Review Brand Kosmetik dan Skin Care Terbaik

Manfaat Daun Binahong untuk Mengatasi Jerawat yang Bisa di Coba Dirumah

Manfaat Daun Binahong untuk Mengatasi Jerawat yang Bisa di Coba Dirumah

Baca juga tentang jerawat batu di dagu.

Manfaat Binahong Untuk Jerawat

manfaat binahong untuk jerawat 1

Tanaman binahong mempunyai nama latin Bassela rubra Linn. Nah, daun binahong ini memiliki khasiat yang ampuh untuk menghilangkan jerawat di wajah yang membandel, mengatasi jerawat bernanah dan gatal  bahkan jerawat batu sekalipun. Daun binahong juga bisa di pakai sebagai salah satu cara membuat kulit wajah mulus tanpa bekas jerawat secara alami. Kandungan zat anti bakteri yang ada pada daun binahong bisa  membantu melawan bakteri penyebab infeksi. Sedangkan, vitamin C berfungsi dalam meningkatkan daya tahan tubuh terhadap bakteri penginfeksi dan membantu pemulihan.

Cara Menggunakan Daun Binahong untuk Mengatasi Jerawat

1. Menggunakan secara langsung

Bila Anda ingin menggunakan daun binahong untuk pemakaian dari luar, dibawah ini adalah langkah mudah yang harus Anda dilakukan:

  • Ambil 5 sampai 8 daun binahong dan dicuci bersih.
  • Tumbuk daun binahong hingga halus.
  • Hasil tumbukan daun binahong bisa langsung dioleskan pada wajah yang berjerawat, punggung, perut, atau tempat lainnya. Jangan lupa untuk membersihkan muka terlebih dahulu sebelum pengolesan.
  • Lakukan cara ini secara teratur selama beberapa hari sampai jerawat sembuh. Untuk hasil yang maksimal, bisa dioleskan pada malam hari sebelum tidur agar lebih meresap.
  • Setelah itu, cuci bersih wajah dan dikompres dengan air es untuk menutup pori-pori kulit.

2. Melalui proses perebusan

Proses perebusanbisa melayukan daun binahong dan mengekstrak senyawa aktif yang terkandung di dalamnya, seperti minyak atsiri, terpenoid, saponin, dan flavonoid yang mempunyai sifat anti bakteri dan anti inflamasi sehingga bisa mematikan bakteri penyebab munculnya jerawat, yakni (Propionibacterium acnes).

Cara ini juga mudah dan sederhana, berikut ini ialah langkah-langkah yang perlu anda lakukan:

  • Siapkan 5 sampai 8  helai daun binahong, dan dicuci bersih.
  • Rebus daun binahong hingga air mendidih dan menguap setengahnya. Misalnya, anda menggunakan sebanyak 2 gelas air, maka rebuslah hingga tersisa 1 gelas air.
  • Setelah itu, ramuan ini bisa diminum secara teratur setiap harinya untuk membuat wajah mulus tanpa jerawat. Selain diminum, air rebusan binahong juga dapat digunakan untuk mencuci wajah sehingga pori-pori kulit lebih kencang.

Itulah manfaat binahong untuk jerawat dan kecantikan wajah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Baca Juga: 3 Produk Hada Labo untuk Jerawat dan Kulit Berminyak



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


%d bloggers like this: