Manfaat Air Hangat untuk Perawatan Wajah

https://evamuliaclinic.com/wp-content/uploads/2019/02/efek-akibat-jerawat-dipencet-2.jpg

Lifestyle – Aktivitas sehari-hari yang kita lakukan di dalam ruangan maupun di luar rumah seringkali membuat kulit wajah terpapar berbagai jenis kotoran dan debu. Kotoran ini jika jarang dibersihkan akan menyebabkan masalah pada kulit wajah. Mencuci wajah adalah salah satu perawatan wajah yang paling dasar. Memiliki wajah yang bersih berarti mengurangi resiko kulit wajah kita akan mengalami berbagai masalah yang berkaitan dengan kesehatan kulit wajah. Kulit wajah yang bersih akan tampak bercahaya dan bercahaya serta dapat mencegah noda dan jerawat. Jika demikian, bagaimana cara mencuci muka yang benar? Cara mencuci muka yang baik dan benar sebagai berikut:

Pastikan tangan Anda bersih terlebih dahulu.

Tangan yang kotor hanya akan memindahkan kotoran dan kuman dari tangan ke wajah, sehingga wajah tidak akan bersih sempurna. Karena itu, pastikan untuk mencuci tangan dengan baik sebelum mulai mencuci muka. Selain untuk membersihkan wajah, air hangat juga bermanfaat untuk merawat kulit yang mengelupas di tangan.

Gunakan pembersih yang cocok untuk kulit.

Salah satu penyebab kulit keriput di usia muda bisa jadi adalah produk pembersih yang tidak cocok untuk kulit jika Anda memaksakan diri untuk terus menggunakannya. Meskipun ada cara alami untuk mengobati kerutan di wajah, yang terbaik adalah mencegahnya sebelum terjadi. Oleh karena itu, pilihlah sabun wajah, susu pembersih atau busa pembersih yang paling sesuai dengan jenis dan kondisi kulit Anda. Biarkan meresap sebentar pada kulit sebelum dibilas. Perhatikan juga apakah produk yang Anda gunakan itu asli karena bisa jadi Anda akan terkena bahaya makeup palsu dan bebas dari bahan kosmetik berbahaya yang salah satunya bisa menyebabkan alergi kulit wajah bahkan lebih parah dari itu.

Cuci muka secara teratur

Dalam sehari, cuci muka minimal dua kali di pagi dan malam hari sebelum tidur dan bilas sampai sisa pembersih atau sabun tidak lagi menempel di wajah Anda. Lupa mencuci muka atau terlalu sering mencuci muka bisa menjadi penyebab penuaan dini pada kulit wajah. Setelah wajah dibersihkan, krim malam dapat digunakan.

Gunakan handuk yang lembut

Setelah mencuci muka, bersihkan dengan handuk lembut dengan cara ditepuk-tepuk di wajah, jangan digosok, karena bisa mengiritasi.

Gunakan suhu air yang tepat

Untuk mencuci muka selain menggunakan air mengalir, Anda juga bisa menggunakan air hangat.

Manfaat air hangat untuk wajah ternyata sangat baik bagi yang sedang mengalami masalah kulit seperti berikut ini:

1. Mengatasi Jerawat

Jerawat, masalah kulit klasik yang bisa dialami siapa saja baik usia muda maupun tua. Salah satu penyebab jerawat dapat muncul di wajah karena kulit wajah kurang terjaga kebersihannya. Kotoran dan debu yang menumpuk di kulit akan menyumbat pori-pori dan menjadi penyebab munculnya jerawat apalagi jika malas membersihkan muka. Tentu saja wajah yang akan membuat percaya diri akan penampilan kita, bahkan sampai tidak percaya saat akan keluar rumah dan bertemu orang banyak. Apa saja bila muncul dalam jumlah banyak dan meradang. Jerawat dapat meradang karena bermacam-macam sebab, bisa jadi karena syring yang dipegang dan dipcahkan memakai tangan.

Manfaat air hangat untuk wajah cukup banyak salah satunya bagi yang sedang menunggu. Misalnya, penilaian dan kemudahan jerawat untuk sembuh dan mengecil. Selain manfaat air hangat, ada beberapa manfaat alami yang berasal dari beragam tumbuhan seperti manfaat seledri untuk wajah, manfaat tomat untuk wajah dan manfaat lidah buaya untuk wajah yang berguna untuk merawat kulit wajah.

Membersihkan komedo

Komedo biasanya terlihat di sekitar T-zone wajah kita, yaitu bagian tengah dahi, hidung dan dagu, karena di sinilah letak bagian wajah yang berlemak. Penyebabnya banyak, antara lain karena kulit wajah yang berminyak, serta jarangnya pembersihan wajah. Munculnya komedo dapat membuat tekstur wajah tidak rata dan berbintik-bintik, karena komedo terlihat jelas. Cara menghilangkan komedo secara alami bisa anda lakukan sendiri di rumah dengan menggunakan air hangat sebelum dibersihkan dengan pinset dan cuci muka setelahnya. Selain mencuci muka, kulit di wajah juga bisa dibersihkan dengan metode eksfoliasi. Salah satu manfaat eksfoliasi wajah adalah membebaskan kulit wajah dari akumulasi kotoran dan membersihkan komedo.

3. Memiliki efek relaksasi

Kulit wajah yang lelah dan otot-otot wajah yang tegang bisa direlaksasi dengan air hangat. Air panas memiliki efek dapat mengendurkan otot dan melancarkan peredaran darah di wajah, sehingga wajah tidak mudah terkena atau memiliki masalah kulit seperti jerawat dan komedo, kerutan dan kulit wajah kering. Menggunakan masker wajah berbahan dasar buah dan rempah juga dapat membantu kulit wajah Anda rileks. Beberapa manfaat buah dan rempah ini antara lain manfaat masker kulit pepaya, manfaat oatmeal untuk wajah sensitif, dan manfaat kunyit. masker wajah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.