Review Brand Kosmetik dan Skin Care Terbaik

Jerawat Tanpa Mata alias Blind Pimple dan Cara Mengatasinya

Jerawat Tanpa Mata alias Blind Pimple dan Cara Mengatasinya

Artikel Kesehatan dan Kecantikan – Jerawat Tanpa Mata alias Blind Pimple dan Cara Mengatasinya.

Kehadiran jerawat pada wajah memang terasa mengganggu. Tetapi, lebih mengganggu lagi jika jerawat yang hadir adalah blind pimple alias jerawat besar tanpa mata! Mungkin beberapa dari Anda pun pernah mengalami hal yang serupa.

Pernahkah Anda bangun di pagi hari dan menemukan area kulit yang muncul jerawat kemerahan namun tanpa mata atau tidak berisikan nanah.

Selain tidak memiliki ‘target’ untuk dipencet atau diekstrasi saat melakukan facial, jerawat jenis ini umumnya juga terasa jauh lebih sakit ketimbang jerawat biasa.

Mengenal Jerawat Tanpa Mata (Blind Pimple)

Berbeda dengan blackhead yang merupakan peradangan komedo di luar permukaan kulit, blind pimple merupakan peradangan komedo yang terjadi di bawah permukaan kulit.

Sama seperti jerawat pada umumnya, penyebab blind pimple adalah sebum (minyak berlebih pada wajah), kotoran, dan bakteri yang terperangkap dalam pori-pori. 

Blind pimple tampak serupa inflammatory acne, dengan benjolan kemerahan, hanya saja tidak berisikan nanah.

Yang membuat blind pimple berbeda dan mungkin terasa lebih mengganggu jika dibandingkan jerawat biasa adalah lokasinya yang berada di bawah permukaan kulit dan lebih dekat dengan syaraf sehingga membuatnya terasa jauh lebih sakit.

Bahkan dapat diikuti sakit kepala jika jerawat tersebut muncul di area kening dan kepala.

Selain itu, blind pimple cenderung ‘matang’ lebih lama dan beberapa menganggap jerawat jenis ini tampak lebih mencolok karena benjolan kemerahannya sehingga menjadi lebih mengganggu.

Cara Mengatasi Jerawat Tanpa Bermata

jerawat besar tidak bermata

Nah, berbeda jerawat, berbeda pula cara penangannnya, kan? Untuk mengatasi jerawat tanpa mata seperti ini, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan, yaitu:

1. Hindari Memencet Jerawat

Apapun alasannya, hindari untuk memencet jerawat tanpa mata (blind pimple) jika Anda tidak ingin berakhir dengan luka atau bekas jerawat.

Karena berada di bawah permukaan kulit, jerawat jenis ini sangatlah susah, bahkan hampir tidak mungkin untuk dipencet agar kempis.

Memencet jerawat tanpa mata dapat mendorong kotoran, sebum, dan bakteri semakin ke dalam dan hanya akan memperparah inflamasi pada jerawat, bahkan dapat menyebabkan luka atau bekas jerawat.

2. Kompres Jerawat dengan Air Hangat

Mengompres jerawat dengan air hangat dapat membantu mengatasi blind pimple dalam beberapa hal.

Pertama, suhu hangat dari kompres akan membantu meredakan rasa sakit akibat jerawat. Suhu panas ini pun akan membantu membuka pori-pori.

Sehingga dapat membantu ‘membuka jalan’ agar bakteri dapat keluar dari pori-pori dan mempercepat jerawat ‘matang’.

Proses ini dapat Anda ulangi setiap hari jika diperlukan. Psst! Anda juga bisa menggunakan kantung teh untuk mengompres karena tannin yang terkandung di dalamnya dapat membantu meredakan inflamasi.

3. Aplikasikan Obat Topikal

Aplikasi obat jerawat topikal dapat membantu melawan bakteri yang menyebabkan blind pimple serta mengurangi inflamasi. Tidak hanya itu, jika Anda kerap mengalami blind pimple berulang kali, pengaplikasian obat topikal ini juga dapat dilakukan sebagai langkah pencegahan.

Nah, beberapa pilihan obat topikal yang dapat Anda coba di antaranya adalah produk dengan kandungan benzoyl peroxide, sulfur, atau tea tree oilyang kaya akan khasiat anti-bakteri.

Selain mengurangi inflamasi dan bakteri, penggunaan obat topikal ini juga dapat membantu proses matangnya jerawat.

Selama jerawat masih berupa blind pimple, tidak banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mengusirnya dari wajah.

Nah, oleh karena itu, salah satu cara untuk mengatasi jerawat mengganggu ini adalah dengan memancing agar jerawat matang (naik ke permukaan yang ditandai dengan munculnya ‘mata’ yang berisikan nanah).

Sehingga bisa ditangani dengan lebih mudah. Untuk memancing munculnya ‘mata’ jerawat, Anda bisa mencoba mengaplikasikan produk dengan kandungan yang mampu mengeringkan jerawat seperti clay, sulfur, atau zinc oxide dengan bantuan cotton bud sebelum tidur.

Baca juga: Apa Sih Bedanya Dokter Kecantikan dan Dokter Kulit?



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


%d bloggers like this: