Browse By

Cara Merawat Muka Berminyak Agar Bebas Jerawat

lifestyle-people.com - cara merawat muka berminyakMuka berminyak adalah kondisi wajah yang rentan timbulnya jerawat. Kulit wajah yang berminyak juga mengurangi kecantikan karena make-up yang digunakan akan mudah luntur. Oleh sebab itu, wanita cenderung semangat untuk mencoba cara merawat muka berminyak agar terlihat lebih cantik.

Ciri Wajah Berminyak

Kelebihan kadar minyak sebenarnya bukan hal yang buruk. Seseorang yang memiliki tipe wajah berminyak akan terhindar dari masalah penuaan dini seperti keriput, kusam, kering. Jika dilihat secara umum kulit muka berminyak memiliki ciri kulit wajah yang terlihat lebih mengkilap terutama pada area dahi, hidung, dagu. Hal inilah yang sering menyebabkan timbulnya komedo. Selain itu, kulit wajah berminyak juga memiliki tingkat elastisitas yang tinggi sehingga menjadi lebih awet muda.

Cara Merawat Muka Berminyak

Pada dasarnya melakukan perawatan pada muka berminyak lebih mudah karena tidak terlalu banyak perawatan seperti kulit kering. Asalkan dilakukan dengan telaten, maka kadar minyak pun akan berkurang dan kulit terlihat memiliki kelembaban yang normal kembali. Berikut cara efektif yang mudah dilakukan sehari-hari.

  1. Cuci muka menggunakan sabun secara rutin

Penggunaan sabun muka secara sering justru memicu produksi minyak lebih tinggi. Oleh sebab itu, lakukan cuci muka secukupnya 2 kali sehari sat mandi.

  1. Hindari pemakaian kosmetik berlebih

Kulit berminyak dapat diatasi dengan menggunakan krim pelembab. Apabila sudah menggunakan pelembab, obalah untuk mengurangi pemakaian make-up secara berlebihan khususnya bedak. Kondisi ini akan membuat kulit menjadi kotor akibat produksi minyak wajah yang berlebih

  1. Bersihkan sisa make –up

Setelah menggunakan make-up, bersihkan segera menggunakan cleanser. Membersihkan make-up sebaiknya dilakukan setelah beraktivitas agar Anda terhindar dari komedo dan jerawat.

  1. Gunakan masker alami

Masker alami dari perasan air lemon. Lemon memiliki kandungan vitamin C yang dapat mengusir kadar minyak berlebih. Selain itu, juga dapat mencerahkan kulit wajah. Anda juga dapat meminum air lemon hangat agar kulit terlihat lebih segar dan sehat.

  1. Gunakan Bedak Tabur

Bedak tabor memiliki tekstur yang lebih ringan. Muka berminyak lebih tepat menggunakan bedak tabor agar pori-pori kulit tidak terlalu tertutup.

Cara merawat muka berminyak secara rutin dan benar dapat membantu kulit menjadi lebih lembab. Segera praktikkan cara alami di atas untuk memperoleh hasil yang maksimal.

 

Baca Juga : Manfaat Petroleum Jelly untuk Kulit

%d bloggers like this: