Manfaat Buah Delima

Manfaat Buah Delima untuk Kecantikan Kulit

Lifestyle – Manfaat Buah Delima – Buah Delima atau biasa dikenal buah yang kaya anti oksidan ini merupakan salah satu super fruit yang terkenal kaya akan zat antioksidan yang baik untuk kesehatan. Karena itulah, maka tak heran saja apabila banyak orang yang menggemari buah yang satu ini karena memiliki beragam manfaat yang baik untuk tubuh apabila kita rajin mengonsumsi buah yang populer dengan delima merah, delima putih dan delima hitam ini. Selain itu, buah delima tidak haya baik untuk dikonsumsi dan memperkuat folikel rambut saja, tetapi juga kerap dijadikan sebagai kandungan dalam produk perawatan kulit.

Menurut jurnal Emerging Science, buah delima membantu mendukung sistem kekebalan tubuh, meningkatkan sirkulasi darah, mengontrol kolestrol jahat, serta dapat mengurang risiko terkena penyakit jantung dan stroke.

Tetapi, sebelum membahas lebih jauh mengenai kandungan serta manfaat pomergranate, simak terlebih dalulu berikut fakta menariknya kandungan ini.

  • Kata “pomergranate”, memiliki arti “apel berbiji banyak.”
  • Delima merupakan buah yang aslinya berasal dari Timur Tengah.
  • Buah delima termasuk sebagai super fruit karena nutrisi yang terkandung didalamnya kaya dan tinggi antioksidan.
  • Pohon delimam mampu hidup selama 200 tahun lamanya.
  • Didalam satu buah delima, terdapat 1000 biji buah.

Mungkin kamu juga sudah sering mendengar kandungan pomergranate dalam sebuah produk kecantikan bukan? Lantas, apa saja manfaat buah delima untuk kecantikan kulit? Yuk simak ulasan manfaat buah delima berikut ini.

Manfaat Buah Delima untuk Kecantikan Kulit

Manfaat Buah Delima

Melawan Radikal Bebas

Menurut Dr. Shuting Hu, seorang dokter dan juga pendiri dari Acaderma mengutip Byrdie, “delima merupakan buah yang kaya akan polifenol seperti antosian, asam ellagic serta banyak tanaman polifenol lainnya. Bahan ini lah yang menjadikan buah delima sangat efektif dalam detoksifikasi kulit dan melawan radikal bebas”.

Proses detoksifikasi kulit tersebut mampu melawan kulit dari radiasi UV. Seperti yang sudah sering kita ketahui, paparan sinar UV ini dapat membuat penuaan dini serta menyebabkan keriput pada di wajah. Antosian yang terkandung pada buah delima bekerja sama dengan vitamin C untuk memberikan manfaat yang optimal.

Melindungi dari Paparan Sinar Matahari

Buah delima memiliki manfaat lain untuk kecantikan, karena memiliki senyawa yang dapat melindungi kulit daripaparan sinar matahari. Hal ini mejadikan buah delima mampu melindungi kulit secara mendalam, membantu mencegah kanker kuli, meredakan kulit terbakar serta mengurangi tanda-tanda keruskan kulit yang di akibatkan paparan sinar matahari.

Sementara itu, minyak dari biji buah delima juga memiliki manfaat untuk melindungi kulit karena kandungan asam ellagic dan antioksidan polifenol.

Menurut American Academy of Dermatology, cara lain untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari adalah dengan selalu memakai sunscreen setiap hari. Pakailah sunscreen dengan SPF 30 atau paling tidak 15 menit sebelum beraktivitas diluar ruangan.

Pencegahan Iritasi

Buah delima memiliki banyak manfaat untuk pemilik kulit berminyak dan kombinasi. Namun bukan berarti pemilik kulit kering tida bisa mendapatkan manfaatnya tersebut. Pasalnya, buah delima mampu menembus jauh kedalam kulit, sehingga sangat efektif dalam merawat kulit kering.

Manfaat buah delima untuk kecantikan diantaranya, mampu menenangkan kulit kering, pecah-pecah serta iritasi pada kulit. Hal ini dikarenakan buah delima mengandung asam pinicic, yakni asam lemak omega 5 yang mampu menghidrasi kulit secara mendalam.

Mencegah Penuaan Dini

Menurut Jurnal Experimental and Therapeutic Medicine, antioksidan yang terkandung didalam buah delima memiliki manfaat untuk kecantikan serta mengurangi munculnya bintik-bintik dan kerutan penuaan pada kulit.

Tetapi, meski tidak sepenuhnya dapat mencegah penuaan dini. Namun hal ini ternyata dapat kamu lakukan untuk merawat kulit agar tetap awet muda. Hal ini dikarenakan buah delima mampu meningkatkan regenerasi sel pada kulit, yakni kemampuan dalam meremajakan kulit, sehingga penuaan dini dapat dicegah.

Menjaga Kulit Tetap Halus dan Lentur

Buah delima mengandung senyawa yang mampu mengurangi kadar enzim yang dapat menghambat kolagen serta membantu pertumbuhan fibroplas, sel yang dapat memproduksi elastin serta serat agar kulit tetap halus dan lentur. Selain itu, delima juga mampu merangsang poliferasi keratinosit, sebuah sel yang dapat membentuk lapisan kulit terluar.

Mengurangi Produksi Minyak dan Jerawat

Kandungan Vitamin C yang terkandung dalam buah delima mampu mengontrol produksi sebum. Zat minyak yang disekresikan oleh kulit dan merupakan akar penyebab dari tumbulnya jerawat. Nah, kamu bisa bisa mencegah timbulnya jerawat ini sekaligus menghilangkan bekasnya dengan cara mengoleskan sari buah delima pada daerah yang menimbulkan jerawat.

Itulah beberapa manfaat buah delima untuk kecantikan kulit. Namun perlu kamu ingat, bahwa kamu tak hanya bisa mengonsumsi delima untuk memenuhi kebutuhan antioksidan dalam kulit. Dengan beragam manfaatnya bagi kesehatan tubuh dan perawatan kulit, sehingga tak heran saja jika buah delima dijuluki sebagai super fruit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *