serum

Hal tersebut bertujuan agar serum tidak terlalu cepat masuk kedalam kulit, sehingga tidak terjadi iritasi. Orang-orang dengan kondisi kulit seperti eksim dan rosacea juga perlu diskusi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan produk ini. Pasalnya, konsentrasi zat tinggi yang aktif, mungkin dapat memperparah kondisi kulit. Selain itu, pemiliki kuli sensitif dan kering juga perlu berhati-hati dalam memilih serum.

Kulit Normal dan Kombinasi

Apabila kulitmu baik-baik saja hanya dengan memakai pelembab biasa, maka kamu tidak perlu memaksakan diri untutk menggunakan serum. Paslanya, hal tersebut bukan berarti kulit normal dan kombinasi tidak bisa atau tidak boleh secara langsung memakai serum.

Bagi pemiliki kulit kombinasi, pemakaian serum ini dapat memberikan kelembaban pada area wajah yang berminyak seperti dahi, leher, hidung beserta dagu. Selain itu, serum juga mengatasi permasalahan kulit normal sekalipun.

Sebenarnya, serum yang bagus untuk kulit normal dan kombinasi, sebenarya mirip dengan serum untuk kulit berminyak. Tetapi, mungkin kamu perlu mencoba beberapa produk sebelum menemukan yang paling cocok untuk kamu gunakan.

Mengalami Penuaan

Hampir setiap orang tentunya dapat manfaat dari rutin penggunaan serum, termasuk mereaka yang mengalami sulit penemuaan di kulit. Yang hanya kamu perliukan adalah mencari jenis parfum yans sesuai dengan kondisi kulit.

Apabila kamu memiliki msalah kulit yang ingin diperbaiki seperti noda hitam akibat dari penuaan dini, ataupun keriput garis halus, maka menambahkan dalam ritual kecantikan dapat membantu meningkatkan penampilan kulit.

Karena itulah, cari serum yang dapat memberikan manfaat dari kandungan ceramide, kolagen, retinol serta niaciamide. Atau kamu juga bisa mencari serum yang kaya akan kandungan asam berupa asam laktat, asam glikolat dan hyluronic acid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *