Manfaat Hempseed Oil

Manfaat Hempseed Oil dalam Produk Skincare

Lifestyle – Manfaat Hempseed Oil – Hempseed oil adalah salah satu jenis minyak esensial yang berasal dari biji ganja. Kabarnya, hempseed oil ini memiliki banyak khasiat untuk berbagai jenis kulit, seperti kulit kering, normal, bahkan hingga berminyak sekalipun. Meskipun hempseed ini berasal dari varietas tanaman ganja, ternyata penggunaan bahan alami yang satu ini terbukti legal dan justru baik untuk perawatan kecantikan.

Manfaat Hempseed Oil dalam Produk Skincare

Fungsi Hemp untuk kulit

Ketika biji tumbuhan dari hemp ini telah diekstraksi menjadi oil, maka hempseedoil  ini akan menjadi minyak esensial paling stabil dan kaya akan nutrisi baik untuk tubuh. Selain itu, didalmnya juga terkandung asam lemak polisaturasi yang dapat meredakan peradangan dan masalah kulit lainnya.

Nah, berikut ini beberapa manfaat dari Heemspeed Oil diantaranya:

Mengobati jerawat

Asam lemak omega 3 yang terkandung didalamnya dapat meredakan peradangan. Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian pada tahun 2014 bahwa nonpsychotropic phytocannabinoid yang terkandung didalamnya mampu mengatasi masalah jerawat secara efektif.

Meredakan masalah kulit

Beberapa masalah kulit seperti psoriasis dan eksim juga dapat teratasi dengan hempseed oil ini. Menurut sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2005 dan dilakukan selama 20 pekan, diketahui bahwa gejala eksim dan psoriasis mereda setelah menggunakan hempseed oil.

Selain itu, hempseed juga dikombinasikan dengan beberapa produk yang mengandung vitamin D, fototerapi UVB hingga retinol yang dapat dikonsumsi secara oral.

Mencegah komplikasi menopause

Dalams ebuah studi yang dilakukan pada tahun 2010 terhadap tikus laboratorium mengindikasikan bahwa biji-bijian dari tanaman hemp ini dapat mencegah seseorang mengalami komplikasi menopause. Hal ini terjadi dikarenakan tingginya kadar asam gamma linoleat, sehingga zat ini dapat mencegah terjadinya komplikasi menopause.

Antibakteri

Kandungan antibakteri didalam hempseed oil ini terbukti ampuh dalam menangkal beberapa jenis bakteri seperti Staphylococcus aureus, bakteri berbahaya penyebab infeksi kulit, pneumonia, dan juga infeksi pada kulit, tulang, hingga katup jantung. Kahsiatnya ini terbukti pada tahun 2017 dari Thomas Bata Unversity di Zlin, Ceko.

Cara membuatnya adalah, biji minyak yang telah matang akan diperas terlebih dahulu dengan perasan bertekanan tinggi. Jeenis tanaman ini hampir tidak memiliki tetrahydrocannabinol, sebuah kandungan psikoaktif yang terdapat pada ganja.

Didalam hempseed oil ini terdapat banyak asam lemak esensial, vitamin, mineral dan asam amino. Untuk cara penggunaannya, dapat dengan diminum atau diaplikasikan langsung ke kulit, tergantung pada jenis produknya.

Melembabkan kulit

Hempseed kaya akan asam omega 3, 6, dan 9 yang sangat membantu melembabkan serta menghidrasi kulit. Selain itu, kandungan asam lemaknya juga dapat membentuk lapisan pelindung untuk menjaga kadar air dalam kulit serta mencegahnya dari kekeringan.

Tak hanya itu saja, selain dapat digunakan untuk perawatan mingguan. Hempseed oil ini juga dapat menjadi alternatif produk pelembab wajah yang dapat kamu gunakan setiap hari. Terlebih lagi jika kamu memiliki jenis kulit yang sangat kering. Menggunakan minyak ini secara rutin dapat memperbaiki kondisi kelembapan kulit dalam jangka waktu yang lebih panjang.

Mengurangi minyak pada wajah

Sepintas mungkin kamu bingung mengapa esensial oil dapat mengurangi tampilan wajah di kulit. Tetapi hal ini memang benar adeanya, karena hemp seed oil tidak memiliki kandungan yang bersifat comedogenic, sehingga tidak akan menyumbat pori.

Bahkan, minyak alami ini diperkaya dengan kandungan astrigent yang dapat mengontrol produksi sebum berlebih pada wajah. Sehingga sangat cocok digunakan sebagai pelembab. Yang kamu perlukan hanyalah meneteskan minyak ini sebanyak dua tetes pada telapak tangan. Kemudian gosok terlebih dahulu di tangan dan aplikasikan pada area wajah secara merata.

Mengurangi jerawat

Jika kulitmu berjerawat atau mungkin mengalami breakout akibat tidak cocok dengan salah satu produk kecantikan. Maka cobalah atasi dengan hempseed oil. Meskipun tidak sepopuler minyak-minyak yang lain, tetapi hemp seed oil ini memiliki essensial kandungan fatty acid yang paling ideal bagi tubuh manusia. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, minyak alami ini bersifat non-comedogenic, sehingga tidak akan menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat. Selain itu, minyak ini juga dapat menembus ke lapisan terdalam untuk mengatasi berbagai permasalahan di kulit, seperti jerawat dan juga komedo.

Memperlambat Penuaan

Selain dapat membantu mengurangi jerawat, hempseed oil berfungsi sebagai anti-aging alami karena kandungan anti oksidannya yang cukup tinggi. Selain dapat mengurangi garis-garis halus, kandungan yang terdapat pada bahan alami ini juga mampu mengencangkan kulit secara bertahap dengan pemakaian rutin.

Dan menariknya lagi, manfaat hempseed oil ini juga dapat membantu meningkatkan elastisitas serta mempertahankan kandungan air pada jaringan kulit, agar tetap kenyal dan awet muda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *