Lifestyle – Manfaat buah kiwi – Buah yang umumnya memiliki warna hijau bertekstur lembut serta rasanya asam manis nan menyeggarkan ini menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Buah kiwi memanglah tidak berasal dari Indonesia. Tetapi karena rasanya yang nikmat dan menyegarkan, buah ini cukup populer dan mudah ditemukan di supermarket di tanah air. Salah satu hal terpenting dari buah kiwi adalah manfaatnya yang terdapat pada buah Kiwi.

Nah, selain menyimpan beragam vitamin dan nutrisi yang baik untuk kesehatan, lantas apa saja manfaat buah kiwi yang bisa kita peroleh? Simak ulasannya berikut ini.

Inilah Manfaat Buah Kiwi yang Dapat Membuat Kulit Menjadi Lebih Sehat!

Gosberi China atau biasa dikenal dengan sebutan buah kiwi ini merupakan buah yang asalnya dari lemban Sungai Yangtze di China Utara dan Provinsi Zhejiang di pantai China Timur. Biji atau benihnya ini pertama kali dikirim keluar wilayah China sekitar tahun 1904, tepatnya ke Selandia Baru. Beberapa orang banyak yang menyadari bahwa kedepannya, tanaman buah kiwi akan menjadi sangat populer untuk dijaikan sebagai tanaman.

Hingga saat ini, buah kiwi menjadi  sangat populer dikarenakan memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Selain itu, buah kiwi juga terkenal akan kandungan vitamin C nya yang cukup tinggi dan kandungan nutrisi lain seperti Vitamin K, E, B9, kalium dan merupakan sumber antioksidan yang tinggi.

Meskipun berukuran kecil, tetapi buah ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Daging buahnya yang berwarna hijau dan memiliki rasa asam manis ini  ternyata memiliki kandungan vitamin yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Nah, berikut ini manfaat buah kiwi untuk kehatan!

Meredakan Gejala Asma

Manfaat buah kiwi yang pertama adalah Meredakan gejala Asma. Karena vitamin C dan antiosidan yang terkandung didalamnya, sehingga buah kiwi diperkaya memiliki manfaat untuk meredakan gejala asma.

Pada sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2000, menemukan bahwa seseorang yang mengonsumsi buah kiwi secara rutin, termasuk buah kiwi, dapat memberikan efek baik pada fungsi paru-paru. Vitamin C dan antioksidannya dipercaya mampu mengurangi sesak nafas.

Menjaga Sistem Pencernaan

Manfaat buah kiwi selanjutnya adalah menjaga sistem pencernaan, sehingga buah kiwi wajib masuk ke dalam menu diet karena kandungan seratnya yang cukup tinggi. Menurut studi yang baru-baru ini, ditemukan bahwa ekstrak buah kiwi mengandung bakteri proteolitik yang disebut juga dengan actinidin dan berfungsi sebagai pemecah protein didalam sistem pencernaan.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Dikutip dari Good House Keeping, dua buah kiwi berukuran kecil mengandung lebih banyak vitamin C dibandingkan satu buah jeruk berukuran sedang. Vitamin C sendir sangat dibutuhkan tubuh dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menangkal penyakit.

Penelitian lain menambahkan jika buah kiwi mendukung fungsi kekebalan tubuh dan mengurangi kemungkinan timbulnya penyakit seperti flu atau pilek. Tetapi faktanya, tubuh manusia tidak dapat memproduksi vitamin C sendiri, sehingga sangat penting untuk mendapatkan nutrisi yang cukup melalui makanan untuk melindungi tubuh dari zat-zat yang berbahaya.

Mencegah Penyakit Jantung dan Kanker

Karena terdapat kandungan antioksidan didalamnya, sehinga buah kiwi juga memiliki manfaat dalam menangkal dan mengurangi jumlah radikal bebas didalam tubuh. Dikutip dari US National Library of Medicine National Institutes of Health, jika tubuh memiliki terlalu banyak radikal bebas yang menumpuk maka hal tersebut dapat berdampak buruk bagi tubuh karena dapat menyebabkan stres oksidatif. Stres oksidatif inilah yang akan memicu kerusakan pada sel tubuh sehingga dapat menimbulkan penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker.

Menurunkan Tekanan Darah

Selain mampu menjaga kekebalan tubuh, buah kiwi juga memiliki manfaat dalam menurukan tekanan darah. Menurut sebuah penelitian, zat bioaktif dalam tiga buah kiri yang dikonsumsi secara rutin per hari dapat menurukan tekanan darah, daripada apel per hari. Sedangkan untuk jangka panjang, hal ini juga dapat mengatasi resiko penyakit akibat tekanan darah tinggi seperti stroke atau serangan jantung.

Manfaat Buah Kiwi Bagi Ibu Hamil

Ibu hamil cenderung memiliki nafsu makan yang lebih banyak dibandingkan wanita yang sedang tidak hamil. Apakah kamu juga mengalami hal ini?

Hasrat maka setiap ibu hamil tentunya berbeda-beda, tetapi sangat disarankan untuk lebih memilih makan spotong buah daripada cokelat atau makanan manis lainnya. Nah, salah satu buah tersebut adalah bauh kiwi. Buah kiwi bisa kamu jadikan salah satu alternatif pengganti buah yang biasa kamu konsumsi ketika sedang hamil. Nah, berikut manfaat buah kiwi bagi ibu hamil.

Baik untuk perkembangan sistemm otak dan saraf pada kandungan

Buah kiwi mengandung asam folat yang cukup banyak, sehingga kandungan asam folat yang terkandung pada buah kiwi ini dapat membantu meningkatkan sistem kognitif pada bayi didalam kandungan. Selain itu, asam folat pada buah kiwi ini juga sangatlah baik dalam mencegah cacat bawaan pada bayi. Seperti spina bifida, yaitu kondisi dimana sumsum tulang belakang masih belum berkembang sepenuhnya. Selain itu, mengonsumsi buah kiwi selama fase awal kehamilan juga akan mengurangi kemungkinan mengalami keguguran.

Mencegah diabetes

Sama halnya seperti buah-buah lainnya, kandungan gula alami pada buah ini juga dapat membantu mengendalikan keinginan makan makanan manis yang biasanya dialami oleh ibu hamil. Karena rendahnya infeks glikemik pada buah kwi, sehingga tidak akan menyebabkan lonjakan besar dalam kadar insulin. Hal ini tentunya sangat penting untuk mengatur kadar gula darah karena diabetes festasional selama kehamilan paling umum terjadi.

Mengobati sembelit pada ibu hamil

Menurut sebuah penelitian Treating constipation during pregnancy, diperkirakan 11-38% wanita hamil mengalami sembeit. Sembelit pada ibu hamil ini sangat umum terjadi, hal tersebut dikarenakan tubuh seorang wanita yang sedang hamil akan mengalami perubahan fisiologis dan anatomis di sistem pencernaan.

Sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik. Tujuannya adalah membantu mencegah diare, kembung, mual sakit perut dan sakit perut lainya yang mungkin dapat terjadi.

Serat pada buah kiwi akan berperan menjaga kesehatan usus besar. Hal tersebut dikarenakan makanan yang kaya akan serat sebagai obat pencerna alami yang dapat membantu melancarkan pencernaan.

Membantu perkembangan tulang, otot, gigi dan jantung pada bayi

Manfaat buah kiwi bagi ibu hamil berikutnya adalah membantu perkembangan tulang, otot, gigi serta jantung pada bayi. Hal tersebut dikarenakan buah kiwi memiliki kalsium yang sangat baik, terutama untuk kesehatan tulang.

Dikutip dari Calcium: A Nutrient in Pregnancy, kalsium adalah mineral dalam tubuh yang jumlahnya berlimpah. Selain itu esensial untuk berbagai mekanisme dan reaksi seperti kontraksi otot, formasi tulang serta enjim dan fungsi hormon.

Perubahan fisiologi yang signifikan ketika sedang hamil ini terjadi untuk menjaga keseimbangan kalsium dalam tubuh. Sebagian besar kebutuhan mineral bayu didapat dengan cara meyerap kalsium dari tubuh yang mengandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *