Lifestyle People

Review Lifestyle, Bisnis, Brand, Kosmetik dan Skin Care Terbaik

Kadar Air Softlens yang Bagus Untuk Mata

Lifestyle – Kadar Air Softlens – Banyak orang masih ingin memiliki mata yang indah sebagai bentuk keunggulan fisik. Kini mata yang indah dapat dicapai tidak hanya dengan riasan, tetapi juga dengan bantuan lensa kontak. Awalnya hanya ditujukan untuk kesehatan mata, kini lensa kontak menjadi ikon kosmetik yang tak terpisahkan. Salah satu faktor yang perlu diperhatikan saat membeli lensa kontak adalah kandungan air suatu produk.

Sangat penting untuk memperhatikan tips memilih softlens atau lensa kontak yang digunakan dan Kadar Air Softlens yang hendak digunakan. Selain warna, bahan dan motif, kadar air menjadi salah satu faktor penting dalam memilih lensa kontak yang berkualitas. Semakin tinggi kadar air, semakin mudah oksigen melewati lensa kontak ke permukaan bola mata.

Hal ini sangat penting untuk kenyamanan dan kesehatan mata. Air akan membasahi lensa, membuatnya lebih lembut dan nyaman dipakai jika Anda memilih kadar air lensa yang baik saat membeli lensa kontak.

Jenis Konten Kelembaban Softlens

Softlens adalah jenis lensa kontak yang terbuat dari bahan plastik lembut hidrofilik yang disebut hidrogel, yang menyerap sejumlah besar air untuk menjaga lensa tetap lembut dan fleksibel. Karena karakteristiknya yang menyukai air, kandungan air dari berbagai lensa kontak dapat bervariasi dari 38% hingga 75%. Istilah kadar air pada lensa kontak menunjukkan tingkat kemampuan lensa kontak dalam menyerap air di sekitar bola mata dan tidak menunjukkan jumlah air yang terkandung dalam lensa kontak. Anda biasanya dapat menemukan informasi tentang kandungan air softlens pada kemasannya. Secara umum terdapat berbagai macam lensa kontak hidrogel yang tersedia dalam berbagai kategori berdasarkan kadar air lensa kontak yang baik pada berbagai lensa kontak yang baik, yaitu:

  • Kadar air rendah: 45% kelembaban dalam bentuk lensa kontak hidrogel silikon modern yang digunakan dalam lensa kontak yang ditujukan untuk pemakaian terus menerus. Mengandung hampir 100% permeabilitas oksigen.
  • Kadar Air Sedang – Kadar air hingga 60% dalam bentuk lensa kontak hidrogel, cocok untuk sebagian besar pemakai lensa kontak.
  • Kadar air tinggi: kadar air melebihi 90% dalam bentuk lensa kontak hidrogel yang lebih cocok untuk mata yang lebih sensitif, untuk mencegah sindrom mata kering.

Kadar air yang tepat dari lensa kontak memungkinkan oksigen melewati lensa kontak dan menjaga kornea tetap sehat saat memakai lensa kontak dengan diameter lensa kontak yang berbeda. Berbagai merek lensa kontak juga memiliki kadar air dan ketebalan yang berbeda. Lensa hidrogel kadar air rendah umumnya lebih tipis dari lensa lunak kadar air tinggi.

Kenyamanan lensa lembut

Ada variasi yang signifikan dalam ketebalan dan kadar air lensa kontak karena orang bereaksi berbeda terhadap bahannya. Beberapa pemakai lensa kontak lebih nyaman menggunakan lensa tipis dengan kadar air rendah, yang lain lebih nyaman menggunakan lensa kontak yang lebih tebal dengan kadar air sedang hingga tinggi. Semakin rendah kadar air, semakin tidak nyaman lensa kontak. Terutama di sore hari, Anda mungkin mengalami mata gatal dan terbakar saat air di mata Anda menguap melalui lensa kontak Anda sepanjang hari. Lensa kontak dengan kadar air yang tinggi dapat menjadi lebih rapuh dan mudah sobek jika sering dipakai. Hubungan antara kandungan air dan transmisi oksigen tidak sama pada lensa silikon hidrogen yang menerima transmisi oksigen sangat tinggi terlepas dari kandungan airnya.

Kandungan air yang tinggi berarti lensa yang lebih tebal, yang akan sering terasa pada bola mata Anda saat Anda memakainya. Berlawanan dengan kepercayaan populer, lensa kontak dengan kandungan air yang tinggi bukanlah yang terbaik untuk mata kering. Saat ini, kadar air yang moderat, dengan lensa yang lebih tipis dan lebih banyak digunakan, memberikan tingkat kenyamanan yang lebih tinggi kepada pemakainya. Karena lensa kontak memiliki pori-pori, mereka dapat menyerap cairan dari bola mata. Artinya persentase kadar air menunjukkan persentase kemampuan lensa kontak dalam menyerap air di sekitar permukaannya, bukan jumlah air yang terkandung dalam lensa kontak. Juga, selama kadar air lensa kontak yang baik dijaga dalam batas yang wajar, lensa kontak akan tetap aman untuk dipakai. Oleh karena itu, kualitas kandungan air lensa kontak akan sangat bergantung pada kondisi mata dan kebutuhan Anda sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *