Jerawat Parah Sembuh Total- Biasanya jerawat normal muncul hanya satu atau dua buah saja di sekitar dahi atau pipi. Tetapi, jika munculnya terlalu banyak dan bertahan sampai berbulan bulan atau bahkan bertahun-tahun, itu bisa dibilang jerawat parah.  Apakah jerawat parah di wajah bisa disembuhkan? Kenapa bisa sampai bertahun-tahun lamanya ya?

Cara Mengatasi Jerawat Parah Agar Sembuh Total

jerawat parah sembuh total
Mengobati Jerawat Parah hingga Sembuh

Jerawat parah tidak dinilai dari seberapa luas jerawat di wajah,jenis jerawat, dan lamanya Anda mengalami jerawat parah tersebut. Pada umumnya, jerawat yang parah ditandai dengan jerawat yang berisi kista dan nodul (berisi jaringan dan cairan).

Jerawat yang sudah parah masih bisa disembuhkan, namun tidak bisa secara instan karena butuh waktu yang cukup lama. Biasanya dokter kulit akan memberikan pengobatan dengan kombinasi dari obat topikal dan obat antibiotik oral, untuk menyembuhkan jerawat parah,

Obat-Obatan yang di Gunakan Untuk Menyembuhkan Jerawat yang Parah

Ada beberapa obat-obatan resep yang digunakan untuk mengobati jerawat, antara lain:

  • Antibiotik dapat menghentikan atau menghambat pertumbuhan bakteri serta mengurangi peradangan.
  • Obat turunan vitamin A (retinoid) yang berfungsi untuk membuka komedo agar obat-obatan topikal seperti antibiotik bisa masuk ke dalam folikel. Beberapa turunan vitamin A juga bisa mengurangi pembentukan komedo. Obat-obatan ini mengandung bentuk lain dari vitamin A.
  • Obat lainnya yang bisa menghancurkan bakteri dan mengurangi produksi minyak, serta membantu menghentikan dan menghambat pertumbuhan bakteri dan peradangan.

Kombinasi obat minum untuk jerawat

Jika Anda memiliki kulit berjerawat sedang hingga parah, dokter kulit akan meresepkan obat antibiotik minum. Antibiotik yang diminum ini bisa mengendalikan kulit berjerawat dengan membatasi pertumbuhan bakteri dan mengurangi peradangan. Ada beberapa obat jerawat minum yang harus Anda tahu seperti:

1. Tretinoin

Obat jerawat ini digunakan untuk membuat pori-pori wajah menjadi bersih, sehingga dapat mencegah peradangan yang disebabkan oleh banyaknya kotoran di wajah. Selain itu, obat ini juga membantu menghadirkan lapisan kulit yang baru, dengan cara pengelupasan.

2. Isotretinoin

Biasanya dokter kulit akan meresepkan isotretinoin hanya untuk mengobati acne nodular yang menyebabkan wajah memerah dan nyeri akibat kondisi kulit yang meradang. Obat ini juga berfungsi untuk mengurangi jumlah minyak yang dihasilkan.

3. Bactrim

Obat jerawat jenis ini memiliki kandungan trimetoprim dan sulfamethoxazole. Kedua kandungan di dalam bactrim berfungsi untuk mengatasi berbagai jenis infeksi bakteri penyebab masalah kulit wajah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *